BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAWajib Tahu, Proses Pembelian Rumah dengan Cara KPR
0
0

Wajib Tahu, Proses Pembelian Rumah dengan Cara KPR

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 12, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan dan kekurangan kpr syariahkelebihan dan kekurangan kpr syariahtop-right-banner

Proses pembelian rumah dengan cara KPR bisa menjadi alternatif untuk dapat memiliki rumah impian, dengan dana awal yang terbatas. Bahkan bisa dilakukan dengan sisa harga rumah dibayar dengan sistem angsuran setiap bulan, selama jangka waktu yang telah disepakati bersama pihak Bank. Bagaimana cara membeli rumah di perumahan dengan sistem KPR? Tidak perlu khawatir, cara yang harus dilakukan cukup mudah dan hanya membutuhkan modal yang kecil. Simak artikel ini ya Pins!

Kamu dapat menemukan rumah yang siap untuk dihuni di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Pins juga dapat membangun rumah di sekitar Stasiun Tebet dengan selera dan desain milik Pins sendiri menggunakan bantuan Program KPR Bank.

Baca juga: Langkah Mudah Membeli Rumah Dengan KPR

Proses Pembelian Rumah dengan Cara KPR

Source : LiveMint

Rumah menjadi kebutuhan pokok siapapun untuk dapat tinggal, beristirahat, berlindung, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Rumah menjadi tempat ternyaman dan teraman untuk keluarga singgah. Kini untuk mendapatkan rumah kamu tidak perlu pusing untuk menyiapkan dana penuh yang banyak, karena kamu dapat menggunakan bantuan dari Bank yang dinamakan KPR untuk melakukan pembelian rumah.

Sistem KPR ini adalah Bank akan melakukan pembelian terhadap rumah yang menjadi pilihan kamu. Selanjutnya kamu akan membayarkan jumlah harga rumah yang kamu beli, namun bukan kepada developer perumahan, melainkan kepada Bank yang sebelumnya sudah membayarkan rumah kamu. Pembayaran KPR ini merupakan angsuran yang dapat disepakati jangka waktunya antara kamu dan Bank.

Berikut ini urutan proses pembelian rumah dengan cara KPR dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Pilih Rumah yang Ingin Dibeli

Proses pertama dalam pembelian rumah dengan cara KPR adalah kamu harus memilih rumah mana yang ingin kamu beli. Sebagai calon pembeli kamu akan melakukan survey di suatu perumahan, kemudian menentukan tipe rumah dan lokasi rumah yang akan dibeli. Survey rumah ini dapat kamu lakukan melalui internet, media sosial, atau kamu bisa langsung mengunjungi perumahan tersebut.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Syarat KPR

2. Tanya Soal Lingkungan Sekitar Rumah

Source : iStock

Proses kedua dalam pembelian rumah dengan cara KPR adalah kamu harus mengetahui kondisi lingkungan sekitar rumah. Kondisi lingkungan ini perlu kamu tanyakan untuk mengetahui keadaan lokasi strategis, akses transportasi, kawasan bebas banjir, akses air bersih, fasilitas kompleks. Informasi ini bisa kamu dapatkan dari penghuni perumahan tersebut.

3. Siapkan Biaya Awal

Proses selanjutnya dalam pembelian rumah dengan cara KPR adalah kamu harus mengetahui harga rumah. Harga rumah yang diberikan developer perumahan, biasanya sudah termasuk PPN, jumlah biaya Akta Jual Beli (AJB), dan jumlah biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Setelah mengetahui harganya, kamu akan dapat menyiapkan biaya awal yang perlu dibayarkan.

Sebelum memutuskan hunian tersebut cocok untuk dijadikan tempat tinggal, kamu perlu pertimbangkan kembali segala fasilitas yang ditawarkan agar sebanding dengan harga rumah tersebut.

4. Bayar Uang Tanda Jadi

Source : iStock

Proses keempat setelah kamu mengetahui harga dan sudah yakin ingin melakukan pembelian adalah membayarkan uang muka rumah di perumahan. Uang tanda jadi (booking fee) yang kamu bayarkan menjadi tanda bahwa kamu serius untuk melakukan pembelian rumah tersebut.

5. Pilih Program KPR Bank yang Sesuai

Proses berikut ini dalam pembelian rumah dengan cara KPR adalah kamu harus menentukan program KPR Bank apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Banyak sekali program KPR yang dikeluarkan Bank, diantaranya yaitu:

  • KPR Subsidi (keringanan suku bunga atau uang muka)
  • KPR Syariah (tidak ada suku bunga)
  • KPR Take Over (bila melakukan pembelian rumah KPR milik orang lain)
  • KPR Refinancing (memindahkan cicilan ke Bank baru).

6. Ajukan KPR ke Bank yang Sudah Dipilih

Source : iStock

Proses keenam setelah kamu sudah menentukan program KPR apa yang dibutuhkan, maka kamu tinggal mengajukan kepada Bank yang sudah dipilih. Biasanya terdapat Bank-Bank yang sudah menjalin kerja sama dengan developer perumahan. Kamu dapat mengetahui hal tersebut dengan menanyakannya kepada developer perumahan.

Jika sudah memilih Bank yang dipilih, maka developer perumahan akan menghubungi Bank pilihan kamu dan kamu dapat menanyakan tentang kebijakan dalam pembayaran rumah tersebut.

7. Siapkan Dokumen dan Persyaratan KPR

Proses selanjutnya yaitu kamu dapat menyerahkan surat-surat atau data-data yang diperlukan untuk proses KPR ke developer perumahan. Biasanya dokumen persyaratan yang dibutuhkan meliputi: KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Rekening Koran, Slip Gaji, dan Surat Rekomendasi Perusahaan. Kamu harus memenuhi dokumen persyaratan ini agar pengajuan KPR kamu dapat diterima oleh Bank.

Baca juga: Apa Benar Jika KPR Ditolak DP Hangus? Pahami Detailnya!

8. Tunggu Proses Appraisal Rumah dari Pihak Bank

Source : iStock

Proses kedelapan dalam pembelian rumah dengan cara KPR adalah menunggu proses appraisal rumah dari pihak Bank. Selagi menunggu proses appraisal, Pins kamu akan diminta untuk menandatangani dokumen Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tanah dan Bangunan (PPJBTB), atau perjanjian kewajiban dan aturan lainnya yang menyertai rumah yang Pins beli.

Biasanya jangka waktu menunggu appraisal berkisar antara 10 hari hingga 30 hari. Setelah sudah disetujui maka kamu akan dapat melakukan akad kredit dan membayar angsuran bulanan.

9. Baca Perhitungan Kredit dari Bank

Proses berikut ini adalah proses untuk mengetahui perhitungan kredit dari Bank. Pins akan mendapat penjelasan oleh pihak Bank mengenai sistem KPR yang akan disepakati bersama. Kesepakatan ini akan memunculkan jangka pelunasan atau angsuran kredit yang Pins harus bayarkan sebelum jatuh tempo.

10. Persetujuan dan Tanda Tangan Akad

Source : iStock

Proses terakhir adalah dengan penandatanganan surat perjanjian akad KPR oleh pembeli rumah dan pihak Bank. Proses pembelian rumah di perumahan dengan cara KPR selesai dan selanjutnya Pins akan langsung membayar angsuran setiap bulannya sesuai dengan besaran angsuran dan waktu pembayaran jatuh tempo yang telah disepakati.

Sebenarnya, siapapun bisa mendapatkan dana KPR yang diinginkan melalui pihak yang tersedia. Contohnya melalui pihak bank yang sering dilakukan oleh beberapa orang. Namun, semua itu tergantung pada bagaimana Pins berusaha untuk mengajukan dan membuat pihak tersebut percaya.

Proses diatas dapat dilakukan dan diaplikasikan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang membutuhkan KPR rumah!

Baca juga: Apakah Bisa Melakukan Pembatalan KPR Setelah Akad dan Sudah Berjalan?

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download