BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAPahami Proses Banding KPR BTN, Perlu Waktu Berapa Lama?
0
0

Pahami Proses Banding KPR BTN, Perlu Waktu Berapa Lama?

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Agar Tidak Menyesal Beli Rumah Subsiditop-right-banner

Proses memiliki hunian saat ini bisa sangat mudah dengan adanya Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ini merupakan produk pinjaman yang disediakan hampir semua bank, termasuk Bank Tabungan Negara (BTN). Jika pengajuan ditolak, kamu bisa melakukan proses banding KPR BTN dengan mudah. 

Adakalanya pengajuan KPR ditolak atau tidak sesuai yang diinginkan, termasuk adanya perubahan tipe rumah yang didapat atau tenor pinjaman. Memang hal ini terjadi karena beberapa faktor, tapi yang pasti ada skema untuk mengajukan banding. 

Mengetahui proses banding KPR BTN penting buat kamu yang akan mengajukan KPR rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau rumah di BSD lainnya. Pastikan kamu membaca informasi ini dengan baik untuk membeli rumah bekas di Kec Tangerang.

Baca Juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR

Mengenal Proses Banding KPR BTN

proses banding kpr btn
Source : Pinhome

Kata banding sangat erat kaitannya dalam proses hukum. Biasanya, seorang terpidana atau penuntut akan mengajukan banding terhadap putusan yang ditetapkan oleh Majelis Hakim.

Banding ini sama dengan permintaan untuk meninjau kembali suatu keputusan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), banding artinya pertimbangan pemeriksaan ulang terhadap putusan pengadilan oleh pengadilan yang lebih tinggi atas permintaan terdakwa atau jaksa. 

Secara umum, makna banding dalam dunia hukum itu juga memiliki cara kerja yang sama dalam hal pengajuan KPR. Orang yang mengajukan KPR ke suatu bank bisa mengajukan banding ketika keputusan bank tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. 

Dalam hal ini, proses banding KPR BTN bisa dilakukan ketika pihak bank memberikan pernyataan tertulis yang menyatakan menolak pengajuan dari nasabah. Keterangan yang menyebutkan bahwa nasabah tidak memenuhi syarat sehingga KPR tidak diberikan juga bisa dilakukan banding. 

Selain penolakan, proses banding juga bisa dilakukan untuk permohonan perpanjangan waktu pembayaran, permohonan perubahan tipe rumah, pencairan kredit rumah, hingga permohonan perubahan jangka waktu kredit. 

Baca juga: KPR BTN Platinum: Pengertian, Keunggulan dan Syaratnya

Berapa Lama Proses Banding KPR BTN?

proses banding kpr btn
Source : Pexels

Umumnya proses banding tidak bisa dilakukan detik itu juga saat nasabah menerima pemberitahuan pengajuan KPR ditolak. Artinya, ada jangka waktu tertentu sampai nasabah bisa mengajukan proses banding. 

Jangka waktu ini sebenarnya bisa digunakan nasabah untuk mengumpulkan atau melengkapi persyaratan KPR yang belum ada yang membuat pengajuannya ditolak. Misalnya pengajuan ditolak karena ada persyaratan yang kurang lengkap, maka jangka waktu itu bisa dimanfaatkan untuk melengkapinya. 

Setelah jangka waktu terlewati, maka nasabah baru diperbolehkan untuk mengajukan banding. Kemudian nasabah akan kembali diminta untuk menunggu proses di bank sampai muncul keputusan terbaru setelah banding. 

Adapun proses banding KPR BTN berkisar antara 18-40 hari setelah pengajuan banding diterima oleh pihak bank. Sebagai catatan, banding tidak selamanya diterima sehingga pengajuan ditolak lagi. 

Nah jika banding ditolak, nasabah harus menunggu sekitar 3 bulan untuk mengajukan KPR baru di bank yang sama. Untuk mengajukan banding, kamu perlu menyiapkan surat permohonan ke bank.

Baca juga: Cara Melunasi KPR BTN dengan Mudah

Contoh Surat Proses Banding KPR BTN

proses banding kpr btn
Source : Pixabay

Proses banding KPR dilakukan dengan melayangkan surat banding kepada pihak bank. Berikut ini contoh surat banding ke BTN yang bisa kamu jadikan referensi:

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Manager Kredit BTN

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Muhammad Alif

No. KTP: 1234567890123456

No. Rekening: 7654321

Alamat: Jalan Haji Hajah, Jakarta Barat

Bersama surat ini, saya ingin mengajukan permohonan peninjauan kembali atas keputusan kredit rumah yang telah saya terima. Saya telah mendaftar untuk mendapatkan KPR BTN dengan nomor registrasi 123456789 pada tanggal 30 September 2023. Namun, permohonan saya ditolak pada tanggal 30 Oktober 2023.

Saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. Saya siap memberikan keterangan tambahan dan dokumen pendukung jika diperlukan.

Hormat saya,

Tasya Putri

Isi surat banding tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya kamu ingin mengajukan perubahan tipe rumah, maka isinya juga harus sesuai dengan maksud dan permohonan yang diajukan tersebut. Begitu pula dengan permohonan perubahan jangka waktu kredit, dan sebagainya.

Baca juga: Begini 3 Proses Akad Kredit KPR BTN yang Perlu Dipersiapkan

Penyebab KPR BTN Ditolak

proses banding kpr btn
Source : BTN

Kamu perlu memperhatikan semua persyaratan yang ditetapkan oleh BTN sebelum melakukan pengajuan KPR. Pahami dengan baik setiap persyaratan dan cek apakah kamu sudah sesuai dengan kriteria penerima KPR atau belum. 

Ini merupakan langkah pertama untuk mengantisipasi KPR ditolak oleh bank. Ada beberapa hal yang jadi penyebab KPR ditolak bank BTN, sebagai berikut:

  • Penghasilan pemohon tidak mencukupi;
  • Masa kerja tidak sesuai persyaratan;
  • Uang muka yang disiapkan kurang;
  • Dokumen persyaratan tidak lengkap;
  • Ada kredit macet, atau tidak lolos BI Checking;
  • Banyak cicilan di waktu yang sama;
  • Pengembang tidak bekerja sama dengan BTN;
  • Appraisal rumah yang buruk.

Itulah beberapa penyebab umum KPR ditolak oleh BTN atau bank-bank lain. Maka dari itu, mengetahui dan memahami semua persyaratan KPR sangat penting agar kamu bisa mengantisipasi sehingga pengajuan KPR tidak ditolak. 

Namun jika pengajuan ditolak pun kamu bisa melakukan proses banding KPR BTN seperti yang dijelaskan secara rinci dalam artikel ini. Jika banding masih ditolak, kamu bisa mempertimbangkan alternatif bank lain atau skema pembelian rumah yang lain. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download