BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABegini 3 Proses Akad Kredit KPR BTN yang Perlu Dipersiapkan
0
0

Begini 3 Proses Akad Kredit KPR BTN yang Perlu Dipersiapkan

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
proses akad kredit kpr btntop-right-banner

Dalam membeli hunian menggunakan KPR, akan ada proses akad kredit yang harus kamu lalui sebagai debitur. Pada proses ini pihak debitur akan bertemu dengan pihak bank selaku pemberi pinjaman. Nah, salah satu bank yang menyediakan produk KPR adalah bank BTN. Bagaimanakah proses akad kredit KPR BTN? Proses akad kredit KPR BTN umumnya menghabiskan waktu berapa lama?

Berikut penjelasan lengkap mengenai tahapan proses akad kredit KPR BTN, beserta durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Baca juga: Beli Rumah KPR? Pahami Dulu Prosedur Akad Kredit Ini!

Proses Akad Kredit KPR BTN

Source : Freepik

Produk KPR dari Bank BTN merupakan salah satu produk KPR yang banyak dipilih oleh calon pembeli rumah KPR. Namun, proses yang dilalui untuk pengajuan KPR sampai sudah mendapat persetujuan bank bisa cukup membingungkan. Salah satunya adalah proses dari akad kredit. Apa sih yang dimaksud dengan akad kredit ini? 

Akad kredit BTN adalah tahap pertemuan antara debitur dengan pihak bank BTN. Proses Akad kredit ini akan dilakukan setelah pengajuan KPR disetujui oleh bank BTN. Sebagai gambaran, inilah proses akad kredit KPR BTN.

Proses yang terjadi sebelum akad kredit

Saat pengajuan KPR disetujui oleh pihak bank, kamu akan memperoleh surat yang berisikan keputusan kredit. Surat ini dikenal dengan nama SP3K atau Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit.

Biasanya surat ini akan memberikan informasi kurang lebih seputar nilai kredit yang disetujui, besar cicilan, dan jangka waktu pembayaran. Selain itu, diinfokan juga mengenai biaya provisi, administrasi, dan asuransi jiwa.

Selanjutnya, pihak bank akan menginfokan kepada debitur waktu pelaksanaan akad kredit. Inilah waktu yang benar-benar ditunggu debitur, karena itu berarti pihak bank BTN menyetujui pengajuan KPR kamu. Tahap akad kredit sangat penting karena ini adalah tahap final dari proses pengajuan KPR.

Baca juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR yang Harus Diketahui

Hari saat pelaksanaan akad kredit

Umunya, proses akad kredit akan diawali lebih dulu dengan pembukaan dan penjelasan dari pimpinan KPR. Mereka akan memberikan penjelasan terkait berkas yang harus dibaca dengan seksama oleh para debitur sebelum ditandatangani. Untuk proses akad ini terbagi menjadi 3 tahap, yakni:

Memastikan semua data dalam dokumen sudah sesuai

Pastikan semua data yang tercantum di dokumen sudah sesuai. Apakah poin-poin yang tertulis di dalamnya sudah sesuai dengan surat penawaran? Selain itu, periksa juga penulisan nama dan alamat rumah. Apakah penulisannya sudah benar, atau justru ada sedikit kesalahan dalam pengejaannya. Jika ada, maka dokumen tersebut perlu direvisi lebih dulu.

Jika masih ada bagian yang kurang dipahami, jangan sungkan untuk menanyakan kembali kepada petugas. Jangan sampai adanya ketidaksesuaian dengan penawaran, nantinya malah memberatkanmu.

Jika sudah melewati proses penandatanganan, semua poin-poin kesepakatan yang tercantum di dalam dokumen sah secara hukum. Untuk itu, wajib sekali membaca secara seksama dokumen ini. Bila diperlukan, kamu bisa membaca ulang isi dokumen agar lebih merasa yakin.

Penandatangan dan cap jempol

Setelah melakukan pengecekan dan memastikan poin-poin yang tercantum sudah sesuai, maka masuk ke tahap pengesahan. Kamu akan menandatangani dokumen akad dan melakukan cap jempol kiri dan kanan dengan notaris. Nah, dalam tahap penandatangan ini, jika kamu sudah menikah perlu juga membawa pasangan. 

Pemeriksaan kembali dokumen

Begitu sudah menandatangani dokumen akad kredit, kamu masih perlu menunggu untuk dipanggil kembali. Pada tahap ini, petugas dari bank BTN akan mengecek sekali lagi kelengkapan berkas. Jika sudah lengkap semua, maka kamu pun resmi menyelesaikan proses akad kredit KPR BTN.

Setelah melalui proses akad kredit

Setelah menyelesaikan proses akad kredit bank BTN, kamu resmi menjadi pemilik rumah yang kamu ajukan. Selamat! Jika properti yang kamu beli ini sudah siap huni, maka kamu bisa langsung menempatinya.

Saat angsuran KPR kamu sudah berhasil kamu lunasi, maka dari pihak bank BTN pun akan memberikan Surat Pelunasan Utang dan Sertifikat Asli Kepemilikan Rumah.

Baca juga: 12 Daftar Rumah KPR Subsidi di Bekasi

Proses Akad Kredit KPR BTN Berapa Lama?

proses akad kredit kpr btn
Source : Freepik

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk akad kredit di BTN? Terkait durasi waktu, setelah melalui proses wawancara biasanya maju ke proses akad kredit dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu. 

Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk waktunya ini bisa berlangsung lebih lama. Hal ini bisa terjadi karena pihak bank masih perlu menganalisis lebih dalam data-data pemohon. Jadi, selama periode menanti SP3K dan undangan untuk akad kredit, kamu harus selalu mengecek email dan telepon yang masuk.

Sementara itu, untuk proses akad kredit pada hari pelaksanaan bisa memakan waktu dalam hitungan sekitar 2-4 jam. Hal ini dikarenakan adanya proses pemeriksaan dan juga antrian dalam pelaksanaan akad kredit. Jika hari itu cukup banyak debitur, maka bisa dipastikan akan memakan waktu lebih lama. Berlaku juga hal yang sebaliknya.

Itulah penjelasan mengenai proses akad kredit KPR BTN sebagai gambaran Pins yang mau mengambil KPR di bank tersebut. Proses akad kredit ini memang membutuhkan banyak persiapan, dan bisa memakan waktu cukup lama. Tapi, mengingat proses akad kredit ini sangatlah penting, tetap melaluinya dengan semangat ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, The Mansion dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download