BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAUpdate!Tabel Cicilan KPR BTN
0
0

Update!Tabel Cicilan KPR BTN

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
tabel cicilan kpr btntop-right-banner

Salah satu produk perbankan yang dimiliki oleh Bank BTN adalah program KPR. Produk ini merupakan alternatif untuk dapat memiliki hunian (rumah/apartemen/toko) dengan lebih mudah. Nasabah bisa melihat simulasinya pembayaran melalui tabel cicilan KPR BTN.

KPR sendiri merupakan kredit perumahan dengan bunga dan jangka waktu pembayaran tertentu. Bahkan Bank BTN memberikan kemudahan pembayaran cicilan KPR hingga 30 tahun.

Pins bia menemukan informasi terbaru seputar Program KPR Bank lewat aplikasi Pinhome. Aplikasi ini juga menampilkan informasi terkait hunian di dekat Universitas Tadulako hingga perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence.

Baca juga: 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Tabel Cicilan KPR BTN

Adanya tabel ini akan mempermudah nasabah untuk menyesuaikan dengan kemampuan pembayaran per bulannya. Berikut ini merupakan jenis KPR BTN beserta tabel cicilannya.

1. KPR Tapera BTN

Bank BTN memiliki program khusus untuk para ASN agar dapat memiliki hunian pertamanya. Program tersebut adalah KPR Tapera BTN yang memfasilitasi para ASN peserta Tapera agar dapat menikmati hunian layak.

Untuk dapat menikmati program ini hanya dibutuhkan slip gaji, KTP dan rekening koran. Jangka waktu cicilan bisa sampai 30 tahun dengan bunga yang ditawarkan adalah 0%.

2. KPR BTN Sejahtera

Pegawai non-ASN yang masuk dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) juga bisa menikmati program KPR dari BTN yaitu KPR BTN Sejahtera. Program ini ditujukan untuk pegawai non peserta Tapera yang memiliki gaji tetap setiap bulannya. Pins dapat menikmati KPR ini dengan uang muka mulai 1% dan dengan bunga suku bunga tetap 5%. 

3. KPR BTN BP2BT

Merupakan produk perbankan BTN untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah sektor informal yang memiliki penghasilan tidak tetap. Program ini akan memberikan bantuan uang muka hingga 40 juta kepada nasabah tabungan BTN. KPR ini menawarkan suku bunga KPR bank yang bersaing dengan angka waktu kreditnya sampai dengan 20 tahun

4. KPR BTN Platinum

Untuk nasabah yang ingin melakukan pembelian rumah baru/second, rumah indent/ready stock baik melalui developer atau tidak dan take over kredit rumah dari bank lain dapat mengajukan KPR BTN Platinum. Plafon kredit yang ditawarkan tidak dibatasi ditambah suku bunga yang ditawarkan oleh BTN juga cukup kompetitif. Jika diterima pengajuan kredit tersebut maka Anda bisa mendapatkan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun.

5. Kredit Pemilikan Apartemen BTN

Pembiayaan untuk pembelian unit apartemen juga bisa diselesaikan dengan kredit KPR BTN. Kredit ini tidak sebatas untuk apartemen milik developer tapi juga non developer, juga bisa untuk apartemen yang belum jadi/indent maupun take over kredit apartemen dari bank lain. Cicilan kredit KPR ini bisa sampai 15 tahun.

6. Kredit Pemilikan Rumah Toko

Bantuan pembiayaan pembelian rumah kantor minimalis dan sebagainya (rukan), toko dan ruko juga dapat dibantu oleh pihak BTN melalui program Kredit Pemilikan Rumah Toko. Suku bunga program ini cukup kompetitif dengan plafon kredit bebas. Anda bisa memanfaatkan program ini hingga 15 tahun. 

7. Kredit Agunan Rumah BTN

Untuk nasabah yang memerlukan tambahan dana dapat menjaminkan huniannya seperti rumah/ruko/apartemen yang dimiliki. Untuk jangka waktunya hingga 15 tahun dengan suku bunga yang kompetitif.

8. Kredit Bangun Rumah BTN

Pins memiliki tanah tapi kesulitan bangun rumah? Solusinya adalah Kredit Bangun Rumah BTN. Program ini ditujukan untuk mereka yang memiliki lahan hunian namun memiliki kekurangan dana dalam pembangunannnya. Jangka waktu kredit ini adalah 10 tahun dengan suku bunga yang cukup kompetitif.

9. KPR BTN Platinum iB

Umat muslim juga bisa memanfaatkan program KPR BTN Platinum iB untuk pembiayaan rumah, toko atau apartemen incaran. Kelebihan menggunakan KPR ini adalah jumlah angsuran tetap sampai lunas dan jangka waktu hingga 20 tahun.

10. KPR BTN untuk Pembangunan Rumah

tabel cicilan kpr btn

KPR BTN jenis ini bisa menjadi pilihan paling tepat jika kamu telah mempunyai tanah atas nama pribadi. Jika pada tanah tersebut belum ada rumah dan dana terbatas, kamu bisa mengajukan KPR Pembangunan Rumah melalui BTN. 

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan KPR BTN

Syarat Pengajuan KPR BTN

Source : Pexels

Setiap program kredit KPR dari BTN memiliki persyaratan yang hampir sama walaupun beberapa memerlukan persyaratan tambahan. Untuk memudahkan pengajuan kredit KPR, hendaknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu persyaratannya. Sebagai gambaran awal berikut beberapa persyaratan pokok yang akan diminta pihak bank BTN:

  1. FC KTP pemohon dan pasangan
  2. FC kartu keluarga dan surat nikah/surat cerai
  3. FC rekening koran
  4. NPWP atau laporan SPT Tahunan
  5. SIip gaji atau surat keterangan penghasilan
  6. Bagi pengusaha melampirkan laporan laba rugi.

Beberapa tambahan persyaratan sebelum pengajuan kredit misalnya saja 

  • Umur minimal pengajuan adalah 21 tahun (atau sudah menikah) dengan umur maksimal berakhir cicilan adalah 65 tahun (peserta Asabri 80 tahun)
  • Pengembang perumahan harus terdaftar di Kementerian PUPR
  • Untuk pengajuan KPR rumah subsidi, mensyaratkan pemohon belum pernah memiliki rumah atau memiliki rumah bagi ASN, TNI, Polri yang pindah tugas

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Kenapa Harus Kredit KPR di Bank BTN?

Source : Wikimedia Commons

Pemilihan perbankan untuk pembiayaan hunian haruslah diseleksi dengan seksama. Hal ini berkaitan dengan rasa aman dari para nasabah karena banyak ditemukan kasus ‘sudah lunas KPR tapi sertifikat tidak ada. Bank BTN sebagai BUMN pemerintah telah mengantisipasi hal tersebut dengan hanya bekerja sama dengan developer terpercaya.

Kelebihan lainnya jika mengajukan kredit melalui bank BTN yaitu:

  1. Pilihan kredit KPR banyak. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan misalnya jika ingin menghindari riba bisa mengajukan melalui KPR BTN Platinum iB.
  2. Jangka waktu kredit yang lumayan lama hingga 30 tahun
  3. Plafon pembiayaan bebas (disesuaikan dengan kemampuan nasabah)
  4. Jumlah pembiayaan juga cukup besar hingga 95% dari harga properti pilihan nasabah
  5. Pencairan KPR tersebut tidak memakan waktu yang lama hanya 7 hari kerja saja.

Tabel cicilan KPR BTN diatas merupakan informasi yang sangat berguna. Hal ini karena dengan melihat tabel diatas anda bisa menyesuaikan besarnya jangka waktu pengambilan kredit. Pembayaran kredit yang lancar akan memberikan poin kredit yang bagus di catatan OJK.

Baca juga: Lebih Mudah Lunasi Cicilan KPR dengan Fitur Take Over di Pinhome

Featured Image Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kana Park dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download