BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster
0
0

15 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Gapura merupakan sebuah bangunan yang menjadi simbol pintu gerbang atau pintu masuk untuk menuju suatu kawasan. Gapura biasa kita temukan di perbatasan kota, perbatasan kelurahan atau desa, hingga pintu masuk perumahan. Desain gapura keren akan menjadi daya tarik atau bahkan simbol suasana atau kondisi kawasan di dalamnya.

Gapura juga menjadi daya tarik tersendiri saat membeli rumah bekas di kab Bekasi Selatan maupun rumah dijual di Bekasi. Meskipun hunian tergolong KPR rumah namun daya jualnya bisa tinggi jika mempunyai arsitektur menarik dan lokasi strategis seperti Paradise Serpong City 2 ini.

Desain Gapura Keren

Sama halnya dengan desain rumah, gapura juga memiliki desain yang beraneka macam. Mulai dari gapura dengan konsep minimalis, klasik, modern, dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa desain gapura keren yang bisa digunakan untuk perumahan atau cluster.

1. Minimalis

Source : Kompas

Desain-desain minimalis banyak dipilih arsitektur karena modelnya yang simpel namun sarat akan makna. Sesuai ilmu arsitektur, minimalis berarti memaksimalkan area yang terbatas agar berfungsi dengan baik, serta mampu merampingkan bentuk dan struktur bangunan.

Agar terlihat lebih cantik dan menarik, desain gerbang minimalis bisa memanfaatkan lahan sekitar sebagai taman kecil 1 meter.

Baca juga: Ini Dia 3 Ukuran Tangga Putar Ideal dan Cara Menghitungnya

2. Modern

Source : Behance

Desain gapura biasanya disesuaikan dengan konsep unit sebuah perumahan. Namun jika kita lihat, desain gapura modern rasanya tak pernah lekang oleh waktu. 

Saat ini banyak pengembang yang mengadaptasi desain modern untuk menyesuaikan dengan tren yang ada. Seperti desain yang ada di bawah ini, sekilas terkesan biasa saja, namun penambahan ukiran di satu sisi garbang menambah suasana berbeda.

3. Modern Klasik

Source : Mooool

Modern klasik merupakan sebuah konsep desain yang menggabungkan unsur klasik dan modern. Unsur klasik identik dengan kesan elegan sedangkan unsur modern identik dengan kesan simpel dan sederhana.

Ornamen klasik cenderung lebih dominan pada gaya desain ini, namun tampilannya terlihat lebih sederhana. Dibawah ini adalah salah satu contoh konsep gerbang perumahan dengan konsep modern klasik.

Pemilihan desain gerbangnya tidak terlalu berlebihan. Ukurannya yang besar memberikan kesan elegan, sedangkan hadirnya sedikit ukiran dan lampu membuat gerbang perumahan ini menjadi lebih mewah.

4. Kontemporer

Source : haiphathome

Kontemporer adalah sebuah desain yang menggambarkan fleksibilitas dan selalu berubah. Seiring berjalannya waktu, material, bahan dan modern dari sebuah bangunan terus mengalami perubahan tren. Konsep kontemporer berusaha untuk memadukan gaya hunian sesuai dengan desain hunian.

Salah satu contoh desain kontemporer ada di bawah ini. Desainnya tidak terlalu berlebihan, masih ada beberapa space yang bisa dimodifikasi menjadi bentuk lain yang tak kalah cantik.

5. Natural Minimalis

Source : landscapecollaboration

Desain natural minimalis sesuai namanya, memanfaatkan beberapa tumbuhan di sekitarnya untuk mempercantik desain gerbang masuk. Hampir mirip dengan konsep minimalis, natural minimalis juga akan memanfaatkan ruang sekitar dengan lebih maksimal.

Salah satu caranya adalah memanfaatkan pepohonan, sebagai pelengkap agar suasana sekitarnya terlihat lebih fresh dan natural.

6. Megah Khas Kota Mandiri

Source : Behance

Saat ini kota mandiri menjadi salah satu kawasan yang cukup banyak diminati masyarakat. Kota mandiri merupakan sebuah perumahan yang dikembangkan tidak hanya sebagai hunian, namun juga berbagai fasilitas penunjang lain.

Beberapa diantaranya seperti kawasan wisata, kawasan perkantoran atau bisnis, kawasan pertokoan, cafe, kesehatan dan masih banyak lainnya.

Tinggal di perumahan dengan konsep kota mandiri akan lebih memudahkan, karena tidak perlu waktu lama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kota mandiri juga terkenal sebagai kawasan eksklusif dengan keamanan yang tinggi.

7. Tropis

Source : siranya

Desain-desain tropis ternyata punya makna tersendiri, yakni diciptakan untuk mengatasi masalah krisis di suatu negara. Bangunan gerbang yang ada umumnya diciptakan dengan konsep lain. Namun desain dan penataan pepohonan disekitarnya diharapkan mampu membuat bangunan dan pohon saling berinteraksi.

Desain tropis banyak diadaptasi karena secara otomatis akan membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih asri dan sejuk. Kini desain tropis banyak digunakan tidak hanya di daerah krisis saja, namun juga berbagai negara sekitarnya.

Baca juga: 11 Ide Warna Cat Pagar Cerah yang Tidak Norak

8. Timur Tengah

Source : pinimg

Bangunan timur tengah identik dengan bentuk kotak dan ukurannya yang besar. Tujuan dari rumah timur tengah adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan. Lambat laun desain bangunan timur tengah diadaptasi tidak hanya untuk hunian, namun juga sebagai gerbang perumahan.

Desain-desain gerbang ala timur tengah terlihat lebih gagah dan mewah. Pemilihan warna dan penambahan lampu pada malam hari juga semakin mempercantik gerbang perumahan dengan konsep ini.

9. Organik

Source : pinimg

Arsitektur organik adalah sebuah konsep yang memadukan antara ruang dan bentuk di sekitarnya. Gambaran lebih jelasnya adalah menyatukan konsep hunian manusia tanpa kehilangan unsur modernnya. Desain organik umumnya menekankan nilai-nilai organik atau alami, dengan pemilihan warna yang natural.

10. Jepang

Source : Behance

Negara Jepang identik dengan bangunan yang memaksimalkan kayu sebagai bahan utama, dengan desain yang simple dan unik. Kini desain-desain bangunan ala Jepang sudah banyak diadaptasi menjadi bangunan lain seperti desain gapura keren.

Hanya saja material yang digunakan tidak terbuat dari kayu, melainkan dari aluminium atau batu bata yang disusun sedemikian rupa.

11. Mediterania

Source : artlogic

Mediterania merupakan sebuah konsep arsitektur yang mengadaptasi bangunan-bangunan Mediterania di masa lalu. Konsep ini hadir tidak hanya menekankan pada fungsi, namun juga memberikan keseimbangan antara bentuk, material, serta pemilihan warna dengan kondisi lingkungan.

Bangunan-bangunan Mediterania umumnya memiliki ciri khas yakni bangunannya berbentuk kotak, tebal dan terkesan gagah. Konsep ini tidak hanya digunakan sebagai rumah, namun juga banyak dimodifikasi sebagai gerbang perumahan.

12. Bentuk Unik

Source : Pinterest

Konsep yang satu ini memiliki bentuk yang unik, dan lain daripada konsep pintu gerbang pada umumnya. Sekilas bentuknya mirip rumah tradisional khas Sulawesi dengan bentuk menjuntai ke atas, namun dengan modifikasi lebih modern.

Pemilihan bahan yang simpel dan warna earth tone menjadikan konsep ini memiliki makna khusus. Pins yang tidak begitu suka dengan konsep gerbang rumah megah dan terlalu kontemporer bisa menggunakan konsep seperti ini.

13. Khas Kota Santri

Mau punya desain gapura keren? cek dulu desain minimalis, modern, tropis, hingga desain dengan konsep kota santri bisa ditemukan disini.
Source : Behance

Terakhir, Pins bisa menggunakan konsep khas kota santri. Konsep ini identik dengan perumahan muslim, dengan desain menyerupai bangunan masjid. Hanya saja, penggunaan konsep ini bisa diaplikasikan pada semua perumahan, tidak hanya perumahan khusus muslim.

Desain ala kota santri juga bisa dikombinasikan dengan konsep lain, misal, organik, tropis, atau minimalis. Selain terkesan religius, lingkungan sekitarnya juga akan terasa menyatu.

Pilihan desain gerbang untuk perumahan tentu sangat banyak sekali. Mulai dari desain minimalis, modern, natural hingga mediterania. Jika ingin mencoba desain yang berbeda, konsep Jepang, Timur Tengah, kontemporer, hingga desain ala kota santri bisa menjadi pilihan tepat.

14. Gapura Batu Alam

(

Batu alam dijadikan gapura tidak hanya untuk pintu gerbang memasuki perumahan saja bahkan sebagai pembatas hunian. Desainnya simpel dan umumnya menggunakan empat buah pilar. Cocok untuk komplek tempat tinggal yang menonjolkan kemewahan dan eksklusif.

15. Gapura Etnik Dari Bambu

Source : Antara News

Bambu memiliki sifat yang lentur, kokoh dan mudah dibentuk. Pins bisa membuat bambu menjadi gapura dan membuat nuansa etnik ketika memasuki perumahan. Warna bambu yang kian kering juga semakin cantik dan dapat dipadukan dengan ornamen kayu.

Meski desain gapura keren cukup banyak, rasanya tidak begitu pusing memikirkannya. Saat ini yang terpenting Pins bisa mendapatkan hunian yang nyaman sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Untuk info lengkap mengenai hunian atau properti bisa langsung cek website Pinhome.

Baca juga: 5 Tips Memasang Kuda-Kuda Baja Ringan dengan Benar

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download