BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Fungsi Lantai untuk Sebuah Bangunan atau Rumah
0
0

7 Fungsi Lantai untuk Sebuah Bangunan atau Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Des 14, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
fungsi lantaitop-right-banner

Fungsi lantai bukan hanya elemen dekoratif, tetapi juga aspek krusial dalam merancang sebuah bangunan atau rumah. Sebagai permukaan tempat Pins berpijak, lantai memiliki peran penting dalam kenyamanan dan fungsi ruang.

Sebelum mengethaui fungsi lantai untuk bangunan, Pins dapat melihat rekomendasi Rumah Eksklusif yang pasti memiliki desain dan interior yang baik. Pins dapat mencoba melihat PinValue untuk menghitung nilai suatu properti.

Pins juga dapat memakai fitur Simulator KPR yang disediakan untuk menghitung estimasi dari suatu pembelian, selain itu Pins juga dapat memakai Pengajuan KPR yang pasti akan menguntungkan.

Dalam ulasan ini akan membahas tujuh fungsi lantai yang tidak hanya menambah nilai estetika, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup di dalam ruangan. Simak panduan lengkap ini untuk memahami bagaimana pemilihan lantai yang tepat dapat merubah secara signifikan atmosfer dan fungsionalitas rumah Pins.

Baca juga: 10 Ciri Tukang Bangunan Rumah yang Baik

Fungsi Lantai untuk Sebuah Bangunan atau Rumah

Source : Freepik

Berikut ini adalah berbagai ulasan mengenai berbagai fungsi lantai untuk bangunan rumah Pins. Yuk, simak ulasan ini selengkapnya Pins!

1. Pengurangan Kebisingan

Source : Pngtree

Dengan adanya lapisan peredam suara, fungsi lantai rumah tidak hanya memberikan stabilitas fisik, tetapi juga memiliki peran penting dalam meredam suara. Hal ini mengurangi gangguan dari suara langkah kaki dan bising lainnya, menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman yang mendukung kenyamanan dan konsentrasi.

2. Elemen Estetika

Source : Stockflib

Ragam material lantai seperti keramik, marmer, kayu, dan granit tidak hanya menjadi pilihan berdasarkan fungsionalitasnya, Tetapi juga disesuaikan dengan preferensi estetika penghuni.

Dengan memilih material yang sesuai secara estetis, fungsi lantai bukan hanya memenuhi kebutuhan praktis, melainkan juga menjadi elemen penunjang keindahan dalam perancangan interior. Sentuhan visual yang ditambahkan oleh lantai menciptakan atmosfer yang memperindah dan meningkatkan nilai estetika keseluruhan ruangan.

Baca juga: Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

3. Regulator Suhu dalam Bangunan/Ruangan

Source : iStock

Fungsi lantai sebagai regulator suhu membantu mengelola suhu dalam ruangan dengan mencegah perubahan suhu yang ekstrem dari luar maupun sebaliknya. Selain menciptakan kenyamanan termal di dalam ruangan.

Hal ini juga memastikan bahwa suhu ruangan tetap terkendali sesuai dengan preferensi penghuni. Dengan demikian, lantai tidak hanya menjadi elemen struktural, tetapi juga turut berperan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman sesuai dengan kebutuhan penghuni.

4. Memperkuat Fondasi Bangunan

Source : Pngtree

Meskipun bukan elemen inti pada struktur pondasi, fungsi lantai memiliki peran krusial dalam memperkuat fondasi keseluruhan bangunan. Sebagai bagian dari permukaan pondasi rumah dalam ruangan, lantai memberikan kekakuan tambahan yang mampu meningkatkan daya tahan struktural bangunan secara keseluruhan.

 Dengan demikian, lantai tidak hanya menjadi permukaan tempat berjalan, tetapi juga berperan dalam mendukung integritas struktural bangunan secara menyeluruh. Oleh karena itu lantai memiliki fungsi yang krusial.

5. Platform Aktivitas

Source : Architectural Digest

Lantai, selain berfungsi sebagai permukaan tempat berjalan, juga menjadi platform utama tempat manusia beraktivitas di dalam bangunan. Sebagai media yang menopang beban aktivitas, lantai tidak hanya menjadi tempat bergerak, tetapi juga mendukung beban dari barang dan furniture yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. 

Hal ini menciptakan fungsi lantai sebagai elemen yang lebih dinamis, memberikan dasar yang kokoh untuk keberlangsungan aktivitas sehari-hari penghuni. Oleh karena itu lantai berfungsi memiliki fungsi menjadi wadah atau tempat aktivitas pemilik rumah.

Baca juga: 11 Inspirasi Ruang Cuci Jemur Lantai 2 Estetik dan Hemat Tempat

6. Pemisah Ruang Mendatar

Source : Pngtree

Lantai menjadi komponen vital dalam pemisahan ruangan secara horizontal, menciptakan struktur dan tata letak yang terorganisir dalam bangunan rumah. Penomoran lantai, seperti lantai 1, lantai 2, dan seterusnya, tetapi juga memberikan pembatasan horizontal yang efisien, mengoptimalkan penggunaan ruang secara keseluruhan. 

Dengan demikian, lantai bukan hanya sebagai permukaan tempat berjalan, tetapi juga berperan dalam menyusun ruang secara terstruktur. Dengan begitu pula, bangunan rumah menjadi lebih rapih.

7. Mencegah Infiltrasi Air

Source : Freepik

Melalui penggunaan lapisan tahan air, fungsi lantai sebagai penghalang efektif terhadap rembesan air dari tanah yang berpotensi merusak struktur bangunan. Tindakan ini dianggap sebagai langkah krusial untuk memastikan bahwa konstruksi lantai memiliki kemampuan yang memadai dalam menangani risiko rembesan air yang dapat menimbulkan kerugian pada bangunan. 

Dengan demikian, lantai bukan hanya sebagai permukaan tempat berjalan, tetapi juga sebagai pelindung terhadap ancaman eksternal yang dapat merusak integritas bangunan. Dengan begitu juga, lantai menjadi antisipasi dari rembesan air.

Pentingnya memilih jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup tidak hanya menghasilkan bangunan yang kokoh, tetapi juga menciptakan ruang yang nyaman, tenang, dan estetis. 

Dengan memahami peran lantai sebagai regulator suhu, pengurang kebisingan, dan pemisah ruangan. Pemilik rumah atau perancang bangunan dapat membuat keputusan yang bijaksana untuk mendukung kualitas hidup penghuni.

Jadi, ketika Pins memasuki proses perencanaan atau renovasi rumah, ingatlah bahwa lantai tidak hanya menghubungkan langkah-langkah. Tetapi juga menghubungkan sejumlah fungsi yang tak terhitung jumlahnya. 

Dengan memilih dengan bijak, Pins tidak hanya fungsi lantai untuk bangunan, tetapi juga menciptakan lingkungan yang benar-benar menjadi tempat tinggal yang ideal. Semoga ulasan ini memberikan wawasan berharga dalam perjalanan Pins menciptakan ruang yang sesuai dengan impian dan kebutuhan.

Baca juga: Fungsi Talang Air Rumah dan Cara Memasangnya dengan Benar

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami rumah second di Jakarta Pusat  dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download