BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Inspirasi Model Lubang Angin di Atas Pintu Rumah
0
0

12 Inspirasi Model Lubang Angin di Atas Pintu Rumah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
model lubag angin di atas pintutop-right-banner

Ventilasi udara atau lubang angin adalah bagian bangunan yang berfungsi sebagai saluran udara yang biasa dipasang di atas pintu. Model lubang angin di atas pintu rumah sangat beragam yang biasanya didesain sesuai dengan desain rumah dan ukuran pintu itu sendiri. 

Lubang angin bisa menjadi salah satu unsur penting jika kamu ingin beli  perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa. Hal yang sama juga perlu jadi pertimbangan untuk membeli rumah di Bekasi, misalnya di Harvest City Bekasi, untuk memastikan rumah punya sirkulasi udara yang bagus. Sedangkan kamu yang punya rumah tidak ditempati bisa titip jual rumah di Pihome.

Aliran udara yang melalui ventilasi dapat dari dalam bangunan menuju ke luar maupun sebaliknya. Keberadaan ventilasi udara memungkinkan terjadinya pertukaran udara di dalam dan di luar bangunan secara terus-menerus.

Baca juga: 10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik

Inspirasi Model Lubang Angin di Atas Pintu

Ada banyak sekali model lubang angin di atas pintu rumah yang bisa dipilih dan diterapkan di rumah kamu. Berikut beberapa inspirasi model lubang angin di atas pintu yang bisa kamu pilih.

1. Lubang Angin Sederhana

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Model lubang angin ini biasa ditemukan pada rumah-rumah dengan desain jadul. Lubang anginnya terkesan simpel, berupa kaca yang bisa dibuka dengan teralis di bagian dalamnya. Teralis bisa dibuat dengan lubang yang lebih kecil yang bisa berfungsi sebagai teralis nyamuk. 

2. Lubang Angin Boven

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Desain ventilasi berikutnya adalah boven. Lubang angin model ini sangat cocok dipasang di atas pintu rumah di ruang tamu. Terdapat banyak bentuk untuk model ini, seperti bulat, persegi panjang, dan sebagainya sehingga kamu bisa memilih sesuai selera.

Desain lubang angin ini biasanya dibuat menyatu di atas pintu atau jendela, dengan lubang yang cukup lebar. Selain itu, model ini juga cocok untuk dipasang di banyak tipe rumah.

3. Lubang Angin Kayu

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Model lubang angin kayu sangat cocok dipasang di atas pintu atau jendela dengan material dan warna yang serupa. Lubang angin jenis ini bisa jadi pilihan yang menarik, karena bentuknya yang dapat meningkatkan estetika rumah. 

Namun kamu perlu memastikan material kayu yang dipilih adalah yang tahan terhadap perubahan suhu. Hal ini penting karena sifat kayu yang mudah menyusut. Selain itu kamu bisa memanfaatkan coating agar material kayunya tahan lama.

Baca juga: 8 Model Ventilasi Rumah, Bikin Udara Lebih Segar

4. Lubang Angin Klasik

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Model ini cocok untuk lubang angin di atas pintu kamar. Bentuknya simpel dan klasik, dengan ada jari-jari yang dibuat miring sehingga orang dari luar tidak bisa melihat ke arah dalam ruangan. Selain itu, model ini juga bisa dibuat dari bahan semen atau baja ringan. 

5. Lubang Angin Buka Tutup

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Berikutnya adalah model lubang angin buka tutup. Biasanya model ini dipasang sebagai ventilasi atap rumah dan bisa dibuka maupun tutup karena terdapat engsel. Namun model ini tidak sepraktis model lain, karena kamu harus membuka dan menutupnya sesuai kondisi.

Baca juga: Bagaimana Ventilasi Atap Rumah Yang Baik? Cek Disini!

6. Lubang Angin Minimalis

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Rumah dengan tipe minimalis sangat cocok dengan model lubang angin di atas pintu yang satu ini. Modelnya cukup simpel hanya berupa persegi panjang yang ukurannya disesuaikan dengan lebar pintu atau jendela. 

7. Lubang Angin Kaca

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Berikutnya adalah model luban angin kaca. Model ini juga terbilang simpel dengan kaca yang bisa dibuka atau ditutup. Ukurannya juga bisa dibuat menyesuaikan lebar pintu atau jendela rumah.

8. Lubang Angin Bulat

Source : Pinterest

Model lubang angin berikutnya berbentuk bulat. Biasanya model ini dipasang di bagian segitiga atap rumah dengan ada dua buah sehingga menyerupai mata. Selain itu, model ini juga cocok dipasang di kamar dengan opsi yang bisa dibuka maupun ditutup. 

9. Lubang Angin Tanpa Batas

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Lubang angin model ini bisa diterapkan di segala sisi sehingga disebut tanpa batas. Tak hanya di di atas pintu atau jendela, model ini juga bisa dipasang di sisi dinding rumah. Namun kamu perlu memperhitungkan nilai estetika agar tidak terkesan sembarangan. 

10. Lubang Angin Modern

model lubag angin di atas pintu
Source : iStock

Rumah-rumah bergaya modern tentu akan sangat cocok jika dipasang lubang angin dengan model modern pula. Model ini dibuat seakan menyatu dengan pintu atau jendela, padahal terdapat celah terbuka yang berfungsi untuk sirkulasi udara. 

11. Lubang Angin Bertumpuk

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Berikutnya ada model lubang angin bertumpuk. Biasanya, lubang angin ini terdiri dari beberapa lubang angin kecil kotak yang disusun sedemikian rupa di atas pintu. Banyaknya lubang akan membuat sirkulasi udara baik. Selain itu juga bisa menambah estetika rumah

12. Lubang Angin Setengah Lingkaran

model lubag angin di atas pintu
Source : Pinterest

Model lubang angin terakhir berbentuk setengah lingkaran. Lubang angin model ini akan menambah kesan klasik dan mewah jika diberi sentuhan warna cream dan disesuaikan dengan warna pintu dan dinding. 

Itulah 12 model lubang angin di atas pintu yang bisa kamu contoh untuk rumah kamu. Suka yang mana, Pins?

Baca juga:

Featured Image Source: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download