BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Menentukan Ukuran Jendela Rumah Agar Cocok
0
0

Tips Menentukan Ukuran Jendela Rumah Agar Cocok

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran jendela rumahtop-right-banner

Pada dasarnya standar ukuran jendela rumah dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan Pins. Ini karena fungsi jendela penting keberadaannya sehingga perlu dibuat senyaman dan seindah mungkin. Bingung harus mulai dari mana? Simak ulasan lengkap untuk menentukan ukuran jendela rumah di bawah ini yang bisa Pins sesuaikan dengan jenis ruangan!

Mengetahui ukuran jendela rumah yang pas akan membantu kamu dalam membangun rumah yang indah. Seperti rumah indah yang ada di perumahan Mutiara Gading City atau di sekitar Politeknik AKA Bogor. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Tips Menentukan Ukuran Jendela di Rumah

Dengan menerapkan tips ini, Pins dapat menentukan ukuran jendela di rumah dengan lebih bijak. Pastikan untuk mempertimbangkan cahaya alami, privasi, dan estetika ruangan. 

Dengan memilih ukuran jendela rumah yang tepat, rumah Pins akan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. Di mana cahaya matahari dan udara segar dapat masuk secara optimal.

1. Ukuran Jendela Ruang Tamu

ukuran jendela rumah
Source : Fimela

Umumnya, standar ukuran jendela rumah yang terletak di bagian paling depan hunian berkisar 80 cm x 120 cm. Ukuran ini akan dipakai untuk 1-4 jendela dengan desain sejajar. Ini menciptakan satu jendela yang cukup besar guna memaksimalkan paparan cahaya dan membuat ruangan jadi terang.

Jadi, tidak heran bila ruangan depan terdiri dari jendela yang cukup besar untuk mengakses udara dan cahaya yang lebih banyak. Dengan begitu, orang yang baru masuk ke ruangan akan merasa ruangan tersebut terlihat lega.

Sementara itu, Pins bisa menentukan ukuran kusen jendela ruang tamu rumah pada angka 60 mm, baik pada sisi kanan dan kiri. Artinya, Pins perlu menyiapkan kusen dengan ketebalan 120 mm.

Baca juga: 7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

2. Ukuran Jendela Kamar Tidur

ukuran jendela rumah
Source : Elite Springbed

Dibandingkan ruang tamu, ukuran jendela rumah kamar tidur memang lebih kecil, yakni dengan luas 40-50 cm dan tinggi 90-100 cm. Ukuran jendela ini sudah cukup untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lancar dan paparan sinar matahari agar tidak terlalu lembap.

Selain itu, ukuran tersebut cocok diterapkan pada jendela di kamar tidur minimalis. Kamu juga bisa menyesuaikan desain jendela sesuai interior kamar agar tampak serasi. Pada saat mengukur jendela kamar tidur Pins perlu ingat bahwa sebaiknya menghindari jendela yang terlalu lebar agar merasa tenang.

Baca juga:

3. Ukuran Jendela Kamar Mandi

ukuran jendela rumah
Source : Pexels

Beberapa orang mungkin memilih tidak menggunakan jendela di kamar mandi karena alasan privasi. Namun, tidak sedikit yang mencoba memasang jendela di toilet karena ingin mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Maka dari itu, ukuran jendela kamar mandi rumah tidak begitu besar.

Sebagai contoh, Pins bisa memilih jendela boven untuk diletakkan di kamar mandi. Jendela boven adalah jendela kecil yang biasanya diperlukan sebagai ventilasi udara untuk ruangan. Jendela kaca satu ini umumnya dibuat dengan ukuran 30 cm x 30 cm, 40 cm x 60 cm, atau ukuran lainnya. Jadi, Pins bisa menyesuaikan ukuran jendela berdasarkan luas kamar mandi, ya!

4. Ukuran Jendela Dapur

Source : Pexels

Salah satu area rumah yang tidak luput dari pemasangan jendela adalah dapur. Bila memiliki dapur dengan desain minimalis, Pins bisa membuat jendela dapur dengan ukuran 50 cm x 70 cm. Ini bertujuan menciptakan aliran udara yang segar ketika Pins tengah memasak. Bila ingin memasak sambil menikmati pemandangan belakang atau depan rumah, kamu dapat mengatur ukuran jendela dapur rumah sesuai selera, ya!

5. Ukuran Jendela Aluminium

Source : Kusen Pintu Aluminium

Jendela aluminium merupakan salah satu jendela yang kini banyak digandrung orang. Pasalnya, desain jendela aluminium sangat cocok dipasang di rumah minimalis, baik di kamar tidur maupun dapur.

Normalnya, ukuran jendela rumah aluminium adalah 40 cm x 120 cm, sedangkan ukuran jendela dapur 80 cm x 90 cm dengan kusen berukuran 4 inci. Jendela aluminium juga menawarkan bahan yang lebih awet dan fleksibel karena bisa dibentuk sesuai keinginan, seperti model lipat dan geser.

Baca juga: 6 Model Gorden Jendela Kecil Panjang Terbaru

Tips Menentukan Ukuran Jendela Rumah

Source : Suara

Bila ingin memasang jendela ruangan dengan ukuran yang pas, Pins perlu mempertimbangkan luas ruangan tersebut. Sembarangan menentukan ukuran tentu bisa membuat jendela terlalu besar atau terlalu kecil yang bisa mengganggu tampilan ruangan. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa Pins coba untuk membuat ruangan yang sempit menjadi tampak luas dengan ukuran jendela yang tepat.

1. Ukur Ruangan Terlebih Dulu

Pertama-tama, Pins perlu mengukur dinding ruangan yang hendak dipasangi jendela sebelum memilih ukuran dan dimensi jendela. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan jendela yang proporsional dengan ruangan.

2. Sesuaikan Ukuran dan Desain Jendela

Selain ukuran, Pins perlu melihat bagaimana desain jendela yang hendak dipasang, entah itu di kamar tidur, kamar mandi, maupun dapur. Sebagai contoh, jendela berukuran lebar akan kurang cocok dipakaikan kusen yang tebal.

Baca juga:

3. Gunakan Jendela Sesuai Fungsinya

Seperti yang Pins tahu, fungsi jendela adalah fasilitas untuk masuknya sinar matahari dari luar ke dalam rumah. Namun, jendela pada setiap ruangan ternyata memiliki fungsi masing-masing, lho.

Pertama, ukuran jendela ruang tamu biasanya dibuat lebih besar agar ruangan tampak terang ketika menyambut tamu. Di sisi lain, jendela kamar mandi akan dibuat dengan ukuran kecil untuk menjaga privasi penghuni saat berada di sana.

Nah, itu tadi sederet hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan ukuran jendela rumah beserta daftar ukurannya. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download