BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik
0
0

10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Mei 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Meski jarang disebutkan, ventilasi adalah aspek sangat penting dalam sebuah bangunan, terutama rumah. Karena ventilasi yang baik akan menentukan kualitas udara dengan sirkulasi yang baik pula. Tak terkecuali untuk ventilasi ruang tamu yang menjadi wajah pertama dalam sebuah rumah.

Terlebih ketika di kondisi pandemi seperti sekarang, menerima tamu sebaiknya tidak sembarangan. Ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik akan terhindar dari virus secara alami dengan ventilasi ruang tamu yang baik juga. Apa saja rekomendasi ventilasi ruang tamu terbaik? Yuk disimak!

Ventilasi Kaca Nako

Source : Medan Elite Art Glass

Ventilasi ini seperti namanya terbuat dari kaca yang berbentuk nako. Mungkin paling familier dan masih sering digunakan di beberapa rumah dan menambah kesan ‘jaman dulu’. Bentuknya yang unik membuat ventilasi kaca nako masih jadi pilihan karena disusun bertingkat.

Penggunaannya juga mudah hanya tinggal menaik-turunkan tuas di pinggir kaca untuk membuka dan menutup ventilasi kaca nako. Kekurangannya, cukup sulit dibersihkan, apalagi jika diterapkan di ruang tamu yang berada di area paling depan rumah serta dekat dengan jalan yang mengakibatkannya jadi rawan debu.

Ventilasi Atap Kaca

Source : Tokopedia

Ventilasi atap kaca juga cantik untuk diterapkan di rumah karena bisa menghemat listrik di siang hari dengan pancaran sinar matahari. Karena terletak di bagian atap, biasanya ventilasi ini tidak bisa dibuka-tutup karena cukup sulit dijangkau.

Dan jika cuaca cukup terik, bisa menambah kadar panas dalam ruang tamu Kamu. Cara mengakalinya bisa menambahkan tirai di bagian kacanya agar bisa dibuka-tutup sesuai kondisi.

Baca juga: Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Ventilasi Ruang Tamu Model Rustic

Source : Archdaily

Model rustic sangat cocok untuk Kamu yang menggemari desain dan dekorasi khas pedesaan, terutama dari daerah Amerika serikat yang sarat akan kayu-kayuan. Ventilasi bergaya klasik ini sangat cantik karena selain membantu sirkulasi udara, bagian-bagiannya bisa dibuka dan dijadikan partisi cantik ataupun memasukkan pancaran cahaya matahari pagi.

Ventilasi Industri

Source : Preferredroofingsupply

Sering melihat benda berbentuk seperti kubah berbahan alumunium dan berputar-putar di atas pabrik? Barang itu adalah ventilasi industri yang juga cocok dipasang di rumah terutama untuk ruang tamu, Pins.

Ventilasi ini memiliki ukuran yang agak besar, sekitar 40 cm dan juga termasuk ventilasi mekanik karena membutuhkan listrik agar dapat bekerja. Pemakaian dayanya terbilang tidak banyak, hanya sekitar 50-75 watt saja.

Ventilasi Jalusi

ventilasi ruang tamu
Source : Shutterstock

Sekilas, ventilasi jalusi mirip seperti ventilasi kaca nako. Bedanya, jalusi tidak terbuat dari kaca dan tidak bisa dibuka-tutup alias fiks. Sebaiknya cari perajin yang memahami pembuatan ventilasi jalusi karena bentuk, jarak, dan panjang ruasnya harus tepat agar bisa melakukan sirkulasi udara dengan sempurna.

Jalusi yang berbahan kayu atau besi ini biasanya dipasang di badan pintu bagian bawah. Cocok jika ruang tamu Kamu memiliki pintu kayu minimalis tapi tetap ingin terlihat apik.

Baca juga: Desain Ventilasi Rumah yang Baik Untuk Digunakan

Ventilasi Ruang Tamu Model Loster

ventilasi ruang tamu
Source : Shopee

Ventilasi roster terlihat sangat tradisional karena terbuat dari semen maupun keramik dan berbentuk ukiran-ukiran khas. Biasanya, roster berbentuk persegi atau persegi panjang dan dipasang di satu sisi dinding atau di atas pintu.

Ventilasi jenis ini tidak bisa dibuka-tutup, tapi udara akan bersirkulasi melalui ukiran-ukiran yang berlubang tersebut secara maksimal. Selain sebagai ventilasi, roster ini juga cantik dijadikan dekorasi, lho!

Baca juga: 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Ventilasi Bambu

ventilasi ruang tamu
Source : Pinterest

Ventilasi bambu ini juga tergolong sangat unik karena memanfaatkan bentuk alami dari batang pohon bambu yang dipotong-potong dan disusun sedemikian rupa sehingga bulatan-bulatannya mengalirkan udara keluar-masuk ruangan.

Ventilasi bambu ini cocok dipasang di ruang tamu bagian luar dan akan menambah kesan pedesaan yang asri dan segar. Selain cocok diterapkan pada ruangan indoor, ventilasi bambu ini juga sering dipasang di kamar mandi yang memiliki konsep outdoor.

Ventilasi Ruang Tamu Model Mekanis

ventilasi ruang tamu
Source : Solopos

Khusus untuk ventilasi mekanis mungkin sedikit jarang digunakan di rumah, tapi bisa jadi pilihan terbaik terutama untuk ruang tamu. Kamu mungkin sering menemukan ventilasi jenis ini di kamar hotel.

Ada kipas hisap atau exhaust yang dipasang di bagian dalam atap plafon untuk menarik udara kotor. Kelebihan ventilasi ini adalah udara akan sangat bersih karena angin yang masuk ke dalam ventilasi ini diekstraksi terlebih dahulu sebelum dibuang melalui loteng. Bahkan, ventilasi ini juga bisa berfungsi sebagai penyaring debu dan serangga. Tapi jangan lupakan kebersihannya untuk selalu dijaga ya, Pins.

Ventilasi Pembuangan

Source : Buzzfeed

Ventilasi pembuangan biasanya juga paling sering terlihat di rumah-rumah, tidak terkecuali ruang tamu. Ventilasi satu ini termasuk ventilasi mekanik dan memerlukan listrik agar dapat bergerak dan bekerja.

Sekilas berbentuk mirip seperti kipas tapi berada di dalam kotak yang berlubang panjang. Seperti namanya, ventilasi pembuangan berfungsi untuk menyedot dan membuang udara kotor dalam ruangan untuk dikeluarkan.

Ventilasi Modern Kaca Besar

ventilasi ruang tamu
Source : Kompas

Di rumah-rumah kekinian, terutama yang bertipe mewah, banyak menerapkan ventilasi kaca besar. Tentu saja sebaiknya kaca yang bisa dibuka-tutup atau digeser. Akhirnya, ventilasi ini tidak hanya baik untuk sirkulasi udara, tapi juga memasukkan sinar matahari yang bermanfaat untuk kesehatan serta menghemat listrik karena tidak perlu banyak lampu dinyalakan di siang hari yang terang.

Bagaimana dengan beberapa rekomendasi di atas? Semoga membantu ya, Pins!

Baca juga: 16 Model Gorden Ruang Tamu yang Simple dan Manis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Pinterest

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download