BlogPemilik PropertiDesain HunianRagam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap
0
0

Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jangan anggap sepele peran ventilasi kamar tidur minimalis karena bisa menentukan kualitas udara yang kita hirup di dalam kamar. Tanpa ventilasi, udara di dalam kamar akan terasa pengap, padahal kita banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, lho.

Paling tidak kita menghabiskan 6-8 jam per hari di kamar untuk tidur. Belum lagi kalau Pins melakukan aktivitas lain di kamar, seperti membaca buku, streaming film, main game, hingga scrolling ponsel.

Bayangkan betapa pengapnya kalau menghabiskan waktu sebanyak itu di kamar tanpa ventilasi!

Pentingnya Ventilasi Udara di Kamar

Ventilasi sangat penting untuk mengatur sirkulasi udara. Berikut beberapa manfaat ventilasi di kamar tidur:

Membersihkan Udara dari Polusi

Polusi udara di dalam rumah memang tidak terlihat, tapi bisa berbahaya jika dibiarkan dalam jangka panjang. Beberapa sumber polusi udara di dalam kamar antara lain asap rokok, jamur, bakteri, serta bahan-bahan kimia dari produk pembersih.

Polusi udara juga bisa berasal dari produk yang digunakan untuk membasmi nyamuk dan serangga. Biasanya produk semacam ini mengandung pestisida yang bisa saja mengendap di dalam bantal atau selimut.

Nah, peran ventilasi kamar tidur minimalis adalah untuk menjaga sirkulasi udara agar zat-zat berbahaya tersebut bisa keluar dari kamar.

Mengurangi Bau

Kamar tidur adalah tempat kita menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya. Maka, wajar saja kalau di dalam kamar bisa muncul aroma tidak sedap yang berasal dari tubuh kita. Mulai dari keringat, kentut, sampai iler saat tidur.

Kamar tidur yang tak berventilasi juga bisa bau karena kedatangan serangga seperti kecoak hingga bed bugs. Belum lagi kalau kamu punya hewan peliharaan yang sering masuk kamar.

Bayangkan seperti apa jadinya kalau semua bau ini bergumul jadi satu di dalam kamar sempit yang pengap. Makanya, penting untuk memiliki ventilasi agar udara bersirkulasi dengan baik dan bau tidak sedap segera minggat.

Mengurangi Lembap

Kamar yang tidak memiliki ventilasi akan rawan lembap, apalagi mengingat iklim tropis di negara kita. Kalau dibiarkan, kamar yang lembap bisa mendatangkan jamur dan bakteri. Bersama jamur dan bakteri, datanglah penyakit. Kamu pasti tak ingin ini terjadi, kan?

Makanya, pasanglah ventilasi yang memadai di kamar tidur supaya ada pergantian udara di dalam kamar. Dengan sirkulasi udara yang baik, udara yang kamu hirup pun akan lebih segar dan sehat.

Baca Juga: Desain Ventilasi Rumah yang Baik Untuk Digunakan

Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis

Mengingat pentingnya ventilasi udara, setiap kamar tidur harus memiliki ventilasi. Nah, lubang ventilasi yang paling utama adalah jendela yang memungkinkan keluar masuknya udara. Namun, ada juga jenis ventilasi lain seperti ventilasi loster dan exhaust fan.

Untuk kamar minimalis yang ukurannya kecil, tentunya kamu harus pintar-pintar mengatur ventilasi agar tetap fungsional tanpa mengurangi nilai estetika. Yuk, simak inspirasi ventilasi kamar tidur minimalis berikut ini:

Ventilasi Jendela Lebar

Source : Shutterstock

Inspirasi ventilasi kamar tidur minimalis yang pertama adalah dengan memasang jendela kaca yang lebar dan bisa dibuka tutup. Kalau jendelanya dibuka, otomatis udara dari luar akan masuk ke dalam kamar.

Menariknya lagi, jendela yang lebar ini bisa membuat kamar minimalis yang sempit terkesan lapang. Bonus lagi kalau kamarmu menghadap pemandangan yang indah!

Ventilasi Jendela Bukaan Vertikal

Source : Shutterstock

inspirasi ventilasi kamar tidur minimalis berikutnya adalah jendela dengan bukaan vertikal. Kalau biasanya daun jendela dibuka ke samping, desain jendela ini dibuka ke bawah.

Tentu saja dengan catatan bahwa daun jendelanya hanya bisa dibuka sedikit saja. Meski bukaannya kecil, sudah cukup kok untuk menjaga sirkulasi udara agar kamarmu bebas pengap.

Ventilasi Sliding Window

Source : Shutterstock

Ventilasi kamar tidur minimalis berupa sliding window sangat cocok untuk ruangan yang ukurannya mungil. Pasalnya, jendela bisa dibuka dengan cara menggesernya saja. Jadi, tidak ada daun jendela yang mengayun ke dalam ataupun ke luar kamar. Kamu pun bebas mengatur besarnya bukaan jendela ini.

Ventilasi Jendela Skylight

Source : Shutterstock

Punya kamar minimalis di area atap? Ventilasi kamar tidur minimalis ini bisa kamu terapkan. Konsepnya adalah jendela skylight yang bisa dibuka tutup. Selain mengatur sirkulasi udara, bukaan skylight juga menerangi ruangan dengan cahaya alami, lho.

Ventilasi Kayu Minimalis

Source : Shutterstock

Inspirasi ventilasi kamar tidur minimalis berikutnya terbuat dari kayu yang disusun dengan celah-celah untuk sirkulasi udara. Desainnya minimalis dan kamu bisa berkreasi dengan bentuknya, mulai dari bentuk kotak normatif atau bentuk bulat yang lebih unik.

Ventilasi Loster

Source : Shutterstock

Ventilasi kamar tidur minimalis juga bisa dibuat dengan memasang loster. Kamu bisa membelinya di toko bahan bangunan dengan aneka bentuk menarik.

Tak cuma bentuknya yang beragam, materialnya pun berbeda-beda. Ada loster yang terbuat dari tanah liat dengan warna bata. Ada pula loster yang terbuat dari beton yang kukuh. Nah, terserah kamu mau pilih yang mana untuk digunakan sebagai ventilasi kamar tidur .

Ventilasi Mekanik

Source : Shutterstock

Ventilasi kamar tidur tak harus berupa jendela atau lubang ventilasi manual, tapi juga bisa berupa ventilasi mekanik. Contohnya dengan memasang exhaust fan. Fungsinya adalah mengeluarkan udara di dalam kamar agar tergantikan udara baru yang lebih segar.

Contoh lainnya yaitu AC. Selain mendinginkan udara, AC juga menyaring udara serta menjaga sirkulasi udara, lho. Kalau sudah ada AC di dalam kamar, tidak perlu membuka jendela ataupun ventilasi karena justru bisa bikin boros listrik.

Itulah beberapa jenis ventilasi kamar tidur minimalis yang bisa kamu gunakan agar kamarmu bebas pengap. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download