Pinhome

Tips Properti

Mengenal Apa itu AJB dalam Dunia Properti

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pinhome – Pins sudah tau apa itu AJB? Dalam dunia properti, AJB merupakan singkatan dari Akta Jual Beli yang digunakan sebagai bukti yang otentik dari peralihan hak atas tanah dan bangunan. Dokumen ini adalah surat pengikat untuk transaksi jual beli properti. Yuk kenali lebih jauh tentang singkatan dan arti AJB!

AJB adalah Akta Jual Beli. Sertifikat Akta Jual Beli ini dirilis oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang diatur melalui Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional (Perkaban). Pada umumnya, pihak PPAT tinggal mengikuti format baku yang sudah ada. Hal ini penting diketahui supaya Pins merasa puas dan percaya pada transaksi yang sudah dilakukan, tidak hanya itu, hal tersebut wajib Pins tahu agar menghindari kekecewaan dan penipuan di akhir.

Data yang Harus Disiapkan untuk Membuat AJB

Apa itu AJB (akta jual beli) di dunia properti
(unsplash.com)

Ketika ingin membuat AJB pastikan Pins sudah menyiapkan data-data yang dibutuhkan untuk ada pada sertifikat. Seperti identitas pembeli yaitu tanggal lahir, pekerjaan, alamat lengkap, selain itu juga informasi mengenai jenis properti yang akan dijual lengkap dengan sertifikat yang dimiliki. Untuk meminimalisir kesalahan Pins jangan lupa untuk memeriksa nomor sertifikat properti yang dijual sama dengan nomor yang tertera pada AJB. Lalu ditambah dengan data lokasi properti yang dijual, mulai dari informasi provinsi, kecamatan, kelurahan, dan juga nama jalannya. Dan yang terakhir ialah luas properti yang akan dijual dengan harga propertinya.

AJB akan dibuat ketika seluruh biaya dan pajak yang ada karena adanya kegiatan jual beli tanah atau bangunan sudah dibayarkan oleh pihak yang berwenang. Ketika semua biaya yang dibutuhkan sudah dibayarkan dari pembeli maupun penjual, proses selanjutnya yang dilakukan ialah mendaftarkan peralihan kepemilikan properti kepada kantor pertanahan terdekat. Proses tersebut dikenal sebagai proses balik nama. Jika proses ini sudah selesai itu artinya hak kepemilikan sudah jatuh ke tangan pembeli.

Nah itu tadi merupakan informasi mengenai apa itu AJB atau Akta Jual Beli yang Pins harus ketahui ketika ingin melakukan transaksi jual beli tanah maupun bangunan. Semoga Pins sudah mengetahui dengan jelas arti dan singkatan AJB tersebur. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Baca Juga: Inilah Detail Lengkap Surat Ahli Waris yang Wajib Diketahui

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel