Kamus Istilah Properti

Akta Jual Beli Tanah

istilah properti

Akta Jual Beli Tanah

Akta Jual Beli Tanah adalah dokumen otentik, resmi atau sah secara hukum yang menandakan atau menjadi bukti pembelian tanah seorang pembeli dari pihak penjual. 

Mengenal Akta jual beli tanah

(Rukita)

Sama seperti transaksi membeli rumah, dalam pembelian tanah pun memerlukan akta jual beli. Dokumen akta jual beli tanah ini sangat penting karena bersifat sebagai bukti yang sah atas transaksi membeli sebidang lahan dalam bentuk tanah komersial. 

Akta jual beli akan bersifat sah serta resmi artinya dokumen ini mempunyai kekuatan hukum, sehingga tidak ada yang bisa menggoyahkan keabsahan atau validitas sebuah transaksi tersebut. 

Ketika ada dokumen jual beli ini, tidak akan ada orang lain yang bisa mengklaim tanah tersebut atau menggugat kamu. Kamu akan menduduki posisi paling sah atas kepemilikan tanah tersebut. Nantinya kamu pun akan memiliki wewenang atas pemakaian tanah tersebut. Misalnya kamu ingin membangun rumah, tempat usaha atau dijual kembali.

Mengapa membeli tanah memerlukan akta jual beli?

(IDN Times)

Tanah atau lahan merupakan benda tak bergerak yang awalnya dimiliki dan dikelola oleh negara. Membeli tanah atau lahan artinya kamu melakukan transaksi pembelian dengan negara. Sebagai bukti bahwa proses transaksi telah terjadi maka diperlukan dokumen penanda yang resmi.

Dokumen ini berfungsi seperti struk belanja ketika kamu membeli sembako di supermarket. Bedanya, untuk menerbitkan dokumen akta jual beli ini kamu memerlukan bantuan pihak ketiga seperti notaris. 

Dokumen akta jual beli wajib dibuat sebagai bukti pembelian yang sah dan agar tanah tidak dapat dicuri atau digunakan orang lain yang tidak berkepentingan.

Jadi akta jual beli tanah ini sangat penting ya Pins! 

Fungsi Akta Jual Beli

(Etalase Bintaro)

Seperti yang sudah Pins ketahui bahwa akta jual beli tanah adalah bukti transaksi yang sah. Berikut ini ada penjelasan fungsi akta jual beli tanah yang perlu kamu ketahui. Yuk kita simak bersama!

Mencegah sengketa tanah 

Sengketa tanah sering kali terjadi di sekitar kita. Hal ini bisa terjadi lantaran tidak ada dokumen yang sah untuk menandai kepemilikan sebuah lahan. Untuk menghindari sengketa atau masalah rebutan lahan, maka dokumen ini perlu dibuat. Di dalam dokumen pun akan dibahas luas dan batasan tanah si pemilik. Hal ini diatur demi memperjelas area yang menjadi hak si pemilik. 

Memberikan bukti hak atas kepemilikan tanah 

Seperti yang sudah diketahui bahwa tanah yang dibeli seseorang adalah bentuk transaksi antara warga negara dan negara. Maka dari itu sebagai bukti yang sah, dokumen jual beli dibuat sebagai tanda terima dan tanda jadi yang resmi. 

Menghindari pembeli dari jerat hukum 

Untuk melindungi seseorang dari jerat hukum, dokumen akta jual beli ini perlu diterbitkan. Nantinya dokumen ini akan menjadi bukti dalam mengatur dan mengurus lahan tersebut. Apapun kegiatan yang akan dilakukan pemilik di atas lahan tersebut, dokumen akta akan menjadi bukti yang sah dan sangat diperlukan. 

Akses bagi pembeli untuk memanfaatkan lahan

Ketika seseorang akan menggunakan lahan tersebut, maka diperlukan dokumen akta yang saha. Hal ini untuk memastikan pengolahan lahan memang dilakukan oleh pemilik lahan. Misalnya kamu ingin membangun ruko atau rumah, maka kamu harus mengantongi akta jual beli tanah. 

Macam-macam akta jual beli 

(Anak UI)

Selain akta jual beli tanah ada beberapa akta lain yang perlu kamu tahu. Sama seperti akta di atas, dokumen akta ini mempunyai kekuatan hukum yang sah. Artinya sebuah benda yang dibeli dengan menyertakan akta jual beli akan memiliki validitas yang tinggi.

Akta jual beli rumah

Akta jual beli ini menjadi bukti yang sah dalam transaksi pembelian sebuah rumah. Ketika kamu membeli rumah, pastikan dokumen ini telah dibuat ya Pins. Dokumen ini bersifat penting sebagai tanda jadi transaksi sebuah properti. 

Akta jual beli tanah

Akta jual beli tanah menjadi bukti yang resmi dan sah di mata hukum. Dokumen ini menjadi pengikat hukum dan penanda bahwa kamu adalah pemilik dari lahan tersebut. 

Akta jual beli mobil

Untuk mobil dan motor, biasanya dokumen pembelian berupa surat perjanjian atau surat pembelian barang atau kendaraan. 

Akta jual beli apartemen

Sama seperti rumah, dalam membeli apartemen juga membutuhkan akta jual beli. Hal ini berkaitan dengan membeli hunian. Apartemen sebagai hunian vertikal berdiri di tanah komersial/residensial sehingga diperlukan aturan dalam hukum yang mampu mengatur status kepemilikan unit properti tersebut. 

Tips membuat akta jual beli tanah

(Crypto News)

Untuk membuat atau menerbitkan akta jual beli, pastikan kamu mengunjungi notaris. Mereka adalah pihak yang ahli dalam membuat dan menangani transaksi jual beli barang tidak bergerak. Hal ini tentu menjadi sangat penting dilakukan agar pembelian properti atau lahan bisa berjalan dengan lancar.

Pins, membeli sebuah lahan atau tanah mungkin bisa menjadi investasi yang kamu pilih. Namun ingat, walaupun kamu membeli dari saudara atau keluarga, pastikan ada dokumen asli yang menyatakan pembelian barang tak bergerak tersebut ya. Semoga informasi di atas bermanfaat Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.