Kolam Ikan dengan Konsep Aquascape Sederhana - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Kolam Ikan dengan Konsep Aquascape Sederhana

Kolam Ikan dengan Konsep Aquascape Sederhana

Dipublikasikan oleh Febrina Putri ∙ 16 September 2021 ∙ 9 menit membaca

Memiliki rumah yang indah dan bernuansa alam akan sangat menyenangkan bagi kamu yang butuh memanjakan diri dari penat. Terlebih, apabila dapat menikmati secara langsung pemandangan alam. Menghadirkan pemandangan alam yang indah juga bisa kamu dapatkan di dalam rumah. Salah satu cara yang paling populer adalah membuat kolam ikan dengan konsep aquascape.

Pinhome – Apakah kamu tahu apa itu aquascape? Bagaimana cara membuat aquascape yang sederhana di dalam rumah? Dan tema apa saja yang menarik yang dapat kamu aplikasikan pada aquascape dalam rumah kamu? Kalau begitu mari simak informasi dari pembahasan berikut ini.

Baca Juga:

Mengenal Aquascape

Hari-hari ke belakang, aquascape menjadi suatu demam yang banyak digandrungi oleh masyarakat pecinta ikan hias. Sebenarnya aquascape sudah lama eksis, namun sekarang nampak kembali ramai dilakoni orang-orang. Aquascape merupakan seni dekorasi untuk menata pemandangan di kolam ikan. Umumnya aquascape memiliki komponen seperti tanaman yang diletakkan di bawah air, batu-batuan yang layaknya terumbu karang dan lainnya untuk menambah keindahan kolam ikan. 

Seni mendekorasi seperti aquascape ini membutuhkan ketelatenan, kesabaran, tingkat kesenian yang kreatif. Aquascape dapat juga dikatakan dengan membuat kebut di dalam kolam. Di mana kamu menata tanaman air. bebatuan yang beragam, dan juga pemilihan ikan hiasnya.

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Wikipedia)

Konsep ini tidak hanya sekedar menghias kolam dengan tanaman dan bebatuan, namun uniknya dari aquascape adalah tuntutan estetika seni yang tinggi. Dengan berbagai komponen yang digunakan menjadi harapan kolam ikan tersebut terlihat seperti benar-benar di alam.  Aquascape sebenarnya juga sama seperti kamu menciptakan ekosistem baru di dalam sebuah kolam. Mulai dari meletakkan tumbuhan hidup, memelihara ikan-ikan, dan membuat wadah yang cukup untuk komponen lainnya.

Baca Juga:

Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape

Hobi menata aquascape pada kolam ikan dalam ruangan rumah sudah banyak ditekuni oleh mereka pecinta ikan. Dengan berbagai kerumitan dan tantangan kesabaran dalam membuat aquascape wajar apabila banyak orang yang merasa tertantang. Selain itu, dengan tema aquascape yang beragam juga membuat pencintanya semakin tertarik.

Aquascape Biotop

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Aquatic.id)

Tema pertama dari konsep aquascape batu yang dapat kamu aplikasikan pada kolam atau aquarium rumah kamu adalah konsep biotop. Tema yang satu ini merupakan tema yang paling sederhana dari tema yang lainnya. kamu cukup mengadakan beberapa tumbuhan air yang dapat diletakkan sebagian besar dalam aquascape sebagai latar yang indah. 

Pada tumbuhan tersebut memiliki akar besar yang menjalar panjang hampir ke sebagian besar ruang. Latar bawah aquascape bisa juga kamu tambahkan dengan pasir aquarium menggunakan beberapa batuan yang cukup besar sebagai hiasan tambahan.  Aquascape biotop ini mengesankan akan ekosistem ikan di bawah air yang banyak berenang ke sela-sela terumbu karang. Tema ini juga tepat untuk kamu yang ingin menggunakan konsep aquascape batu yang sederhana. 

Baca Juga:

Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape Gaya Dutch

(Equair.id)

Inspirasi tema aquascape selanjutnya yang pasti dapat menarik perhatian adalah dengan gaya dutch. Tema yang satu ini sangat menonjolkan sisi hijau dari keragaman tumbuhan yang diletakkan pada sebagian besar konsep aquascape. Tumbuhan yang digunakan juga memiliki warna yang sangat beragam yang mengesankan tema ini seperti taman bunga pada aquascape. 

Tema dengan tumbuhan yang tinggi-tinggi pada bagian belakang menjadikannya sebagai latar belakang. Gaya ini mulai dikembangkan pada tahun 1930 dan sudah banyak digunakan pecinta ikan untuk menghiasi kolam mereka dengan konsep aquascape.  Memang jika kamu perhatikan konsep aquascape sederhana gaya dutch ini sangat eye catching dengan warna-warni dari tumbuhan yang dipadukan. 

Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape Gaya Japanese

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Pinterest)

Tema ketiga untuk inspirasi konsep aquascape sederhana ialah dengan gaya Jepang. Takashi Amano, seorang master aquascape, pertama kali memperkenalkan gaya Jepang ini pada tahun sekitar 1990. Layaknya berkebun, membuat Takashi juga mencintai aquascape sebagai cara lain dalam mengaplikasikan hobinya, yaitu di dalam kolam air dan aquarium. 

Aquascape gaya Jepang ini mengambil tema pada bagian penataan dari pada tanaman air yang digunakan lebih sedikit. Selain itu tumbuhan juga disusun asimetris dan dipadu dengan batu dan kayu apung sehingga sangat menonjolkan kesan konsep aquascape sederhana. Oleh karena itu, gaya aquascape yang satu ini sangat tepat bagi kamu yang tidak ingin terlalu ribet dan lebih terkesan tenang. 

Baca Juga:

Tips Membuat Konsep Aquascape Sederhana

Agar konsep aquascape sederhana milikmu bisa lebih keren lagi, berikut beberapa tips desain aquascape untuk kamu, Pins :

Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape Simpel Lebih Baik

(Akvodecor.com)

Pada kenyataannya, pemandangan alam jauh dari kata kompleks. Contohnya, dalam satu mini ekosistem hanya akan ditemukan satu jenis batu; mungkin dikelilingi oleh tanah liat atau lumpur. Sangat aneh rasanya jika dalam satu ekosistem terdapat batu-batuan lava, granit hingga batu kapur.

Meskipun kamu sangat ingin mengutak-atik koleksi tanaman air dalam aquascape-mu, usahakan hanya ada satu spesies tanaman atau bebatuan yang mendominasi keseluruhan aquascape. Semakin kamu menjaga akuarium tetap sederhana maka semakin realistik pula aquascape buatanmu. Belum lagi biaya yang kamu keluarkan akan semakin murah jika membeli dalam jumlah banyak.

Kelompokkan Jenis Batu

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Unpad.ac.id)

Kalau kamu coba berjalan menyusuri pantai, maka kamu akan sadar bahwa ada berbagai tipe bebatuan yang ada di sana, ada juga beragam bebatuan di tebing, beragam batu kerikil di pinggir -pinggir pantai, hingga bebatuan kecil yang ada di sungai dekat pantai. Jika kamu ingin membuat aquascape dengan ekosistem lengkap, cobalah untuk meletakkan bebatuan kerikil kecil di tepi-tepi sungai atau danau buatanmu.

Lucunya, nanti ikan-ikan di akuarium akan ikut menyesuaikan ekosistem buatanmu, lho! Ada yang memilih untuk menetap di daerah sekitar bebatuan besar, ada juga sekawanan ikan lainnya yang memilih untuk bermain-main di bebatuan kecil. Ada juga jenis ikan tertentu yang lebih menyukai berenang di air lepas.

Baca Juga:

Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape Untuk Tantang Kreatifitasmu

(Rumah.com)

Bebaskan kreatifitasmu! Buatlah miniatur danau atau pinggir sungai yang kamu mau. Kreasikan jenis pohon, rumput ataupun alang-alang yang akan menghiasi akuarium kamu. Tapi, pastikan kamu selalu bisa mengurus tanaman-tanaman air ini ya. Beberapa jenis tanaman air sangat cepat bertumbuh hanya dalam waktu singkat!


Kesan alami dalam konsep aquascape sederhanamu akan lebih terasa jika ditambahkan miniatur batang bambu. Batang-batang bambu juga bisa membuat ilusi dunia luar yang tepat jika ditata sedikit muncul ke permukaan. Hal ini juga berlaku bagi tanaman air yang berbentuk pohon dan muncul ke permukaan air.

Baca Juga:

Jangan Paksakan Bentuk Aquascape

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Jawapos.com)

Kalau memang tidak sesuai dengan bentuk aquascape yang diinginkan, jangan paksakan untuk memakai bentuk lain ya, Pins! Pada kenyataannya, setiap model aquascape memberi kesan kelembutan, dataran dan kedalaman yang berbeda-beda.

Beberapa tanaman air juga memberi kesan kedalaman yang berbeda-beda. Hal ini harus menjadi pertimbangan utama kamu sebelum membuat konsep aquascape sederhana.

Baca Juga:

Seimbangkan Benda Mati dan Mahluk Hidup

(CNNIndonesia.com)

Sebagai pecinta aquascape, kita tentunya akan lebih senang melihat ikan dan tanaman air terlihat sehat, seimbang dan tertata. Tapi, adanya benda-benda mati di dalamnya juga penting untuk menyeimbangkan kesan alami dalam ekosistem aquascape buatanmu.

Pins bisa coba menaruh kerangka kerang atau rumah siput dan mengkombinasikannya dengan batangan kayu atau tanaman air dengan bentuk menyerupai pohon. Perpaduan ini bisa dengan mudah membuat replika hutan hujan tropis, Pins. Hanya saja kamu harus melakukan perawatan secara rutin karena biasanya tanaman air ini akan cepat bertumbuh sementara batangan kayu dan tanaman air lebih mudah ditumbuhi lumut di akuarium aquascape kamu.

Baca Juga:

Pintar-pintarlah Menata Aquascape

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Diadona.id)

Kalau kamu mau menggunakan batu sebagai pusat dari konsep aquascaoe sederhana, akan lebih baik jika kamu membentuk setidaknya satu formasi yang menjadi focal point dari keseluruhan akuarium. Pengaturan komposisi dan kontras antara batu-batu dan air terbuka memberikan sinergi yang keren lho, Pins. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan hal ini adalah dengan menempatkan tiga hingga empat batu besar dan datar di bagian bawah akuarium untuk kemudian membentuknya seperti meja.

Pins juga bisa menempatkan pola meja untuk membentuk susunan gua yang sangat disenangi oleh ikan-ikan. Kalau kamu tidak bisa menemukan ukuran dan bentuk batu yang cocok, Pins bisa menggunakan pot terakota ataupun sisa hiasan kebun yang tentunya masih terlihat cocok diletakkan di aquascape. Selain teksturnya yang ringan, mendaur ulang pot terakota ataupun hiasan kebun lainnya relatif murah dan tahan lama.

Baca Juga:

Utamakan Komposisi Batu Tetap Stabil

kolam ikan dengan konsep aquascape
(Seva.id)

Menangani batu di dalam aquascape bisa dibilang lumayan tricky. Pins perlu hati-hati dan menanganinya dengan penuh pertimbangan. Salah peletakan dapat membuat keretakan kecil di permukaan akuarium lho! Untuk antisipasi, sebaiknya letakkan 2.5 cm pasir di lapisan terbawah akuarium sebagai bantalan.

Kemudian, lapisi dengan batu-batuan kecil secukupnya agar lebih stabil. Lapisi lagi dengan pasir kemudian barulah kamu bisa menaruh batu dengan jumlah sesuai dengan desain aquarium yang kamu butuhkan. Batu-batuan dari lava atau bebatuan lainnya yang memiliki bobot ringan.

Sebaiknya direkatkan dengan menggunakan silikon agar akuarium kita tetap aman. Cara ini dianggap sudah cocok untuk mengamankan akuarium dari bahaya batu di aquascape kita. Meskipun begitu, tetap disarankan untuk mengecek keadaan dan struktur batu secara berkala ya.

Baca Juga:

Jadikan Ganggang Sahabat Terbaik

(Aqua.my.id)

Jika ada ganggang yang tumbuh di akuarium aquascape kamu, biarkan saja, Pins! Ganggang ini sebenarnya dibutuhkan oleh ekosistem aquascape kamu. Apalagi mereka juga bisa membentuk corak alami yang sangat keren. Namun, kalau kamu merasa risih, sebaiknya bersihkan ganggang-ganggang yang tumbuh dengan menggunakan tangan ataupun alat pembersih lainnya, tanpa menggunakan  sabun ataupun cairan kimia lainnya.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen 

Editor: Febri

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Tags :

Bagikan Artikel