Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 22 Jenis-Jenis Ikan Cupang yang Cantik untuk Dipelihara

Hobi

22 Jenis-Jenis Ikan Cupang yang Cantik untuk Dipelihara

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 13 September 2021 ∙ 7 menit membaca

Tidak selalu mengenai tanaman hias yang bisa Pins rawat dan pelihara. Memelihara berbagai macam ikan hias pun bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah memelihara ikan cupang. Jenis-jenis ikan cupang yang memiliki warna bervariasi layak untuk dijadikan koleksi.

Pinhome – Ikan cupang merupakan hewan yang biasa hidup di air tawar. Ikan hias satu ini sangat mudah dipelihara walaupun tergolong ikan yang cukup agresif. Bukan hanya bisa dijadikan hobi, memelihara jenis-jenis ikan cupang dapat juga membantu Pins mengatasi stres. Bila tertarik untuk memelihara ikan cupang, yuk baca dulu artikel berikut ini agar mengetahui 22 jenisnya yang dapat Pins beli di pasaran.

Ikan Cupang Double Tail

(flickr)

Ikan cupang double tail yang memiliki ekor bercabang dua ini sangat cantik karena siripnya lebar. Namun hewan ini terkenal sebagai jenis ikan cupang yang mahal, langka dan susah untuk dikembangkan. Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki sirip ekor berbeda yang terjadi karena mutasi genetik.

Jenis Ikan Cupang Rose Tail

(shopee)

Ikan cupang hias rose tail bagian ekornya terlihat menyerupai kelopak bunga mawar. Hal tersebut dikarenakan percabangan warna yang ada pada sirip dan ekornya. Ikan cupang satu ini umumnya memiliki pola ekor warna-warni dan sering memberikan efek ombre di ekornya. Ketika berenang di dalam ‘rumahnya’, ikan ini terlihat seperti bunga yang mengambang di air.

Ikan Cupang HMPK

(flickr)

Jenis-jenis ikan cupang memang banyak tersedia di pasaran, salah satunya adalah HMPK. Nama ikan cupang ini berasal dari akronim hasil persilangan antara cupang Halfmoon dan Plakat. Ikan ini termasuk varian ikan cupang hias dan aduan.

Ikan Cupang Plakat

(gdm)

Selanjutnya ada ikan cupang Plakat yang dikenal sebagai ikan cupang aduan. Memiliki warna yang cantik, ikan satu ini juga banyak dijadikan sebagai ikan peliharaan. Ciri khas dari jenis cupang ini ada pada ketegasan motif siripnya.

Jenis Ikan Cupang Spade Tail

Saat mengamatinya, pasti Pins melihat keunikan dari ikan cupang spade tail. Hal tersebut dapat terlihat dari ekornya yang berbentuk lancip, tidak sama dengan varian ikan cupang lainnya. Selain itu, ikan ini juga termasuk tipe ikan cupang yang langka.

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk di Aquarium

Ikan Cupang Half Sun

Ikan cupang half sun adalah hasil perkawinan silang antara cupang crown tail dan halfmoon. Dikatakan sebagai half sun sebab sirip dan ekornya persis dengan matahari. Sebaran ekor ikan yang penuh hingga 180 derajat, membuatnya semakin menarik untuk dilihat.

Ikan Cupang Half Moon

jenis jenis ikan cupang
(jawapost)

Ciri ikan cupang satu ini sesuai dengan namanya, yakni memiliki sirip dan ekor seperti menyatu dan berbentuk setengah lingkaran. Sangat cantik bukan? Ikan cupang halfmoon bisa menjadi ikan hias yang langka dengan proses pengembangbiakkan yang cukup rumit.

Ikan Cupang Over Halfmoon

Bila ikan cupang halfmoon bisa melebarkan ekornya menyerupai bentuk setengah lingkaran, ikan cupang over halfmoon ini bisa melebarkan ekornya sampai lebih dari setengah lingkaran. Saat mengembang, ekornya bisa melebihi 180 derajat.

Ikan Cupang Crown Tail

jenis jenis ikan cupang
(tokopedia)

Bukan saja cupang halfmoon, ikan cupang Crown Tail ini juga mempunyai ciri khas yang pas dengan namanya. Ikan ini memiliki nama ekor mahkota atau Crown Tail sebab ekornya yang dapat menyerupai seperti mahkota ketika dibalik. Jenis ikan cupang yang mahal satu ini banyak dicari karena cukup langka di pasaran.

Ikan Cupang Paradise

jenis jenis ikan cupang
(infoikan)

Ikan cupang paradise banyak dijumpai di daerah persungaian Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra. Mempunyai nama latin macropodus opercularis​​, ciri dari ikan ini yakni ekornya yang mempunyai cabang. Namun, kini keberadaannya pun cukup langka.

Jenis Ikan Cupang Blue Rim Plakat Beta

Betta splendens atau blue rim plakat betta merupakan ikan cupang yang memiliki warna dengan mutu yang tinggi, dari tubuh hingga sirip plakat yang sangat mempesona. Jenis ikan ini mempunyai warna krem atau putih dan biru dengan bagian pinggir warna biru cerah di sebagian atau seluruh siripnya. Hal ini membuat tubuh ikan cupang seakan dibingkai dengan warna biru yang sangat cantik.

Baca Juga: Apa Makanan Ikan yang Aman untuk Peliharaan Anda?

Ikan Cupang Dumbo

Cupang Dumbo ini sering dikenal sebagai ikan cupang big ear. Hal itu dikarenakan sirip telinganya sangat lebar persis sayap. Macam ikan cupang satu ini persis seperti karakter film kartun Dumbo.

Jenis Ikan Cupang Sawah

jenis jenis ikan cupang
(bukalapak)

Ikan cupang yang satu ini termasuk salah satu varian ikan liar. Dikarenakan jauh dari jangkauan manusia, maka dari itu harga cupang sawah termasuk dalam jenis ikan cupang yang mahal. Bila semakin besar dan bagus, maka harga ikan ini tentu semakin mahal.

Ikan Cupang Fancy

jenis jenis ikan cupang
(flickr)

Cupang Fancy dikenal mempunyai warna yang sangat cantik. Kamu bisa lihat penampakan kombinasi warna di sirip, tubuh, dan ekornya. Macam ikan cupang satu ini cocok buat Pins yang senang mengoleksi warna-warni keindahan dari ikan cupang.

Ikan Cupang Surga

jenis jenis ikan cupang
(flickr)

Jenis ikan cupang surga banyak ditemukan di Asia Tenggara seperti beberapa wilayah di Indonesia yakni Jawa, Bali dan Sumatra. Ikan cupang ini termasuk cupang liar yang sekarang cukup sulit untuk ditemukan. Hal ini membuat harga ikan cupang varian ini dapat dikatakan mahal.

Jenis Ikan Cupang Emas

(rep.alphabetincubator)

Sama seperti namanya, ikan cupang emas yang  mempunyai nama latin betta unimaculata bertubuh warna kuning keemasan. Ikan ini banyak dijumpai di rawa, sungai dan sawah. Walau tinggal pada alam liar, hewan satu ini cukup indah bukan?

Ikan Cupang Veil Tail

jenis jenis ikan cupang
(penjualcupang)

Coba Pins cermati ekor ikan cupang hias satu ini. Sangat cantik, bukan? Ekor ikan cupang veil tail memang menawan. Kamu bisa memeliharanya di rumah dengan gradasi warna yang menarik ditampilkan. Macam ikan cupang veil tail pun tidak hanya berwarna gradasi seperti di atas, masih banyak lagi warna yang bisa kamu miliki.

Ikan Cupang Giant

jenis jenis ikan cupang
(bukalapak)

Persis dengan julukannya, cupang giant memiliki ukuran paling besar yakni 12 cm. Dikembangbiakan breeder dari Thailand, cupang satu ini tidak selincah jenis cupang lainnya. Hal tersebut dikarenakan tubuhnya yang cukup besar. Walaupun begitu, macam ikan cupang giant tidak kalah memilki warna cantik dibanding cupang lainnya.

Ikan Cupang Coccina

jenis jenis ikan cupang
(satriabajahitam)

Spesies ikan cupang coccina mempunyai bentuk tubuh dengan ciri khas warna yang sangat menarik. Dikenal dengan nama lain cupang belgi bangkok, ikan satu ini berwarna merah dan tentunya bisa membuat tampilan interior rumah Pins semakin cantik. Ciri khas mata warna birunya, seakan-akan mampu menghipnotis yang melihatnya.

Jenis Ikan Cupang Sarawak

Cupang Sarawak merupakan ikan cupang yang mudah beradaptasi degan alam. Bahkan, ikan ini bisa hidup di air bertekanan tinggi. Ciri khas ikan satu ini adalah memiliki garis yang berada pada sisi kiri dan kanan dari kepala.

Baca Juga: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah dan Langka

Ikan Cupang Slayer

Ikan cupang satu ini sering jadi favorit orang banyak. Bagaimana tidak, bentuk sirip dan ekor dari cupang slayer sangat cantik. Warna terang di tubuhnya juga membuat ikan ini semakin menawan.

Jenis Ikan Cupang Snake Head

jenis jenis ikan cupang
(wikipedia)

Siapa yang menyangka, ikan cupang liar satu ini ternyata asli dari Indonesia. Cupang snake head adalah jenis ikan endemik yang cuma ada di Kalimantan Timur, yakni Sungai Mahakam. Ikan satu ini masuk dalam jenis cupang albimarginata yang juga disebut cupang kepala ular.

Pada artikel di atas, telah dibahas jenis-jenis ikan cupang yang bisa kamu temukan di pasaran. Masih banyak lagi macam ikan cupang yang mahal hingga mura lainnya yang dapat kamu jumpai. Kamu dapat mengecek langsung di berbagai situs belanja online untuk dapat menemukan berbagai varian. Tetapi perlu diingat, sebaiknya tidak menjadikan ikan cupang ini menjadi bahan aduan. Menjadikan ikan cupang sebagai hiasan dapat membantu kamu dalam mengurangi penat setelah disibukkan oleh pekerjaan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel