Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa Makanan Ikan yang Aman untuk Peliharaan Anda?

Hobi

Apa Makanan Ikan yang Aman untuk Peliharaan Anda?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Apakah Pins mempunyai hewan peliharaan? Selama masa pandemik ini, memelihara hewan dan tanaman adalah salah satu kegiatan yang booming di kalangan milenial. Trend memelihara hewan terutama memelihara ikan, meningkat tinggi. Kenapa ikan? Ternyata, menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Plymouth menemukan bahwa hanya dengan menonton ikan di akuarium, dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini membantu orang-orang untuk mengurangi stress di saat pandemi seperti sekarang ini. Lalu, apa makanan ikan yang Pins berikan ke hewan tersebut? Apakah jentik, pelet atau yang lain?

Pinhome – Mengapa perlu memperhatikan makanan ikan untuk diberikan pada peliharaan Anda? Pins, perlu diingat juga, bahwa ketika memelihara hewan, artinya Pins harus berkomitmen untuk memikirkan seluruh kebutuhan hidupnya. Mulai dari apa makanan ikan yang tepat, tempat tinggal, hingga kesehatan yang perlu diperhitungkan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Molly Lengkap Di Sini!

Fakta yang sering tidak diketahui, ternyata ikan bisa stress. Ketika Pins tidak memberikan makan tepat waktu, atau aquarium kotor, ataupun tempat tinggalnya tidak ada tanaman airnya, bisa membuat ikan stress.

Berbicara tentang makanan ikan, Pins harus menyesuaikan dengan jenis ikan, tidak bisa sembarangan. Yuk, simak bersama 3 jenis makanan ikan berdasarkan sumbernya.

Makanan Alami Ikan

(Wikipedia)

Kalau ditanya apa makanan ikan yang segar dan fresh from the oven, maka jawabannya pasti jentik nyamuk. Nah, yang dimaksud dengan makanan alami ikan adalah makanan yang berasal dari alam, berupa hewan. Beberapa makanan alami ikan adalah :

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk ini ternyata kaya protein yang dibutuhkan oleh ikan, terutama untuk proses reproduksi ikan. 

Baca Juga: Contoh Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Kutu Air

Nah, pins ingin membuat ikan hiasnya mempunyai warna yang cerah? Kutu air adalah makanan yang tepat, agar ikan hiasnya mempunyai warna yang cerah.

Cacing Sutera

Cacing sutera ini mempunyai kandungan asam amino yang membuat jenis ikan tertentu, terutama koi, untuk menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas.Selain itu, jika ikan kekurangan protein, maka akan membuat pertumbuhan tulang belakangnya mengalami deformasi.

Baca Juga: Kamu Pecinta Ikan Hias? Bikin Akuarium Unik Di Rumah, Yuk!

Udang Laut

Ikan pada dasarnya termasuk hewan pemakan segalanya, atau omnivore. Tidak heran, jika Pins ingin memberikan makanan ikan berupa udang laut menjadi pilihan yang tepat. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat berguna bagi menjaga kesehatan dan mengoptimalkan pertumbuhan ikan.

Kapankah waktu yang tepat untuk memberikan udang laut? Pada saat telur ikan tersebut menetas. Karena, mereka cenderung membutuhkan tambahan protein.

Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Tidur Sembarangan Di Rumah

Makanan Segar Ikan

apa makanan ikan
(Treat ID)

Ada yang bertanya-tanya dengan apa yang dimaksud dengan makanan segar ikan? Makanan segar yang dimaksud disini adalah berasal dari tumbuh-tumbuhan yang tidak perlu pengolahan lebih lanjut. 

Ganggang

Ganggang ini mudah ditemukan dan banyak tumbuh di dasar kolam, ganggang hijau ini juga memiliki banyak sekali kandungan dari karoten. Karoten ini sangat bermanfaat dalam memberi kecerahan pada warna dari tubuh ikan..

Bayam atau Kangkung

Sayuran hijau, seperti bayam atau kangkung sangat baik dijadikan makanan ikan. Kenapa? Di dalam kedua jenis sayuran ini terdapat pigmen warna merah yaitu astaxanthin. Dan juga terdapat pigmen warna kuning yang dijuluki lutein.

Selain itu, bayam atau kangkung sangat kaya akan kandungan serat. Artinya hal ini akan membantu sistem pencernaan ikan agar terjaga kesehatannya. Sebagai catatan, jika pencernaan ikan terlalu buruk, maka bahkan bisa mengganggu pertumbuhannya. Menurunkan daya tahan tubuh dari ikan sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit yang mematikan.

Timun

Hal yang sering tidak diketahui, timun ternyata sangat baik untuk ikan. Kenapa? Karena berfungsi sebagai vitamin yang dapat menambah gizi dan energi bagi ikan.

Eits, jangan lupa, ternyata timun juga berguna sebagai penambah nafsu makan untuk ikan.

Wortel

Seperti yang Pins ketahui, bahwa wortel mengandung gizi berupa beta karoten. Beta karoten ini, berfungsi untuk mencerahkan warna tubuh ikan hias.

Nah Pins, dari beberapa jenis makan segar ini, jangan lupa, makanan ini harus dipotong kecil-kecil sampai lembut, supaya bisa dimakan oleh ikan.

Makanan Buatan Ikan

apa makanan ikan
(Blibli)

Selain dari makanan alami dan segar, Pins dapat memberikan makanan tambahan, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin ikan. Beberapa yang bisa diberikan adalah: 

Flake

Flake ini berupa lembaran, dan Pins perlu menghancurkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh ikan hias.

Dengan sifatnya yang mengapung, maka jenis pakan ini cocok diberikan ke ikan hias yang suka sekali berenang di permukaan air.

Pelet

Pelet yang dimaksud disini bukan pelet dari dukun ya Pins, tetapi berupa belet yang dapat mengapung dan tenggelam. Pelet ini mempunyai tektur yang padat, maka sangat cocok diberikan kepada ikan yang dewasa.

Tablet

Dengan tekstur yang padat, jenis makanan ikan yang berbentuk tablet ini cocok untuk ikan dewasa, dan suka berenang bergerombol. Karena dengan tekstur tablet yang padat, akan membuat sukar untuk hancur, pas dimakan bersama – sama sembari menikmati serpihan tablet yang sedikit demi sedikit mulai hancur.

Granule

Bentuk dasar dari granule ini adalah bulat dan sangat padat. Bersifat mudah tenggelam, sehingga cocok untuk ikan hias yang suka berada di dasar air.

Nah Pins, bagaimana? Sudah tahu jenis makanan yang tepat untuk ikan hias peliharaan? Semoga artikel ini dapat membantu Pins ya! Ingat, memelihara hewan juga menuntut komitmen seumur hidup.

Nah, itu saja pins penjelasan mengenai apa makanan ikan yang bisa Anda berikan untuk ikan hias peliharaan di rumah. Semoga bisa memberikan referensi ya Pins.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel