BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Membuat Kolam Koi Minimalis dan Contoh Desainnya
0
0

Cara Membuat Kolam Koi Minimalis dan Contoh Desainnya

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kolam ikan koi minimalistop-right-banner

Sudah sejak dulu ikan koi menjadi primadona bagi para pecinta ikan hias. Bahkan, ikan koi dianggap seabgai simbol pembawa keberuntungan di Jepang, lho. Bagi kamu yang ingin punya ikan koi tapi punya lahan terbatas bisa membuat kolam ikan koi minimalis sebagai solusinya.

Kolam koi minimalis bisa mempercantik tampilan rumah dan membantu menangkal stres. Pasalnya, melihat ikan yang cantik dan berenang dengan tenang terbukti bisa menenangkan pikiran. Walau begitu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat kolam koi mini. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Cara Membuat Kolam Koi Minimalis

Pada dasarnya membuat kolam ikan koi minimalis gampang-gampang susah. Pasalnya, air yang digunakan di dalam kolam harus selalu bersih, seperti mengandung tingkat keasaman yang tepat. Ini bertujuan menjaga kesehatan ikan koi dan tidak mudah mati.

Selain itu, pembangunan kolam ikan koi harus pas dan benar dengan jumlah yang tidak begitu banyak mengingat lahan taman rumah cukup terbatas. Berikut ini beberapa hal yang patut Pins perhatikan ketika membuat kolam koi.

Baca juga: 21 Inspirasi Desain Kolam Taman Minimalis yang Unik dan Eksotis!

Menentukan Lokasi Kolam

Salah satu hal yang patut diperhatikan saat membuat kolam ikan koi adalah menentukan lokasi kolam. Begini, ikan koi harus mendapatkan sinar cahaya matahari yang cukup untuk perkembangannya. Namun, kolam tidak boleh terpapar cahaya matahari terlalu banyak karena bisa membuat air cepat panas. Sementara itu, kolam juga tidak boleh berada di tempat yang terlalu teduh karena bisa menyebabkan kolam lembap.

Jika lokasi kolam dan mendapatkan pencahayaan yang tepat, ikan koi akan tumbuh dan berkembang dengan sehat. Maka dari itu, Pins mungkin bisa meletakkan kolam ikan koi minimalis di depan rumah dengan paparan cahaya yang berlimpah. Bila kolam berada di dalam ruangan, Pins bisa memanfaatkan lampu pijar sebagai pengganti cahaya matahari dan lampu taman.

Merancang Desain Kolam

Dibandingikan desain kolam renang, model kolam koi cenderung sederhana karena terdiri dari tiga bentuk, yaitu lingkaran, persegi, atau bebas. Bagi Pins yang ingin membuat kolam ikan di depan rumah bisa memilih desain kolam berbentuk persegi.

Desain kolam ikan di lahan sempit ini menghemat tempat dan memunculkan kesan lebih formal. Bila Pins memilih rumah dengan desain yang tradisional atau elegan, kolam ikan berbentuk lingkaran bisa jadi pilihan karena menambah sentuhan mewah.

Mendesain Sistem Filtrasi Kolam

Mirip seperti ikan hias lainnya, ikan koi bergantung pada sistem penyaringan kolam. Jika filter bermasalah, semua ikan koi yang ada di kolam bisa mati sia-sia. Sistem penyaringan bertujuan mengatur kadar oksigen di dalam air pada kolam. Ini juga membantu membuang racun dan zat-zat berbahaya di kolam.

Pins bisa memilih salah satu dari dua jenis filter yang biasa dipakai di kolam koi minimalis modern. Pertama, filter biologis yang terbuat dari tanaman untuk mengurai kotoran ikan koi, seperti eceng gondok, tifa, melati air, daun kupu-kupu, atau payung-payungan.

Kedua, filter mekanik yang membantu mengalirkan air ke tempat yang berisi penyaring yang terdiri dari kerikil, pasir, serbut, kapas, saringan sieve, dan japmatt. Pins bisa memilih salah satu atau kedua dari penyaring ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar? Ini Cara Mudahnya!

Mengukur Kolam Koi

Usai merancang dan menentukan desain kolam ikan, kini Pins bisa mulai membangun rumah bagi para koi kesayangan. Pertama, jangan lupa untuk mengukur luas dan kedalaman kolam karena mengusung konsep minimalis. Hindari ukuran kolam yang terlalu lebar.

Ukuran kedalaman kolam beragam, mulai dari 1 hingga 1,5 meter atau lebih, tergantung ukuran ikan koi. Semakin besar ikan, sebaiknya buat kolam semakin dalam.

Menggali Lahan di Taman Rumah

Setelah menentukan ukuran kolam, kamu bisa mulai menggali lahan, mengecor, lalu memasang batu bata. Jika sudah, plester atau buat acian kolam. Pada saat menggali lahan, hati-hati dengan air tanah yang mungkin keluar sebelum kolam mencapai kedalaman yang diinginkan. Jaga agar galian kolam tetap kering untuk memudahkan proses penggalian.

Mengecor dan Memasang Batu Bata

Proses pembangunan kolam ikan koi minimalis bisa dilanjutkan dengan pengecoran dan pemasangan batu bata. Proses ini bisa dilakukan setelah kolam galian benar-benar kering.

Terakhir, lakukan acian untuk menghaluskan permukaan kolam dengna mencampur merguson sebagai pengeras. Selanjutnya, tambahkan epoxy agar kadar alkali di dalam semen bisa berkuran dan lakukan coating agar kolam tidak mudah retak.

Memindahkan Ikan ke dalam Kolam Setelah Satu Minggu

Jika kolam sudah selesai, jangan langsung pindahkan ikan ke dalamnya. Tunggu kira-kira hingga satu minggu agar kadar alkali menurun. Selama itu, Pins bisa menguras kolam setiap hari sembari memberi obat anti jamur dan kutu di dalamnya.

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Lebih Sejuk

Contoh dan Model Kolam Koi Minimalis

Nah, memahami bagaimana cara membuat kolam koi minimalis memang penting. Namun, Pins perlu tahu apa saja model kolam ikan koi yang cocok untuk taman minimalis. Bingung harus membuat desain seperti apa? Simak beberapa inspirasinya di sini, yuk!

Kolam Ikan Koi Persegi Panjang

Salah satu contoh desain kolam minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah adalah kolam berbentuk persegi panjang. Model kolam ikan ini cocok untuk teras rumah yang tidak begitu luas dan bisa menjadi tempat untuk bersantai. Bila perlu, tambahkan tanaman tropis dan air mancur mini agar kolam tampak lebih estetik.

Kolam Ikan Koi Minimalis dengan Tanaman Hias

Jangan hanya terpaku dengan ikan, Pins juga perlu memperhatikan hiasan di sekitar kolam ikan, seperti tanaman hias. Kamu bisa menanam beraneka ragam tanaman hias di dalam pot dan menambah pagar pembatas berwarna putih. Ini akan menciptakan taman rumah yang lebih sejuk dan alami, deh.

Kolam Ikan Minimalis Nuansa Tropis

Pins juga bisa mencoba model kolam ikan koi di lahan yang sempit dengan nuansa tropis. Desain kolam ini bisa kamu kombinasikan dengan air mancur, dek kayu, dan tentu saja berbagai tanaman tropis. Jangan lupa taruh batu alam di sekitaran kolam untuk menambah nilai estetika, ya!

Nah, itu tadi sederet tips membuat kolam ikan koi di hunian minimalis yang bisa Pins coba beserta contoh desain kolam yang bisa jadi inspirasi. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download