Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah dan Langka

Hobi

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah dan Langka

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 June 2021 ∙ 6 menit membaca

Ketika Pins sedang dilanda oleh stres atau penatnya rutinitas harian yang monoton, salah satu pelarian yang sangat cocok untuk Anda adalah berkontak dengan alam. Berkontak dengan alam tidak melulu tentang liburan ke hutan, naik gunung, atau berenang di laut yang jauh. Dengan di rumah Anda tetap dapat menikmati suasana alam, salah satunya dengan memelihara jenis ikan hias air tawar di dalam akuarium. 

Memelihara ikan di rumah dapat menjadi hal yang sangat membantu Anda melepaskan stres dan penat di kepala karena suasana alamnya. Namun, sebelum Pins memutuskan untuk memelihara ikan di rumah, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara di rumah. Mari simak ulasan berikut yang akan membahas tentang jenis ikan hias air tawar terindah dan langka yang dapat menjadi referensi untuk Anda!

Ikan Mas Koki

(Pinterest)

Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias yang dapat Pins temukan dengan mudah. Anda dapat temukan ikan mas koki di pasar ikan hias terdekat. Ikan ini tergolong ikan yang mudah dipelihara lho. Selain populer, ikan ini juga ramah terhadap kebersihan akuarium Anda. 

Karakteristik dari ikan hias ini adalah perutnya yang buncit dan warna kulit yang cerah dengan corak yang cantik. Oleh karena itu ikan ini termasuk ikan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. 

Ikan Guppy

(Pinterest)

Ikan yang satu ini berasal dari Amerika Selatan, lho. Bentuk ikan ini bisa dikatakan layaknya bentuk tubuh wanita yang sedang mengenakan rok. Perawatan ikan guppy sangatlah mudah dan bisa disatukan dengan ikan lainnya. 

Ikan ini termasuk ikan yang paling mudah dalam berkembang biak walaupun berada di dalam air yang kurang bersih. Namun jeleknya dari ikan ini adalah ia bisa memakan anaknya sendiri jika tidak ada tempat bagi anak-anaknya untuk bersembunyi. 

Ikan Cupang

(Pinterest)

Siapa yang tidak tahu lagi dengan ikan hias yang indah satu ini. Kepopulerannya di Indonesia sedang tinggi-tingginya saat ini. Ukuran ikan ini sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh sampai 12,5 cm. 

Ikan cupang memiliki sirip yang lebar dan tipis, ini membuat ikan cupang sering terlempar ke sana ke mari bahkan sampai meloncat keluar akuarium. Untuk pemula, ikan hias ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena metode budidayanya yang cukup mudah. 

Ikan Molly

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan Molly dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin meramaikan akuarium dalam rumah dengan berbagai ikan. Ikan hias ini tergolong ikan yang ramah dan cinta damai sehingga aman untuk didampingkan dengan ikan lain. Selain itu, ikan ini juga dapat beradaptasi di berbagai jenis air, jadi tidak melulu air tawar. 

Ikan Molly memiliki beberapa jenis, diantaranya yang paling populer adalah jenis black molly. Nama tersebut diadaptasi dari warnanya yang hitam sekujur tubuh. Kekurangan dari ikan ini adalah suka memakan anaknya jika tidak ada vegetasi yang tersedia untuk anaknya bersembunyi. 

Ikan Neon Tetra

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan hias ini identik dengan model garis-garis yang berwarna biru dan merah cerah yang cantik. Sungai Amazon, Amerika Selatan adalah kampung halaman ikan cantik satu ini. Sifat dari ikan ini berkoloni atau berkelompok dengan jenisnya yang dapat mempercantik akuarium Anda. 

Ikan neon tetra ini adalah jenis ikan pemakan segala atau biasa disebut omnivora. Jenis ikan neon tetra yang paling sering dijumpai ialah neon blue eyes, black neon, dan fire neon. 

Ikan Zebra

(Pinterest)

Garis-garis kecil yang melintangi tubuh ikan hias cantik ini yang membuat namanya ikan zebra. Seperti ikan neon tetra, ikan zebra juga hidup dengan berkelompok dengan kawanannya. Suhu ruangan yang cocok untuk ikan ini sekitar 21 derajat celcius yang berarti ikan ini tidak suka dengan hangatnya lingkungan tropis. Sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan pemanas akuarium untuk ikan hias satu ini. 

Ikan Gurami Kerdil

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Dwarf gourami adalah ikan yang mudah dalam perawatannya. Bahkan ikan ini juga tidak gampang stres hidup di akuarium ukuran kecil lho. Layaknya ikan cupang, Gurami kerdil dapat menghirup udara atmosfer untuk menambah oksigen dari air. Namun, ikan ini tidak bersifat seagresif seperti ikan cupang. Mereka dapat hidup berdampingan sesama jantan. 

Ikan Arwana Platinum

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan hias satu ini adalah ikan air tawar langka yang paling banyak diminati pecinta ikan hias. Arwana platinum terpilih sebagai ikan hias paling mahal di dunia karena harganya dapat mencapai 5,5 miliar. 

Terdapat teknologi terkini yang menanamkan chip khusus untuk membedakannya dengan ikan yang lain. Ikan hias air tawar ini dapat Anda temukan di perairan Amerika Serikat, Afrika, hingga Asia Tenggara. 

Ikan Discus

(Pinterest)

Ikan hias cantik kali ini identik dengan badannya yang lebar dan warnanya yang mencolok. Untuk memelihara ikan hias ini, Anda perlu memperhatikan suhu akuarium lho. Untuk mendapatkan kondisi hangat dan oksigen yang stabil, Anda dapat mengatur suhu akuarium di sekitar 28-31 celcius. 

Ikan Botia Badut

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan hias selanjutnya adalah ikan yang berukuran kecil dan juga suka hidup berkelompok yang bernama botia badut. Karena ukuran ikan yang kecil, Anda cukup menggunakan akuarium yang kecil. 

Karakteristik ikan ini adalah sisiknya yang tipis. Untuk ukuran ikan kecil ternyata ikan hias ini termasuk ikan yang rakus saat makan lho. Oleh karena itu Anda perlu mengatur dengan baik waktu pemberian makannya. 

Ikan Louhan

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan yang identik dengan kepalanya yang jenong bukan lain adalah ikan louhan. Banyak orang beranggapan ikan ini dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Anda perlu senantiasa memperhatikan filter air bekerja maksimal dan menggunakan ukuran akuarium yang sesuai dengan ukuran ikan hias ini. 

Ikan Pedang

(Hewanee)

Seperti namanya, ikan pedang berkarakteristik dengan buntutnya yang panjang dan lancip menyerupai pedang. Ikan ini memiliki masa hidup yang relatif panjang dan sangat populer.  Ikan ini juga ikan yang tergolong pasif dan cinta damai. Jika ingin memelihara ikan ini Anda perlu memperhatikan tingkat pH air di angka 7-8. 

Ikan Komet

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Ikan hias ini memiliki warna yang sangat cantik. Bentuk sirip dan ekornya yang menyerupai slayer membuat ikan ini juga kerap disebut dengan ikan slayer. Tubuh ikan ini ramping dengan warna kulit yang perak mengkilap sangat disukai pecinta ikan hias. Harga ikan ini juga masih terjangkau mulai di harga Rp 5.000 sampai puluhan ribu saja. 

Ikan Lemon

(Hewan Air Info)

Warna terang seperti buah lemon membuat ikan ini dinamai ikan lemon. Karakteristik cantik dengan warna kuning terang dan dipadu dengan warna hitam pada siripnya. Ikan ini juga favorit para pecinta ikan hias dan kerap diburu. Anda perlu berhati-hati karena ikan ini bersifat agresif. 

Ikan Platy

jenis ikan hias air tawar
(Pinterest)

Jenis ikan hias ini memiliki tubuh yang mungil. Sifatnya yang cinta damai menjadikan ikan ini cocok untuk memeriahkan akuarium rumah yang dipadu dengan ikan lainnya. Ikan hias cantik ini juga dapat beradaptasi dengan mudah dengan lingkungan baru dan cukup tahan terhadap penyakit lho. Harga ikan platy sangat murah, cukup dengan Rp 1.000 Anda sudah bisa mendapatkannya di pasar ikan. 

Itulah ikan hias air tawar yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menghiasi akuarium di rumah Anda. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Untuk Di Aquarium


Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen 

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel