BlogLifestyleEdukasiCara Membuat Hiasan Aquarium dari Batu yang Unik dan Menarik
0
0

Cara Membuat Hiasan Aquarium dari Batu yang Unik dan Menarik

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
discus fish, fish, aquarium-1943755.jpgtop-right-banner

Salah satu cara membuat suasana hunian kian nyaman adalah penambahan dekorasi menarik di dalamnya. Gemercik air pembawa ketenangan yang berasal dari aquarium bisa menjadi pilihan. Apalagi untuk kamu pecinta ikan hias, kamu pasti ingin membuat aquarium terlihat menarik untuk dipandang. Cara membuat hiasan aquarium dari batu seperti yang tersaji di bawah ini juga bisa dijadikan ide menarik untuk aquarium kesayanganmu.

Pinhome – Selain mengoleksi tanaman hias, kini ikan hias pun juga menjadi hobi baru di masa pandemi. Kamu yang senang melihat hewan air berwarna-warni menarik tersaji di dalam rumah, dapat membuat mood saat berada di rumah kian nyaman. Hewan satu ini juga memiliki ragam jenis spesies yang dapat disesuaikan dengan apa yang kamu suka. Namun, bagaimana cara membuat hiasan aquarium batu yang unik secara mandiri? Ini akan membuat aquarium mu berbeda dari yang lain.

Baca Juga: Ingin Rumah Tampak Unik? Yuk, Lihat Beberapa Desain Akuarium Untuk Rumahmu!

Source : freepik

Pinhome akan membantu Pins dalam menemukan ide menarik hiasan aquarium yang dapat kamu buat sendiri. Salah satu contohnya adalah dari batu. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak yuk pada ulasan terlampir. 

Baca Juga: Kamu Pecinta Ikan Hias? Bikin Akuarium Unik Di Rumah, Yuk!

Bahan yang Perlu Dipersiapkan

Cara menghias aquarium sendiri sebenarnya tidak terlepas dari kreativitas penghuni. Kamu bisa menambahkan banyak hiasan sesuai selera. Dengan budget terbatas, kamu pun dapat mewujudkan aquarium yang indah layaknya yang berada di tempat komersil. Sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu yuk peralatannya.

  • Batu sungai atau batu apapun yang bisa kamu temukan di dekat sungai atau pantai
  • Semen
  • Korek api
  • Tang
  • Pasir
  • Kardus
  • Kuas
  • Wadah
  • Cat tembok/ cat semprot
  • Cat dasar warna hitam
  • Air secukupnya
  • Rumput hias plastik

Langkah-Langkah Membuat Hiasan Aquarium Batu

Untuk cara membuat hiasan aquarium dari batu setelah mempersiapkan semua bahan, kini saatnya kamu memulainya. Kamu bisa mengkreasikan nya sesuai dengan keinginan tidak harus sama persis ya!

Source : youtube/kreatiftujuh

  • Pertama, ambil sikat bekas yang sebelumnya telah disebutkan dengan gagang sikat yang cenderung panjang dan potong perlahan pada bagian ujung sikat menggunakan benda tajam yang tersedia di rumah.
Source : youtube/kreatiftujuh
  • Selanjutnya, bila bagian bulu sikat sudah tidak ada, kamu bisa mengambil korek api, nyalakan dan arahkan pada bagian ujung yang sudah kamu potong sebelumnya. Coba kamu bentuk layaknya sebuah spiral dengan menggunakan tang. Korek api berguna untuk melembutkan bahan plastik agar dapat dibentuk sesuai keinginan. 
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Siapkan kardus bekas ukuran kecil, masukan pasir halus ke dalamnya dan padatkan.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Ambil gagang sikat yang sudah kamu bentuk tajam seperti spiral, masukan ujung nya ke pasir membentuk lingkaran dengan lubang sebanyak lima sisi seperti pada contoh. Kamu bisa menambahkan lubang lagi dengan kedalaman sedang atau sedikit sebagai kreasi.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Buat adonan semen pada wadah yang disediakan, tambahkan semen untuk menutupi semua lubang, dan diamkan. Jangan lupa Pins ratakan ya!
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Cara menghias aquarium dengan batu buatan sendiri ini lebih menantang dan dapat mengisi kekosonganmu saat di rumah. Cocok sekali untuk kamu yang ingin membuat aquarium unik yang tidak ada duanya. Nah, setelah kamu mendiamkan semen semalaman hingga kering, kini saatnya membongkar hasil karya.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Kamu akan menemukan bentuk terumbu karang cantik dari hasil semen tersebut. 
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Siapkan kuas bersih, untuk membuang pasir-pasir yang mengelilingi terumbu karang hingga bersih dan setelahnya siram dengan air mengalir.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Setelahnya siapkan cat dasar warna hitam, aplikasikan pada seluruh permukaan batu karang milikmu dan diamkan hingga mengering.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Kini saatnya kreativitasmu diuji, mewarnai terumbu karang buatan bisa kamu sesuaikan dengan warna kesukaanmu. Usahakan untuk mencampurkan beberapa warna agar terumbu karang buatanmu kian menarik.
Source : youtube/kreatiftujuh

  • Bila cat sudah diaplikasikan sesuai dengan warna yang kamu inginkan, maka kini saatnya menata dalam aquarium, tambahkan beberapa ornamen plastik buatan, batu-batu kerikil dan hiasan aquarium batu mu sudah dapat menghiasi aquarium hunian.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menghias Aquarium

  • Pemilihan Bahan, menjadi hal yang cukup penting dalam proses menghias aquarium. Kamu harus banyak mencari informasi, bahan apa yang baik dan aman untuk kelangsungan hidup hewan di dalamnya. Hindari pemakaian hiasan berlebih karena akan merusak kualitas dari air aquarium itu sendiri.
  • Sesuaikan Dengan Budget dan Ukuran Aquarium, tidak perlu berlebihan, sesuaikan dengan dana yang telah dipersiapkan dan tetap memikirkan bagaimana ikan-ikan bisa leluasa hidup di dalamnya. Bila kamu mempunyai aquarium dengan ukuran besar, kamu bisa menambahkan hiasan-hiasan besar rumit di dalamnya. Namun, bila ukuran aquarium terbatas, ada baiknya kamu menyesuaikan pemakaian hiasan di dalamnya.
  • Lakukan Perawatan Maksimal, ikan yang merupakan makhluk hidup juga perlu dirawat, diberi makan dan tempat tinggal kayak. Dengan adanya hal tersebut, usahakan untuk melakukan pembersihan aquarium secara berkala dan menyeluruh.
  • Ganti Baru bila Sudah Tidak Layak Pakai, hal ini juga yang terkadang dilupakan para penghuni yang memiliki aquarium. Bila hiasan di dalamnya sudah tidak layak pakai, seperti berlumut dan sulit dibersihkan. Ada baiknya Pins ganti dengan yang baru. Selalu siapkan budget setiap bulannya untuk pengeluaran tak terduga ya!

Itulah cara membuat hiasan aquarium dari batu yang dapat kamu contoh. Kreasikan kembali sesuai dengan kreativitasmu untuk membentuk batu karang yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Aquascape, Alternatif Desain Akuarium Unik untuk Relaksasi Mata


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download