Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Jenis Ikan Hias Aquarium yang Mudah Dirawat untuk Mempercantik Rumah

Hobi

Jenis Ikan Hias Aquarium yang Mudah Dirawat untuk Mempercantik Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Ikan hias aquarium sekarang diburu banyak kalangan. Bukan tanpa alasan, selama pandemi Covid-19, banyak yang memiliki hobi baru untuk mengisi waktu selama di rumah saja. Memelihara ikan hias termasuk salah satunya yang juga digandrungi. Bagaimana tidak, kecantikan ikan hias memang mampu membuat sudut ruang di rumah yang kosong menjadi lebih hidup dan indah dipandang mata. Selain fungsi estetika, memelihara ikan hias aquarium juga memiliki dampak baik untuk psikis.

Pinhome – Melansir dari berbagai sumber, hobi memelihara ikan hias dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan terhindar dari stres. Efek baik lainnya yaitu dapat menjadikan diri lebih kreatif, fokus, bahkan dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

Baca Juga: 7 Tips Bagaimana Cara Merawat Hewan Peliharaan Khususnya Kucing Dan Anjing

Efek baiknya memang tak main-main. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin memiliki ikan aquarium di rumah? Nah, berikut ini Pinhome rangkum beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum akhirnya mantap menekuni hobi memelihara ikan hias.

Persiapan memelihara ikan aquarium

(Liputan6)

Supaya ikan tetap indah dan juga sehat, persiapan memelihara ikan hias menjadi hal yang paling krusial. Ini dia hal pertama yang bisa Pins lakukan:

Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Trucukan Hasil Tangkapan Alam

  • Memilih ikan hias

Sebagai pemula, mungkin saat melihat ikan hias yang sudah dipelihara tumbuh sehat, maka Pins akan mencoba menambah koleksi jenis ikan lain. Supaya pengetahuan tentang ikan hias bertambah, sebaiknya Pins mencatat baik-baik cara memilih ikan hias yang jitu. Untuk seorang pemula, sangat cocok untuk memilih jenis ikan hias air tawar yang bisa bertahan hidup tanpa bantuan oksigen tambahan dan dapat mengonsumsi jenis pakan pelet.

Baca Juga: Kolam Ikan Dengan Konsep Aquascape Sederhana Untuk Mempercantik Ruangan

  • Memastikan kondisi akuarium

Bukan sembarang mengisi akuarium menggunakan air. Pins juga wajib memastikan bahwa akuarium laik untuk digunakan sebagai tempat tinggal ikan hias kelak. Lakukan desinfeksi akuarium menggunakan klorin, setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan.

  • Proses adaptasi ikan hias

Melansir dari beragam sumber, proses adaptasi ikan hias dengan lingkungan baru ini juga disebut dengan aklimatisasi. Seperti halnya manusia yang butuh penyesuaian ketika berpindah tempat di sebuah lingkungan baru, ikan hias pun demikian, Pins. Proses adaptasi ikan hias ini setidaknya memakan waktu 30 menit. Caranya sangat mudah, Pins cukup memasukkan kantong plastik berisi ikan hias ke dalam akuarium yang sudah diisi air, setelah 30 menit, lepaskan ikan perlahan-lahan.

  • Kualitas air dalam akuarium

Tak dipungkiri bahwa setiap jenis ikan hias memiliki proses adaptasi yang berbeda, termasuk penyesuaian dengan kualitas air. Perlu diperhatikan juga tingkat keasaman atau pH, oksigen, suhu air yang tepat untuk ikan hias. Idealnya, akuarium dipasang aerator untuk sirkulasi yang optimal.

  • Memilih jenis pakan ikan

Pemilihan pakan ikan ini bisa bergantung pada ukuran ikan hias itu sendiri, Pins. Selain memilih jenis pakan ikan hias, Pins juga wajib memperhatikan takaran pakan. Jangan terlalu berlebihan memberikan makanan karena dapat menurunkan kualitas air pada akuarium.

  • Memantau kondisi ikan hias

Jika perkara jenis ikan, kondisi akuarium, kualitas air, adaptasi ikan hias, dan pemilihan pakan sudah selesai, kini saatnya memantau kondisi kesehatan ikan hias, Pins. Pantau nafsu makannya, jika ikan hias tidak makan banyak seperti biasanya, maka bisa menjadi salah satu petanda ia sedang sakit. Apabila menemui salah satu ikan dalam kondisi tidak prima, sebaiknya segera pisahkan di tangki yang berbeda.

Tahapan memilih jenis ikan hias menjadi salah satu hal yang mungkin akan membuat Pins membutuhkan waktu cukup lama untuk menimbang-nimbang dan mencari tahu karakter ikan yang dipilih. Untuk itu, kenali lebih jauh yuk beberapa ikan hias dan namanya.

Ikan hias aquarium

Supaya mempermudah ketika akan memilih ikan hias, sebaiknya Pins membekali diri dengan mencari tahu ragam ikan hias aquarium, pasalnya varietasnya sangat banyak, Pins. Ini dia beberapa ikan hias dan namanya yang bisa dijadikan pedoman sebelum membeli.

Ikan Guppy

(Rupa rupa)

Jenis ikan hias guppy ini memang sekilas mirip dengan ikan cupang. Ikan guppy memiliki ekor panjang dan sirip yang indah. Warnanya pun sangat mempesona. Nama ikan hias ini juga dikenal dengan sebutan Poecilia reticulata.

Ikan Goldfish

(Tokopedia)

Nama ikan hias Goldfish pun akrab di telinga dengan sebutan mas koki. Ikan dengan nama latin Carassius auratus ini identik dengan bentuknya yang bulat menggemaskan, warnanya cenderung kuning keemasan atau putih bintik hitam. Sirip serta ekor ganda juga semakin membuatnya indah di pandang mata.

Ikan Glassfish

(Bukalapak)

Seperti namanya, glassfish merupakan ikan kaca yang berbentuk mungil dan tubuhnya juga  terlihat transparan laiknya kaca. Siapa sangka di balik keunikannya tersebut, tubuh tembus pandang yang dimiliki glassfish sebetulnya berfungsi untuk menghindari serangan predator.

Ikan Cupang

(Kompas)

Ikan cupang memang tak pernah lekang oleh zaman untuk dipelihara sebagai koleksi ikan hias di rumah. Ikan yang memiliki nama latin Betta ini bahkan belakangan harganya melambung tinggi di pasaran. Jangan heran, pasalnya kecantikan ikan ini memang tak ada duanya. Jenis warna yang mempesona, sirip dan ekor yang indah menjadi nilai tambah tersendiri untuk ikan cupang.

Ikan Molly

(PintarPet)

Jenis ikan hias selanjutnya yaitu ikan molly. Ikan molly memiliki 12 jenis yang telah dikembangkan dengan pilihan warna dan ukuran yang berbeda. Tak hanya ramah di kantong, perawatan ikan molly juga tergolong tidak terlalu menyita waktu dan tenaga, Pins.

Nah, itu dia beberapa ikan aquarium dan sejumlah fakta terkait persiapan memulai hobi memelihara ikan hias di rumah. Selamat menekuni hobi baru, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel