15 Kelebihan dan Kekurangan Keramik Dinding yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Keramik tampil tidak sebatas digunakan pada lantai. Perkembangan teknologi membuat keramik dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding dengan berbagai kelebihan seperti kokoh, ragam desain dan corak yang beragam sampai dengan pengaplikasiannya yang mudah. 

Di pasaran berbagai macam keramik untuk pelapis dinding banyak ditawarkan dengan harga yang cukup menggiurkan. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka sebaiknya disesuaikan berdasar kebutuhan kamu.

Sebelum memasang keramik dinding rumah, cek dulu beberapa kelebihan dan kekurangan keramik dinding, yuk! Simak selengkapnya di ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Jenis-Jenis Plafon Hollow, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menghitungnya

Kelebihan Keramik Dinding

Keramik dinding memiliki beberapa kelebihan jika digunakan dengan tepat. Beberapa diantaranya adalah:

Tahan Lama

Biasanya, keramik dinding dibuat dari tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi, sekitar 1,200 derajat celcius. Hal ini membuat keramik dinding lebih kuat dan tahan lama. Cocok digunakan pada area-area yang berpotensi basah seperti kamar mandi dan dapur.

Keramik dinding lebih baik digunakan daripada cat dinding atau wallpaper yang lebih rentan untuk terkelupas karena waktu, suhu, dan kelembaban sehingga berpotensi tumbuh jamur.

Mudah Untuk Dibersihkan

(Fantastic Services)

Keramik dinding memiliki permukaan yang licin sehingga mudah dibersihkan, mirip dengan metode untuk membersihkan lantai. 

Jika kotor, kamu cukup membersihkan dinding dengan menggunakan kain basah yang diberikan sabun pembersih lantai atau bahkan cukup dengan sabun cuci piring.

Ragam Motif dan Corak yang Banyak

(Pinterest)

Hadirkan suasana ruangan yang lebih hidup dan berwarna dengan menggunakan keramik dinding. Selain harganya yang murah dan bentuknya yang minimalis, keramik dinding hadir dalam berbagai macam motif dan corak yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan, lho!

Keramik juga dapat digunakan sebagai dekorasi dan aksen pada ruangan karena motifnya yang unik. Dijamin ruangan akan tampak lebih keren dan indah.

Porositas yang Rendah

Keramik memiliki porositas akan air yang rendah, sementara itu, keramik laminasi memiliki lapisan pelindung tambahan sehingga akan meningkatkan daya serap air, dan lebih tahan terhadap noda sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Harga Terjangkau

Dibandingkan jenis keramik lainnya seperti marmer atau granit, keramik juga tidak kalah eksis dan tetap bisa menghadirkan kemewahan di rumah kamu juga jika didesain dengan tepat. Selain itu, keramik dinding memiliki harga yang lebih rendah, pemasangan mudah, dan fleksibel sehingga dapat digunakan untuk apa saja. Hal ini yang membuat keramik sering menjadi pilihan pertama ketika memutuskan untuk membeli penutup dinding atau lantai.

Tidak Perlu Mengaci Tembok

Pemasangan keramik dinding juga sangat mudah. Kamu tidak perlu menghaluskan dinding dengan semen atau acian lagi.

Ramah Lingkungan

Keramik dibuat dengan proses yang ramah lingkungan karena dibuat melalui pembakaran tanah liat. Pembakaran pun tidak menghasilkan gas atau asap yang beracun sehingga sangat aman untuk digunakan di dalam ruangan.

Baca juga: 30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Kekurangan Keramik Dinding

Sebelum mempertimbangkan untuk menggunakan keramik dinding, cek terlebih dahulu kekurangannya. Beberapa diantaranya adalah:

Beberapa Jenis Keramik Lebih Mahal

Perlu diperhatikan, keramik akan digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kualitas keramik yang dipilih haruslah bagus dan berkualitas. Sayangnya, harga keramik sangat berbanding dengan kualitas. Semakin baik kualitasnya, maka akan semakin besar pula biayanya.

Perhatikan terlebih dahulu kebutuhan rumah dan perencanaan budget kamu, ya!

Memerlukan Waktu yang Lama untuk Dipesan

Salah satu kelemahan keramik dinding adalah kamu memerlukan waktu yang lama untuk memesannya. Apalagi jika kamu memakai sebuah merek tertentu. Biasanya, desain dan motif dari keramik akan mengikuti trend dan permintaan pasar, jadi besar kemungkinan bahwa desain yang sama tidak akan ada di masa yang akan mendatang.

Oleh sebab itu, sebaiknya rencanakan matang-matang jika kamu ingin menggunakan keramik dengan corak yang unik dan jarang. Meskipun indah, mendapatkan keramik tersebut memerlukan perjuangan yang besar juga, lho!

Pemasangan yang Sulit

(Bob Villa)

Keramik dapat berfungsi sebagai dekorasi dan aksen dari sebuah ruangan sehingga akan tampak lebih indah. Namun, jika pemasangan keramik tidak tepat, justru akan tampak berantakan dan tidak rapi.

Jika kamu merasa tidak bisa memasang keramik dinding seorang diri, maka panggil tenaga ahli seperti tukang bangunan yang lebih berpengalaman, Terlebih lagi jika kamu menggunakan desain mozaik, tentu akan diperlukan konsentrasi dan presisi tinggi agar bisa menghasilkan desain yang diinginkan.

Perlu diingat, sekali keramik sudah dipasang, maka sifatnya akan permanen. Jika salah satunya rusak atau pecah, maka kamu harus membongkar semua keramik yang sudah terpasang. Hal ini tentunya akan sangat merepotkan karena bisa saja stok keramik yg sama sudah tidak dipasarkan lagi.

Licin

Keramik, terutama keramik laminasi, memiliki daya serap yang rendah. Oleh sebab itu, keramik satu ini bersifat licin. Hal ini bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh dan terpeleset karena licinnya lantai.

Perawatan yang Rumit

(Freepik)

Meskipun memiliki lapisan yang licin serta pori-pori kecil, beberapa model keramik yang memiliki gurat terkadang bisa sangat sulit dibersihkan. Dalam guratan itulah tumbuh jamur dan kotoran yang membandel sehingga akan merusak tampilan dari keramik itu sendiri.

Jika keramik kotor, maka akan sangat terlihat. Hal ini tentu akan mengganggu keindahan ruang dan membuat ruangan menjadi lebih kusam dan kotor.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan keramik dinding yang bisa kamu jadikan pertimbangan jika akan menggunakan keramik dinding, Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Solusi Jika Dinding Rumah Retak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia