Pinhome

Uncategorized

Cara Menghilangkan Noda pada Marmer

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Marmer merupakan jenis bebatuan kristalin kasar yang asalnya dari batu kapur atau dolomit. Marmer yang murni biasanya memiliki warna yang putih, terutama disusun oleh mineral kalsit. Batu marmer sering digunakan untuk menghiasi rumah, seperti digunakan untuk lantai, dinding atau sebagai furniture seperti meja, kursi dan lainnya. Batu marmer sangat diminati untuk menghias rumah karena memiliki tampilan yang indah dan terlihat mewah. Batu marmer memiliki pori-pori yang besar dan apabila terkena tumpahan cairan warna akan terserap dan meninggalkan bekas warna tersebut, sehingga akan mengurangi keindahan dari batu marmer itu sendiri.

Apabila tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada batu marmer Anda, sebaiknya jika batu marmer terkena cairan berwarna segeralah membersihkannya sebelum cairan warna tersebut masuk ke dalam pori-pori marmer. Sebelumnya perhatikan juga cairan pembersih yang akan Anda gunakan untuk membersihkan batu marmer, karena jika menggunakan cairan pembersih yang terlalu keras permukaan batu marmer Anda akan mudah rusak. Berikut ini tips yang tepat untuk membersihkan batu marmer Anda adalah dengan cara:

Cairan Pembersih yang Lembut

Batu marmer menggunakan material yang berbeda dari batu lainnya, karenanya marmer akan lebih mudah rusak apabila menggunakan produk pembersih biasa atau yang keras. Maka Anda harus berhati-hati dalam menggunakan cairan pemutih untuk membersihkan batu marmer.

Sebaiknya untuk membersihkan noda pada marmer gunakanlah cairan pembersih yang lebih lembut, namun sebelum membersihkannya pada area marmer yang lebar, lebih baik cobalah pada bagian marmer yang kecil untuk melihat bagaimana reaksi cairan pembersih tersebut terhadap permukaan marmer. Selain dapat membersihkan marmer Anda dengan baik, menggunakan cairan pembersih yang lembut akan membuat batu marmer awet dan tidak mudah rusak.

menghilangkan noda marmer
menghilangkan noda marmer

Sabun Pencuci Piring

Anda juga dapat menggunakan sabun pencuci piring cair untuk membersihkan batu marmer dari noda. Caranya sangat mudah dilakukan, tuangkan sedikit sabun pencuci piring cair pada selembar kain microfiber kemudian basahi kain dengan sedikit air dingin dan usap secara lembut pada permukaan marmer yang terkena noda dengan mengikuti arah dari serat marmer sampai noda di marmer hilang. Jangan mencoba untuk mengusap marmer dengan gerakan melingkar, karena akan dapat merusak permukaan batu marmer.

Cairan Pemutih Pakaian

Cairan dari pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk membersikan marmer. Tuangkan beberapa tetes dari cairan pemutih pakaian ke permukaan marmer yang terkena noda lalu tutup dengan tissue yang juga sudah diberi cairan pemutih kemudian rekatkan menggunakan lakban. Tunggu sampai noda pindah ke tissu dan bersihkan lagi menggunakan sabun cair.

Itulah ulasan tips untuk menghilangkan noda pada batu marmer Anda, semoga dapat membantu.

Tags :

Bagikan Artikel