BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
0
0

9 Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Membersihkan noda di dindingtop-right-banner

Dinding rumah adalah bagian rumah yang paling terekspose. Baik dari segi tampilan maupun kontak dengan benda serta lingkungan bahkan cuaca, dinding rumah jelas adalah bagian yang paling kentara bila kotor.  Oleh karena itu kamu harus tahu cara mudah membersihkan noda di dinding.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk menangulangi dinding rumah yang kotor tentu saja menganti dengan cat baru. Alih-alih menjadikan dinding tampak lebih indah, menganti cat tentu menjadikan pemikiran tambahan dalam hal pengeluaran untuk membeli bahan serta segala hal yang terkait dengannya.

Oleh karena itu mencari cara untuk membersihkan noda di dinding bisa jadi alternatif lain. Artikel kali ini hadirkan ulasan singkatnya.

Baca juga:

Ketahui Tipe Cat Dinding Yang Terkena Noda

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Pixabay

Setiap jenis cat dinding dibuat untuk keperluan yang berbeda, baik untuk dalam maupun luar ruangan. Ada setidaknya empat tipe cat dinding, masing-masing perlu perlakuan tersendiri sebagai solusi untuk menghilangkan noda.

  • Cat tipe eggshel misalnya, cat ini punya tekstur layaknya kulit telur, cat ini mudah dibersihakan biasa dipakai untuk ruang tamu atau ruang keluarga.
  • Sementara tipe cat matte atau doff yang daya resapnya tinggi bisa jadi solusi untuk luar ruangan tipe cat ini juga mudah dibersihkan.
  • Selain dua tipe cat tersebut masih ada tipe cat satin yang menempel namun tak memberikan efek kilap, namun demikian cat ini mudah dibersihkan. Cat dengan tipe satin sangat cocok untuk kamar tidur.
  • Sementara itu masih ada tipe cat glossy yang memberikan efek kilauan pada permukaan dinding yang dicat menggunakan tipe ini, karena untuk luar ruangan cat ini memang sangat mudah untuk dibersihakan namun sedikit tidak pas untuk penggunaan indoor.

Baca juga:

Ketahui Kapan Noda Tersebut Ada

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Kompas

Tak semua jenis noda bisa dibersihkan dengan mudah. Jenis noda yang menempel pada dinding serta luasan permukaan yang terkena juga perlu untuk diperhatikan. Ini tentu untuk menentukan cara serta larutan pembersih yang pas.

Beberapa noda seperti noda bekas makanan akan sangat mudah dibersihkan bila baru saja terjadi. Sementara untuk beberapa noda seperti coretan pulpen atau spidol akan sangat susah untuk dibersihkan. Salah satu larutan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan adalah campuran maizena dan baking soda

Ketelatenan sangat diperlukan dalam proses membersihkan noda di dinding. Tak jarang ada noda yang membandel dan sangat  susah untuk dibersihkan. Sementara beberapa jenis noda bahkan bisa dibersihkan dengan larutan pencuci piring biasa.

Manfaatkan Pasta Gigi

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Kompas

Cara mudah membersihkan noda di dinding yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan noda di tembok. Selain bermanfaat untuk merawat gigi Pins, pasta gigi ternyata dapat digunakan untuk membersihkan noda dari krayon pada dinding rumah.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap bersih, kemudian mengusapkan lap tersebut pada noda di tembok.

Setelah noda luntur, gunakan kain lap basah lainnya untuk membersihkan noda tersebut.

Coba dengan Lemon

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Kumparan

Buah lemon adalah cara alternatif yang dapat digunakan untuk membersihkan tembok dari noda dengan bahan rumahan. Buah lemon dikenal sebagai bahan pembersih alami yang ampuh.

Salah satu manfaat buah lemon adalah dapat mengangkat kotoran-kotoran membandel pada dinding rumah. Cara menggunakannya adalah dengan memotong buah lemon secara melintang menjadi dua bagian. Kemudian Pins gosokkan daging buah lemon ke permukaan dinding yang terkena noda hingga bersih seperti semula. .

Pakai Bedak Bayi

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Liputan6

Bedak bayi juga dapat digunakan oleh kamu sebagai cara untuk menghilangkan noda pada tembok. Cara menggunakannya adalah dengan mengusapkan bedak bayi ke permukaan dinding yang kotor dengan tangan.

Baca juga:

Manfaatkan Baking Powder

Source : Merdeka

Baking powder dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih untuk menghilangkan noda pada dinding. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking powder dengan air bersih secukupnya, kemudian mengoleskan campuran tersebut ke permukaan dinding yang kotor.

Gosok perlahan-lahan noda di dinding dengan menggunakan kain lap sampai noda yang membandel itu sirna.

Menggunakan Cuka ke Dinding

Cuka juga dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan dinding. Cuka memiliki kandungan alami yang dapat mengangkat kotoran membandel pada dinding rumah.

Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan cuka secukupnya pada kapas bersih, kemudian Pins usapkan kapas pada tembok rumah yang bernoda hingga bersih. Dinding rumah akan tampak memesona kembali setelah dibersihkan dengan cuka.

Pakai Alkohol

Source : Pikiran Rakyat

Cairan alkohol juga dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan tembok yang kotor. Alkohol merupakan cairan pembersih ser baguna. Cara menggunakannya adalah dengan mentuangkan alkohol ke kapas yang bersih, kemudian mengusapkan kapas tersebut pada noda yang ada pada tembok.

Sebaiknya Pins menggunakan gerakan memutar agar proses pembersihan noda dapat berlangsung lebih cepat. Noda pun akan hilang seketika.

Coba Alternatif dengan Mayonaise

Source : Pinhome

Mayonaise juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan noda di tembok. Mayonaise memiliki tekstur yang lengket dan aroma yang dapat digunakan sebagai alat pembersih.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan mayonaise ke permukaan kotoran, kemudian menunggu beberapa saat hingga mayonaise meresap ke dalam kotoran. Setelah itu, Pins gosok dengan kain lap bersih sampai kotoran tersebut hilang.

Semua cara yang disebutkan di atas dapat digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan noda di tembok tanpa harus menggunakan bahan kimia yang keras. Namun, selalu ingat untuk melihat jenis noda dan lama nodanya menempel ya Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Citraland Driyorejo CBD dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download