BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Mudah Membersihkan Noda di Dinding Tanpa Merusak Cat
0
0

Cara Mudah Membersihkan Noda di Dinding Tanpa Merusak Cat

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 3, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Membersihkan noda di dindingtop-right-banner

Dinding rumah adalah bagian rumah yang paling terekspose. Baik dari segi tampilan maupun kontak dengan benda serta lingkungan bahkan cuaca, dinding rumah jelas adalah bagian yang paling kentara bila kotor.  Oleh karena itu kamu harus tahu cara mudah membersihkan noda di dinding.

Namun sebelum itu, ketahui pula informasi seputar Program KPR Bank lewat aplikasi Pinhome. Pins dapat pula memperoleh informasi seputar properti di dekat DMall, rumah di Solo, sewa rumah di Sumedang hingga ketersediaan unit di M Square Cibaduyut.

Cara Membersihkan Noda di Dinding Tanpa Merusak

Salah satu hal yang paling sering dilakukan untuk menanggulangi dinding rumah yang kotor tentu saja dengan mengecat dinding kembali. Alih-alih menjadikan dinding tampak lebih indah, mengganti cat tentu menjadikan pemikiran tambahan dalam hal pengeluaran untuk membeli bahan serta segala hal yang terkait dengannya.

Oleh karena itu mencari cara untuk membersihkan noda di dinding bisa jadi alternatif lain. Berikut beberapa tips yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi noda di dinding:

1. Pahamu Dulu Tipe Cat Dinding Yang Terkena Noda

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Pixabay

Setiap jenis cat dinding dibuat untuk keperluan yang berbeda, baik untuk dalam maupun luar ruangan. Ada setidaknya empat tipe cat dasar tembok terbaik, masing-masing perlu perlakuan tersendiri sebagai solusi untuk menghilangkan noda.

  • Cat tipe eggshel misalnya punya tekstur layaknya kulit telur. Cat ini mudah dibersihkan dan biasa dipakai untuk ruang tamu atau ruang keluarga.
  • Sementara tipe cat matte atau doff yang daya resapnya tinggi bisa jadi solusi untuk luar ruangan karena tipe cat ini juga mudah dibersihkan.
  • Selain dua tipe cat tersebut masih ada tipe cat satin yang menempel namun tak memberikan efek kilap. Cat dengan tipe satin sangat cocok untuk kamar tidur.
  • Sementara itu masih ada tipe cat glossy yang memberikan efek kilauan pada permukaan dinding dan sering digunakan untuk luar ruangan daripada penggunaan indoor.

Baca juga:

2. Ketahui Kapan Noda Tersebut Ada

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Kompas

Tak semua jenis noda bisa dibersihkan dengan mudah. Jenis noda yang menempel pada dinding serta luasan permukaan yang terkena juga perlu untuk diperhatikan. Tujuannya untuk menentukan cara serta larutan pembersih yang pas.

Beberapa noda seperti noda bekas makanan akan sangat mudah dibersihkan bila baru saja terjadi. Sementara untuk beberapa noda seperti coretan pulpen atau spidol akan sangat susah untuk dibersihkan. Salah satu larutan yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan adalah campuran maizena dan baking soda

Campurkan kedua bahan tadi dengan ditambah sedikit air kemudian celupkan spon ke dalam bahan ini. Setelah itu gosok ke bagian dinding bernoda hingga kotorannya memudar.

Setelah itu biarkan dinding mengering dengan dikipasi atau dibiarkan begitu saja. Cara membersihkan sofa dengan baking soda juga bisa kamu gunakan jika timbul coretan di perabotan tersebut.

3. Manfaatkan Pasta Gigi

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Kompas

Cara mudah membersihkan noda di dinding selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan pasta gigi. Selain bermanfaat untuk merawat gigi Pins, pasta gigi ternyata dapat digunakan untuk membersihkan noda dari krayon pada dinding rumah.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap bersih, kemudian mengusapkan lap tersebut pada noda di tembok. Setelah noda luntur, gunakan kain lap basah lainnya untuk membersihkan noda tersebut.

4. Bersihkan dengan Lemon

Source : Kumparan

Buah lemon adalah bahan alternatif yang dapat digunakan untuk membersihkan tembok dari noda dengan bahan rumahan. Buah lemon dikenal sebagai bahan pembersih alami yang ampuh.

Cara menggunakannya adalah dengan memotong buah lemon secara melintang menjadi dua bagian. Kemudian Pins gosokkan daging buah lemon ke permukaan dinding yang terkena noda hingga bersih seperti semula.

5. Pakai Bedak Bayi

Cara Mudah Membersihkan Noda Di Dinding
Source : Liputan6

Bedak bayi juga dapat digunakan oleh kamu sebagai cara untuk menghilangkan noda pada tembok. Langkah membersihkan tembok kotor dengan bedak adalah dengan mengusapkan bedak bayi ke permukaan dinding yang kotor dengan tangan. Gosok perlahan dengan gerakan searah hingga noda menghilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Kayu

    6. Manfaatkan Baking Powder

    Source : Merdeka

    Baking powder dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih untuk menghilangkan noda pada dinding. Campurkan baking powder dengan air bersih secukupnya, kemudian mengoleskan campuran tersebut ke permukaan dinding yang kotor. Gosok perlahan-lahan noda di dinding dengan menggunakan kain lap sampai noda yang membandel itu sirna.

    7. Menggunakan Cuka ke Dinding

    Source : Kompas

    Cuka memiliki kandungan alami yang dapat mengangkat kotoran membandel pada dinding rumah. Tuangkan cuka secukupnya pada kapas bersih, kemudian Pins usapkan kapas pada tembok rumah yang bernoda hingga bersih. Dinding rumah akan tampak memesona kembali setelah dibersihkan dengan cuka.

    8. Pakai Alkohol

    Source : Pikiran Rakyat

    Cairan alkohol juga dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan tembok yang kotor. Alkohol merupakan cairan pembersih serbaguna.

    Tuangkan alkohol ke kapas yang bersih, kemudian mengusapkan kapas tersebut pada noda yang ada pada tembok. Sebaiknya Pins menggunakan gerakan memutar agar proses pembersihan noda dapat berlangsung lebih cepat. Noda pun akan hilang seketika.

    9. Coba Alternatif dengan Mayonaise

    Source : Pinhome

    Ada banyak sekali merk mayonaise terbaik di pasaran yang ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan noda di tembok. Mayonaise memiliki tekstur yang lengket dan aroma yang dapat digunakan sebagai alat pembersih.

    Oleskan mayonaise ke permukaan kotoran, kemudian menunggu beberapa saat hingga mayonaise meresap ke dalam kotoran. Setelah itu, Pins gosok dengan kain lap bersih sampai kotoran tersebut hilang.

    Semua cara yang disebutkan di atas dapat digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan noda di tembok tanpa harus menggunakan bahan kimia yang keras. Namun, selalu ingat untuk melihat jenis noda dan lama nodanya menempel ya Pins!

    Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Berdasarkan Lapisannya

    Feature Image Source: Wallpaper Flare


    Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Citraland Driyorejo CBD dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

    Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

    Copied to clipboard
    bottom-sidebar-banner
    left footer bannerright footer banner
    left footer bannerright footer banner

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © www.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download