Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Ingin Cari Suasana Baru? Intip Tips Inspirasi Dapur Minimalis Ini!

Tips Properti

Ingin Cari Suasana Baru? Intip Tips Inspirasi Dapur Minimalis Ini!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 22 April 2020 ∙ 6 menit membaca

Berbicara tentang desain dapur, gaya minimalis cocok dipakai untuk berbagai jenis ruangan. Baik ruangan yang luas atau bahkan yang kecil sekalipun, dapur minimalis pasti terlihat lebih berkelas. Kalau kamu ingin merenovasi atau malah baru akan memulai mendekorasi rumah, desain dapur kecil dengan gaya minimalis cocok banget Pins jadikan pilihan.

Pinhome – Saat akan mendekorasi rumah, banyak yang mengatakan “less is more”. Gaya minimalis kini menjadi tren dekorasi interior. Berfokus pada meningkatkan kualitas hidup penghuninya melalui berbagai hal simpel, gaya minimalis sudah menjadi tema dekorasi berbagai selebritis loh. Hal yang terpenting, simpel bukan berarti ngebosenin ya, Pins! Banyak inspirasi dapur minimalis yang tidak hanya mengutamakan keindahan, tapi juga fungsi dan juga tendensi gaya hidup penghuninya.

Baca juga: Sering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu

Tertarik mencoba? Nah, berikut ada beberapa inspirasi dapur minimalis nan cantik yang dapat Pins terapkan di dapur idaman!

1. Singkirkan peralatan kecil
Langkah pertama saat Pins ingin menerapkan inspirasi dapur minimalis adalah menyingkirkan berbagai peralatan kecil dari pandangan mata kamu. Bukan sebatas buku resep saja, tapi juga sendok, garpu, mangkok kecil, panci dan peralatan masak lainnya. Ada baiknya alat-alat ini kamu simpan di dalam laci atau rak tertutup sehingga pandangan mata yang melihat ke dapur akan lebih terpusat kepada keindahan gambar dapur cantik milikmu, Pins!

2. Pilihlah warna dengan bijak
Jika Pins sudah memutuskan seperti apa desain dapur kecil yang diinginkan, pemilihan warna menjadi salah satu hal yang penting, Pins. Untuk mendapatkan gambar dapur cantik yang total, sebaiknya kamu memilih warna cat yang bernada netral. Pemilihan warna netral untuk dapur tidak hanya menjadikan ruangan ini terlihat lebih simpel, tapi juga mengesankan efek yang lebih besar dan luas pada dapurmu, Pins!

Baca juga: Tips Memilih Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis

3. Pilih model keran yang senada dengan tema dapur
Desain minimalis sangat memperhatikan detil pemilihan focal point ruangan, Pins! Dalam hal ini, model keran yang kamu gunakan berhubungan erat dengan desain minimalis yang Pins inginkan. Saat akan memilih warna dan model keran, pilihlah keran dengan desain sederhana, tanpa detail tambahan. Untuk warna, pilihlah keran yang senada warnanya dengan cat dan perabotan dapur kamu lainnya. Biasanya, warna keran yang paling sering digunakan dalam desain minimalis adalah warna krom.

4. Gunakan pintu geser minimalis
Kalau Pins tidak ingin mengeluarkan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga, kita bisa mengganti gagang pintu laci dan kabinet di dapur dengan gagang tempel sederhana, sehingga tidak ada banyak detil berlebih di lemari dan laci dapur. Nah, kalau mau total dan rela mengeluarkan tenaga, waktu dan biaya lebih, Pins bisa mengganti pintu-pintu tradisional di rak ataupun laci dengan pintu geser.

5. Pastikan hanya ada perabotan penting di dapur
Dapur seringkali menjadi tempat singgah bagi keseluruhan penghuni rumah, karena itulah seringkali ada barang-barang tertinggal atau “mampir” di dalam dapur, seperti smartphone, buku tugas anak ataupun sandal rumah. Untuk Pins yang memakai dapurnya sekaligus sebagai ruang kumpul keluarga, biasanya akan ada TV ataupun radio di dalam ruangan. Kalau Pins menginginkan dapur bermodel minimalis, akan sangat tepat untuk menyingkirkan perabotan dan device yang tidak mempunyai fungsi di dapur.

6. Kondisikan peralatan ekstra
Peralatan memasak seperti tempat bumbu, toaster hingga blender biasanya cukup menyita tempat di dapur. Jika Pins menginginkan dapur yang bertema minimalis, pastikan untuk menyimpan peralatan penting ini di dalam laci dan rak. Usahakan tempat penyimpanan alat-alat ini sudah sesuai dengan pola gerak kita di dapur sehingga tidak menjadi hambatan ke depannya.

7. Utamakan barang atau peralatan memasak multi fungsi
Pisau dapur menjadi gambaran sempurna dari tips inspirasi dapur minimalis ini. Biasanya kita memiliki berbagai macam pisau yang memang, kegunaannya pun beragam. Tapi, ada baiknya kalau Pins mencoba untuk membeli satu pisau chef berkualitas yang biasanya multi fungsi dan bisa menangani berbagai jenis bahan masakan. Dengan mengurangi jumlah pisau dapur yang ada saja, Pins sudah mulai mengambil langkah tepat untuk benar-benar menerapkan konsep minimalis.

Tapi, tetap saja, Pins, kita harus menyimpan pisau dapur dengan hati-hati. Menyimpan pisau dapur dengan menggantungnya di rak magnet portable bisa menjadi pilihan terbaik kalau kamu mempunyai anak-anak yang selalu ingin terlibat dalam proses memasak.

8. Peletakan perabotan yang tepat fungsi
Coba Pins ingat-ingat kembali, bagaimana pola pergerakan kamu di dapur selama ini. Misalnya saja, atur posisi wastafel tempat mencuci piring berdekatan dengan tempat kamu menyimpan piring. Selain itu, Pins bisa meletakkan sereal, buah atau bahan makanan sarapan lainnya berdekatan dengan meja yang sering dipakai untuk makan sarapan bersama.

9. Atur jarak pergerakan di dapur
Dalam konsep minimalis, jarak tempat berjalan dan beraktivitas di dapur biasanya tidak lebih sempit dari 36 inci. Ukuran lebar 48 atau 42 inci menjadi standar normal bagi dapur minimalis.

Kita pun juga berhati-hati, Pins! Usahakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur yang Pins punya di dalam laci atau rak lemari yang tidak mudah diakses oleh anak-anak. Karena ada keinginan kuat dari mereka untuk mengetahui segala macam hal, peralatan dapur yang berbahaya seperti pisau pun bisa mereka raih tanpa ragu-ragu. Jadi, jauhkan benda-benda berbahaya ini dari jangkauan anak-anak, ya!

Sebaliknya, ada baiknya untuk menyimpan makanan, minuman dan snack lainnya di rak atau lemari yang bisa dengan mudah dijangkau oleh anak-anak. Kamu pun tak usah repot-repot menjaga dan menuruti kemauan acak mereka karena masing-masing anggota keluarga, termasuk anak, dapat mengambil makanan kesukaannya dengan mudah.

10. Atur dan perhitungkan jarak di dapur
Agar lemari dan rak di dapur Pins berfungsi dengan baik, ada baiknya kita menyisakan space lebih untuk peralatan lainnya. Usahakan untuk tidak menaruh berbagai peralatan memasak di pojok dapur. Sisa spasi yang harus ada seringkali menjadi pembatas agar pintu yang satu dengan pintu lainnya berfungsi dengan baik.


Bagaimana, Pins? Ke 10 poin tips inspirasi dapur minimalis ini dapat dengan mudah kita terapkan di rumah. Jika menginginkan dapur bergaya minimalis, selalu utamakan barang – barang multifungsi. Bebaskan imajinasi Pins, dan jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu, segera coba tips ini, ya!

Tertarik untuk memiliki hunian dengan dapur minimalis yang menarik? Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel