BlogPemilik PropertiDesain HunianIntip Tips 10 Inspirasi Dapur Idaman Terbaik
0
0

Intip Tips 10 Inspirasi Dapur Idaman Terbaik

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 19, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Desain dapur idamantop-right-banner

Berbicara tentang desain dapur, gaya minimalis cocok dipakai untuk berbagai jenis ruangan. Baik ruangan yang luas atau bahkan yang kecil sekalipun, dapur minimalis pasti terlihat lebih berkelas. Kalau kamu ingin merenovasi atau malah baru akan memulai mendekorasi rumah, desain dapur kecil dengan gaya minimalis cocok banget Pins jadikan pilihan.

Saat akan mendekorasi rumah, banyak yang mengatakan “less is more”. Gaya minimalis kini menjadi tren dekorasi interior. Berfokus pada meningkatkan kualitas hidup penghuninya melalui berbagai hal simpel, gaya minimalis sudah menjadi tema dekorasi berbagai selebritis loh. Hal yang terpenting, simpel bukan berarti ngebosenin ya, Pins! Banyak inspirasi dapur minimalis yang tidak hanya mengutamakan keindahan, tapi juga fungsi dan juga tendensi gaya hidup penghuninya.

Baca juga: Sering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu

Inspirasi Dapur Idaman Simpel

Desain dapur idaman
Source : Kitchen Bee Design

Desain ini mengutamakan simpel dan mengutamakan perpaduan warna untuk menarik perhatian. Dinding putih dengan furnitur kayu akan membuat dapur terlihat kalem. Namun dengan kabinet kuning, Pins akan mendapatkan dapur cerah namun fungsional.

Inspirasi Dapur Idaman Gaya Prancis

Desain dapur idaman
Source : Jessica Summer

Desain dapur gaya pedesaan Prancis akan memberikan suasana santai dan ramah. Pins bisa menggunakan meja kayu untuk memberikan kesan pedesaan di bagian tengah dapur. Dengan rak dapur terbuka, kesan tradisional akan terlihat dengan jelas.

Inspirasi Dapur Idaman Tanaman Hijau

Desain dapur idaman
Source : Multiliving

Dapur dengan tanaman hijau akan memberikan kesegaran ketika Pins memasak. Untuk menghemat tempat, tanaman bisa Pins tempatkan di bagian langit-langit  dengan menggunakan besi.

Selain itu Pins bisa menggabungkan dapur bersih dan meja makan untuk menghemat tempat. Tempat penyimpanan bisa Pins letakan di bawahnya untuk mempermudah ketika memasak.

Inspirasi Dapur Idaman Marmer

Desain dapur idaman
Source : Cullifords

Marmer memang selalu identik dengan keindahan dan kemewahan. Pins bisa menempatkan marmer di bagian dinding dapur untuk mempercantik dapur. Cooker hood yang dilapisi dengan marmer akan membuatnya terlihat lebih mahal.

Inspirasi Dapur Idaman Kabinet Dua Tingkat

Desain dapur idaman
Source : The Myers Touch

Jika Pins memiliki lahan yang terbatas, menerapkan desain ini akan sangat tepat. Pins bisa membuat kabinet menjadi dua tempat dan menggunakan tangga untuk mengambil barang yang diinginkan.

Pins bisa menyusun barang yang jarang di bagian atas kabinet. Sedangkan barang yang tidak sering dipakai bisa ditempatkan di kabinet pertama.

Inspirasi Dapur Idaman Kayu

Desain dapur idaman
Source : Cortney Bishop

Menggunakan kayu tidak selamanya buruk. Furnitur berbahan kayu justru memberikan kesan natural dan karakter yang kuat. Pins bisa tempatkan vas bunga untuk mempercantik dapur.

Inspirasi Dapur Idaman Ala Koki

Desain dapur idaman
Source : Tom Howley

Desain ini sangat cocok bagi Pins yang sangat menyukai memasak. Kabinet dapur menjadi furnitur yang paling besar karena akan menyimpan banyak bahan dan peralatan memasak Pins. Pins juga bisa menempatkan oven dan kompor dibagian belakang dan meja besar sebagai dapur bersih untuk menghidangkan makanan.

Inspirasi Dapur Idaman Kontemporer

Desain dapur idaman
Source : DesignSpace London

Dapur kontemporer akan benar-benar mencolok. Perpaduan warna akan memberikan kesan indah ketika Pins memandangnya. Pins bisa menggunakan latar hitam yang dikombinasikan warna alam untuk memperindah dapur.

Inspirasi Dapur Idaman Jendela Besar

Desain dapur idaman
Source : Tom Howley

Memiliki dapur dengan jendela besar akan membuat Pins menjadi lebih nyaman ketika memasak. Pins bisa melihat pemandangan di luar sembari memasak agar tidak bosan. Selain itu dengan jendela besar ruang dapur Pins akan menjadi lebih segar karena sirkulasi udara yang lancar.

Inspirasi Dapur Idaman Penyimpanan Bawah Tangga

Desain dapur idaman
Source : roundhouse

Jika ruang dapur Pins bertepatan dengan tangga rumah. Pins bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada dibawah tangga sebagai tempat penyimpanan. Dengan begitu Pins akan membuat dapur menjadi lebih rapi dan bersih.

10 Tips Desain Dapur Minimalis

Tertarik mencoba? Nah, berikut ada beberapa inspirasi dapur minimalis nan cantik yang dapat Pins terapkan di dapur idaman!

1. Singkirkan Peralatan Kecil

Langkah pertama saat Pins ingin menerapkan inspirasi dapur minimalis adalah menyingkirkan berbagai peralatan kecil dari pandangan mata kamu. Bukan sebatas buku resep saja, tapi juga sendok, garpu, mangkok kecil, panci dan peralatan masak lainnya. Ada baiknya alat-alat ini kamu simpan di dalam laci atau rak tertutup sehingga pandangan mata yang melihat ke dapur akan lebih terpusat kepada keindahan gambar dapur cantik milikmu, Pins!

2. Pilihlah Warna dengan Bijak

Jika Pins sudah memutuskan seperti apa desain dapur kecil yang diinginkan, pemilihan warna menjadi salah satu hal yang penting, Pins. Untuk mendapatkan gambar dapur cantik yang total, sebaiknya kamu memilih warna cat yang bernada netral. Pemilihan warna netral untuk dapur tidak hanya menjadikan ruangan ini terlihat lebih simpel, tapi juga mengesankan efek yang lebih besar dan luas pada dapurmu, Pins!

Baca juga: Tips Memilih Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis

3. Pilih Model Keran yang Senada dengan Tema Dapur

Desain minimalis sangat memperhatikan detail pemilihan focal point ruangan, Pins! Dalam hal ini, model kran yang kamu gunakan berhubungan erat dengan desain minimalis yang Pins inginkan. Saat akan memilih warna dan model keran, pilihlah keran dengan desain sederhana, tanpa detail tambahan. Untuk warna, pilihlah keran yang senada warnanya dengan cat dan perabotan dapur kamu lainnya. Biasanya, warna keran yang paling sering digunakan dalam desain minimalis adalah warna krom.

4. Gunakan Pintu Geser Minimalis

Kalau Pins tidak ingin mengeluarkan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga, kita bisa mengganti gagang pintu laci dan kabinet di dapur dengan gagang tempel sederhana, sehingga tidak ada banyak detail berlebih di lemari dan laci dapur. Nah, kalau mau total dan rela mengeluarkan tenaga, waktu dan biaya lebih, Pins bisa mengganti pintu-pintu tradisional di rak ataupun laci dengan pintu geser.

Model Dapur Minimalis
Source : Pixabay

5. Pastikan Hanya Ada Perabotan Penting di Dapur

Dapur seringkali menjadi tempat singgah bagi keseluruhan penghuni rumah, karena itulah seringkali ada barang-barang tertinggal atau “mampir” di dalam dapur, seperti smartphone, buku tugas anak ataupun sandal rumah. Untuk Pins yang memakai dapurnya sekaligus sebagai ruang kumpul keluarga, biasanya akan ada TV maupun radio di dalam ruangan. Kalau Pins menginginkan dapur bermodel minimalis, akan sangat tepat untuk menyingkirkan perabotan dan device yang tidak mempunyai fungsi di dapur.

Baca Juga: Model Rak Bunga Besi Minimalis

6. Kondisikan Peralatan Ekstra

Peralatan memasak seperti tempat bumbu, toaster hingga blender biasanya cukup menyita tempat di dapur. Jika Pins menginginkan dapur yang bertema minimalis, pastikan untuk menyimpan peralatan penting ini di dalam laci dan rak. Usahakan tempat penyimpanan alat-alat ini sudah sesuai dengan pola gerak kita di dapur sehingga tidak menjadi hambatan ke depannya.

Baca Juga: Model Rak TV Minimalis Modern

7. Utamakan Barang atau Peralatan Memasak Multifungsi

Pisau dapur menjadi gambaran sempurna dari tips inspirasi dapur minimalis ini. Biasanya kita memiliki berbagai macam pisau yang memang, kegunaannya pun beragam. Tapi, ada baiknya kalau Pins mencoba untuk membeli satu pisau chef berkualitas yang biasanya multifungsi dan bisa menangani berbagai jenis bahan masakan. Dengan mengurangi jumlah pisau dapur yang ada saja, Pins sudah mulai mengambil langkah tepat untuk benar-benar menerapkan konsep minimalis.

Tapi, tetap saja, Pins, kita harus menyimpan pisau dapur dengan hati-hati. Menyimpan pisau dapur dengan menggantungnya di rak magnet portable bisa menjadi pilihan terbaik kalau kamu mempunyai anak-anak yang selalu ingin terlibat dalam proses memasak.

Baca Juga: Fungsi Pisau Berdasarkan Bentuknya

8. Peletakan Perabotan yang Tepat Fungsi

Coba Pins ingat-ingat kembali, bagaimana pola pergerakan kamu di dapur selama ini. Misalnya saja, atur posisi wastafel tempat mencuci piring berdekatan dengan tempat kamu menyimpan piring. Selain itu, Pins bisa meletakkan sereal, buah atau bahan makanan sarapan lainnya berdekatan dengan meja yang sering dipakai untuk makan sarapan bersama.

Baca Juga: Tips Mengecat Dinding Rumah untuk Pemula

Berbicara tentang desain dapur, gaya minimalis cocok dipakai untuk berbagai jenis ruangan. Baik ruangan yang luas atau bahkan yang kecil sekalipun, dapur minimalis pasti terlihat lebih berkelas. Kalau kamu ingin merenovasi atau malah baru akan memulai mendekorasi rumah, desain dapur kecil dengan gaya minimalis cocok banget Pins jadikan pilihan. Pinhome – Saat akan mendekorasi rumah, banyak yang mengatakan “less is more”. Gaya minimalis kini menjadi tren dekorasi interior. Berfokus pada meningkatkan kualitas hidup penghuninya melalui berbagai hal simpel, gaya minimalis sudah menjadi tema dekorasi berbagai selebritis loh. Hal yang terpenting, simpel bukan berarti ngebosenin ya, Pins! Banyak inspirasi dapur minimalis yang tidak hanya mengutamakan keindahan, tapi juga fungsi dan juga tendensi gaya hidup penghuninya. Baca juga: Sering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu Tertarik mencoba? Nah, berikut ada beberapa inspirasi dapur minimalis nan cantik yang dapat Pins terapkan di dapur idaman! 1. Singkirkan Peralatan Kecil Langkah pertama saat Pins ingin menerapkan inspirasi dapur minimalis adalah menyingkirkan berbagai peralatan kecil dari pandangan mata kamu. Bukan sebatas buku resep saja, tapi juga sendok, garpu, mangkok kecil, panci dan peralatan masak lainnya. Ada baiknya alat-alat ini kamu simpan di dalam laci atau rak tertutup sehingga pandangan mata yang melihat ke dapur akan lebih terpusat kepada keindahan gambar dapur cantik milikmu, Pins! 2. Pilihlah Warna dengan Bijak Jika Pins sudah memutuskan seperti apa desain dapur kecil yang diinginkan, pemilihan warna menjadi salah satu hal yang penting, Pins. Untuk mendapatkan gambar dapur cantik yang total, sebaiknya kamu memilih warna cat yang bernada netral. Pemilihan warna netral untuk dapur tidak hanya menjadikan ruangan ini terlihat lebih simpel, tapi juga mengesankan efek yang lebih besar dan luas pada dapurmu, Pins! Baca juga: Tips Memilih Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis 3. Pilih Model Keran yang Senada dengan Tema Dapur Desain minimalis sangat memperhatikan detail pemilihan focal point ruangan, Pins! Dalam hal ini, model kran yang kamu gunakan berhubungan erat dengan desain minimalis yang Pins inginkan. Saat akan memilih warna dan model keran, pilihlah keran dengan desain sederhana, tanpa detail tambahan. Untuk warna, pilihlah keran yang senada warnanya dengan cat dan perabotan dapur kamu lainnya. Biasanya, warna keran yang paling sering digunakan dalam desain minimalis adalah warna krom. 4. Gunakan Pintu Geser Minimalis Kalau Pins tidak ingin mengeluarkan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga, kita bisa mengganti gagang pintu laci dan kabinet di dapur dengan gagang tempel sederhana, sehingga tidak ada banyak detail berlebih di lemari dan laci dapur. Nah, kalau mau total dan rela mengeluarkan tenaga, waktu dan biaya lebih, Pins bisa mengganti pintu-pintu tradisional di rak ataupun laci dengan pintu geser. 5. Pastikan Hanya Ada Perabotan Penting di Dapur Dapur seringkali menjadi tempat singgah bagi keseluruhan penghuni rumah, karena itulah seringkali ada barang-barang tertinggal atau “mampir” di dalam dapur, seperti smartphone, buku tugas anak ataupun sandal rumah. Untuk Pins yang memakai dapurnya sekaligus sebagai ruang kumpul keluarga, biasanya akan ada TV maupun radio di dalam ruangan. Kalau Pins menginginkan dapur bermodel minimalis, akan sangat tepat untuk menyingkirkan perabotan dan device yang tidak mempunyai fungsi di dapur. Baca Juga: Model Rak Bunga Besi Minimalis 6. Kondisikan Peralatan Ekstra Peralatan memasak seperti tempat bumbu, toaster hingga blender biasanya cukup menyita tempat di dapur. Jika Pins menginginkan dapur yang bertema minimalis, pastikan untuk menyimpan peralatan penting ini di dalam laci dan rak. Usahakan tempat penyimpanan alat-alat ini sudah sesuai dengan pola gerak kita di dapur sehingga tidak menjadi hambatan ke depannya. Baca Juga: Model Rak TV Minimalis Modern 7. Utamakan Barang atau Peralatan Memasak Multifungsi Pisau dapur menjadi gambaran sempurna dari tips inspirasi dapur minimalis ini. Biasanya kita memiliki berbagai macam pisau yang memang, kegunaannya pun beragam. Tapi, ada baiknya kalau Pins mencoba untuk membeli satu pisau chef berkualitas yang biasanya multifungsi dan bisa menangani berbagai jenis bahan masakan. Dengan mengurangi jumlah pisau dapur yang ada saja, Pins sudah mulai mengambil langkah tepat untuk benar-benar menerapkan konsep minimalis. Tapi, tetap saja, Pins, kita harus menyimpan pisau dapur dengan hati-hati. Menyimpan pisau dapur dengan menggantungnya di rak magnet portable bisa menjadi pilihan terbaik kalau kamu mempunyai anak-anak yang selalu ingin terlibat dalam proses memasak. Baca Juga: Fungsi Pisau Berdasarkan Bentuknya 8. Peletakan Perabotan yang Tepat Fungsi Coba Pins ingat-ingat kembali, bagaimana pola pergerakan kamu di dapur selama ini. Misalnya saja, atur posisi wastafel tempat mencuci piring berdekatan dengan tempat kamu menyimpan piring. Selain itu, Pins bisa meletakkan sereal, buah atau bahan makanan sarapan lainnya berdekatan dengan meja yang sering dipakai untuk makan sarapan bersama. Baca Juga: Tips Mengecat Dinding Rumah untuk Pemula 9. Atur Jarak Pergerakan di Dapur Dalam konsep minimalis, jarak tempat berjalan dan beraktivitas di dapur biasanya tidak lebih sempit dari 36 inci. Ukuran lebar 48 atau 42 inci menjadi standar normal bagi dapur minimalis. Kita pun juga berhati-hati, Pins! Usahakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur yang Pins punya di dalam laci atau rak lemari yang tidak mudah diakses oleh anak-anak. Karena ada keinginan kuat dari mereka untuk mengetahui segala macam hal, peralatan dapur yang berbahaya seperti pisau pun bisa mereka raih tanpa ragu-ragu. Jadi, jauhkan benda-benda berbahaya ini dari jangkauan anak-anak, ya! Sebaliknya, ada baiknya untuk menyimpan makanan, minuman dan snack lainnya di rak atau lemari yang bisa dengan mudah dijangkau oleh anak-anak. Kamu pun tak usah repot-repot menjaga dan menuruti kemauan acak mereka karena masing-masing anggota keluarga, termasuk anak, dapat mengambil makanan kesukaannya dengan mudah. Baca Juga: Detail Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah 2 Lant 10. Atur dan Perhitungkan Jarak di Dapur Agar lemari dan rak di dapur Pins berfungsi dengan baik, ada baiknya kita menyisakan space lebih untuk peralatan lainnya. Usahakan untuk tidak menaruh berbagai peralatan memasak di pojok dapur. Sisa spasi yang harus ada seringkali menjadi pembatas agar pintu yang satu dengan pintu lainnya berfungsi dengan baik. Bagaimana, Pins? Ke 10 poin tips inspirasi dapur minimalis ini dapat dengan mudah kita terapkan di rumah. Jika menginginkan dapur bergaya minimalis, selalu utamakan barang – barang multifungsi. Bebaskan imajinasi Pins, dan jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu, segera coba tips ini, ya! Baca Juga: Harga Jasa Bangun Rumah Murah  ---------------------------------------  Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.  Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.
Source : Pixabay

9. Atur Jarak Pergerakan di Dapur

Dalam konsep minimalis, jarak tempat berjalan dan beraktivitas di dapur biasanya tidak lebih sempit dari 36 inci. Ukuran lebar 48 atau 42 inci menjadi standar normal bagi dapur minimalis.

Kita pun juga berhati-hati, Pins! Usahakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur yang Pins punya di dalam laci atau rak lemari yang tidak mudah diakses oleh anak-anak. Karena ada keinginan kuat dari mereka untuk mengetahui segala macam hal, peralatan dapur yang berbahaya seperti pisau pun bisa mereka raih tanpa ragu-ragu. Jadi, jauhkan benda-benda berbahaya ini dari jangkauan anak-anak, ya!

Sebaliknya, ada baiknya untuk menyimpan makanan, minuman dan snack lainnya di rak atau lemari yang bisa dengan mudah dijangkau oleh anak-anak. Kamu pun tak usah repot-repot menjaga dan menuruti kemauan acak mereka karena masing-masing anggota keluarga, termasuk anak, dapat mengambil makanan kesukaannya dengan mudah.

Baca Juga: Detail Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah 2 Lant

10. Atur dan Perhitungkan Jarak di Dapur

Agar lemari dan rak di dapur Pins berfungsi dengan baik, ada baiknya kita menyisakan space lebih untuk peralatan lainnya. Usahakan untuk tidak menaruh berbagai peralatan memasak di pojok dapur. Sisa spasi yang harus ada seringkali menjadi pembatas agar pintu yang satu dengan pintu lainnya berfungsi dengan baik.

Bagaimana, Pins? Ke 10 poin tips inspirasi dapur minimalis ini dapat dengan mudah kita terapkan di rumah. Jika menginginkan dapur bergaya minimalis, selalu utamakan barang – barang multifungsi. Bebaskan imajinasi Pins, dan jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu, segera coba tips ini, ya!

Baca Juga: Harga Jasa Bangun Rumah Murah

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek Ruma Prana dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download