BlogPemilik PropertiDesain HunianSering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu
0
0

Sering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Inspirasi dapur minimalistop-right-banner

Bagi kebanyakan keluarga Indonesia, dapur mempunyai arti lebih dari sekedar tempat memasak. Tidak hanya keluarga, dapur juga seringkali menjadi tempat ngobrol asik saat ada teman-teman yang datang. Singkatnya, dapur menjadi ruangan khusus yang menarik perhatian, tidak hanya penghuni, tapi juga pengunjung yang datang ke rumah. Meski luas ruangan dapur tidak seluas yang kita inginkan, tetap saja kita membutuhkan desain dapur kecil yang cocok menggambarkan karakter seluruh keluarga. Ini dia inspirasi dapur minimalis yang tidak butuh budget besar!

Tidak hanya sebagai tempat membuat makanan semata, kini nilai dari ruangan dapur semakin meningkat karena fungsinya juga merangkap sebagai pengikat hubungan dalam keluarga. Tak peduli luas atau kecil, kamu selalu bisa menyulap dapur di rumah dengan berbagai inspirasi dapur cantik agar kita semakin betah saat berada di dapur.

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat dapur jadi idola baru di rumah?

Inspirasi dapur minimalis
Source : Pixabay

1. Tempat dimana pikiran dan tubuh bisa bersantai

Makanan tidak hanya memberikan energi tambahan untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran dan hati. Tanpa makanan, kita tidak akan bisa bertahan. Dapur menyediakan ruang untuk menyimpan dan mengolah makanan yang sehari -hari kita konsumsi. Kita pastinya menginginkan anak dan keluarga kita sehat dan terhindar dari bahaya makanan di luaran, memasak makanan sendiri menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan kita, Pins.

2. Bisa melakukan kegiatan menyenangkan bersama

Tidak hanya untuk memasak, dapur juga menjadi ruang yang pas untuk menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Baik memasak menu makan sehari-hari atau mencoba membuat kue bersama keluarga menjadi kegiatan menyenangkan yang akan semakin mempererat hubungan.

Baca Juga: Kitchen Set Apartemen yang Tak Makan Tempat

3. Dipakai oleh seluruh keluarga

Mungkin masing-masing keluarga memiliki ruang favoritnya sendiri, tapi dapur akan selalu menjadi ruang yang dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Misalnya saja, sang ibu yang memasak sambil membantu anak mengerjakan pekerjaan rumahnya, sang ayah yang gemar membuat kopi atau anak-anak yang suka ambil cemilan di kulkas dapur. Karena kegunaannya yang dinamis inilah, dapur Pins sebaiknya mengikuti inspirasi dapur cantik agar seluruh anggota keluarga semakin betah saat berada di dapur.

Baca Juga: 5 Isi Kitchen Set yang Harus Kamu Tahu

4. Sudah menjadi keharusan

Dapur sudah menjadi ruang wajib dengan kegunaan spesifik yang harus ada di setiap rumah. Karena itulah, sangat penting untuk memiliki dapur yang fungsional dan sesuai dengan karakteristik pemilik rumah. Dapur yang baik dan menarik tentunya akan mendukung dan meningkatkan kualitas hidup kamu.

5. Salah satu ruang penentu

Ruang dapur seringkali menjadi penentu harga jual dan harga beli dari sebuah rumah. Ruang dapur yang menyenangkan dapat membuat aktivitas memasak menjadi menyenangkan sedangkan aktivitas memasak yang menyenangkan mampu meningkatkan semangat siapapun yang berada di dalamnya.

Nah, setelah kita sepakat akan peran penting dari dapur, Pinhome ada beberapa tips bagi Pins yang ingin mengubah dapur menjadi lebih berkesan.

Baca Juga: Tips Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Luas

Tips Mengubah Dapur Menjadi Lebih Berkesan

Inspirasi dapur minimalis
Source : Pixabay

1. Jangan ragu memperbarui perabotan dapur

Tak peduli berapa pun ukurannya, perabotan dapur dapat mengubah keseluruhan look dari ruangan. Hal yang sama berlaku pada laci kabinet yang ada di dapur Pins. Pilihlah perabotan dengan tampilan yang unik sehingga dapat memberikan statement berkelas kepada keseluruhan ruang dapur kamu.

2. Gunakan warna yang ringan

Tidak hanya cat, pemilihan warna yang ringan dan cerah pada perabotan dan lemari dapur tentunya dapat mengubah suasana dari seluruh ruangan. Dapur Pins bisa menjadi lebih besar dan lebih berkelas. Warna cat yang terang juga dapat menyembunyikan cacat-cacat, goresan ataupun penyok yang mungkin ada pada dinding, perabotan atau pun lemari kamu Pins.

Baca juga: Tips Memilih Cat Tembok Untuk Rumah Minimalis

3. Ganti laci kabinet dan lemari

Meski kelihatannya tak terlalu penting, mengganti lemari lama dengan yang baru, menghaluskan kembali permukaannya dan mengecat ulang lemari ternyata dapat mengubah tampilan dapur kamu, Pins. Jika kamu ingin menonjolkan gambar dapur cantik, coba deh menggantinya dengan memakai perabotan kaca berkualitas tinggi. Untuk sentuhan minimalis berkelas, kamu bisa menggunakan pintu atau jendela transparan. Berbagai barang, peralatan masak dan dekorasi keren yang kamu miliki bisa terpajang dengan jelas, deh!

4. Mengubah sumber pencahayaan

Untuk desain dapur kecil nan minimalis, pencahayaan begitu memainkan peranan besar. Jangan hanya menaruh lampu di bagian atas dapur kamu saja. Beranikan diri dan bermainlah dengan tipe-tipe lampu, dari mulai lampu sorot hingga lampu custom yang kamu bisa atur kadar brightness-nya.

5. Pamerkan karya seni

Hiasan dan dekorasi karya seni menjadi cara yang paling menarik dan ampuh untuk mengubah keseluruhan tone dapur, Pins! Jangan takut tidak cocok atau norak; pilihlah karya seni yang sesuai dengan kepribadian kamu dan keluarga, tak peduli seberapa besar ataupun seberapa mencoloknya, ruangan dapur kamu pasti akan terlihat bagus dan spesial.

6. Stainless Steel adalah kunci

Pins punya barang-barang stainless steel? Gak ada? Gak masalah! Kita bisa menggunakan cat ala stainless steel untuk memberikan kesan baru pada perabotan stainless steel yang sudah mulai terlihat usang. Tapi ingat ya, harus tetap hati-hati memilih tipe cat yang akan digunakan, karena hasil akhir stainless steel ini sangat berpengaruh pada tipe dan seberapa tinggi kualitas cat tersebut.

Baca Juga: Rumah Susun atau Apartemen, Pilih yang Mana?

7. Tonjolkan jendela

Jangan ragu untuk memberi tirai, gordyn elegan ataupun hiasan dekorasi lainnya pada jendela dapur kamu. Perubahan sekecil ini dapat membuat dapur kamu terlihat lebih cantik dan berkelas. Begitulah inpirasi dapur minimalis dengan desain jendela yang mejorok.

8. Hias dengan sentuhan sentimental

Inspirasi dapur minimalis akan terasa lengkap saat Pins menambahkan sentuhan sentimental seperti bunga segar di atas meja. Untuk melengkapi, Pins bisa menggunakan meja kayu untuk dan taplak meja berenda sederhana berwarna putih.

Baca Juga: 7 Tren Desain Keramik Kamar Mandi

9. Ganti dekorasi tua

Untuk mendapatkan kesan minimalis yang sempurna, ada baiknya kita mengurangi dekorasi-dekorasi tua dan menggantinya dengan dekorasi unik yang menggambarkan kepribadian keluarga.

10. Sembunyikan detail-detail kecil

Detail peralatan kecil seperti blender, gelas ataupun toaster sebaiknya disingkirkan karena membuat dapur terasa penuh. Belum lagi banyaknya ruang yang diambil oleh perabotan peralatan itu sendiri.

Pins, pada dasarnya, arti minimalis adalah adanya ruang lapang yang bisa dapat dengan mudah memanjakan mata dan memudahkan gerak gerik kita selama berada di ruang tersebut. Tapi ingat, meski tidak melakukan perubahan besar – besaran pada di dapur, selalu coba untuk meletakkan berbagai furniture, dekorasi ataupun peralatan penting di area yang mudah terjangkau dan tidak mengganggu ruang gerak keluarga ya, Pins!

Baca Juga: Ketahui Tips Membeli Rumah, Sebelum Terlambat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download