Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Penjelasan Mengenai Fungsi Pisau Dapur Berdasarkan Bentuknya

Ini Dia Penjelasan Mengenai Fungsi Pisau Dapur Berdasarkan Bentuknya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 15 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Selain wajan yang memiliki peranan penting dalam kegiatan memasak, ada juga pisau yang selalu diperlukan dalam proses membuat masakan. Pisau yang berguna untuk memotong berbagai macam bahan makanan di dapur ini ternyata memiliki saudara yang tidak sedikit. Apa Pins tahu fungsi pisau beraneka ragam berdasarkan bentuknya?

Pinhome – Umumnya pisau memiliki bentuk yang gampang dikenali, yaitu dengan bahan logam yang cenderung pipih dengan bagian pegangan pengaman. Benda ini mempunyai banyak ukuran dengan bagian pipih yang disebut ‘mata pisau’. Mata pisau ini menjadi bagian utama dalam fungsi pisau yang dapat membuat benda terbelah dan cenderung bersifat tajam. Maka dari itu tidak heran keberadaannya selalu dijauhi dari anak kecil dikarenakan tergolong benda berbahaya bila tidak mengerti cara penggunaannya dengan benar.

Untuk itu, dalam artikel ini, Pinhome akan menjabarkan beberapa jenis dan kegunaan pisau yang dapat mempermudah pekerjaan dapur. Hal yang terpenting adalah selalu perhatikan fungsi pisau dan cara menggunakannya agar tetap aman. Simak yuk ragamnya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Nama Alat Dapur Dan Gambarnya Yang Wajib Dimiliki Pemula

Pisau Roti (Bread Knife)

fungsi pisau
(Etsy)

Dari namanya tentu Pins sudah bisa menebak. Bread knife atau biasa kita sebut dengan pisau roti khusus digunakan untuk memotong roti. Ciri khasnya memiliki bagian mata pisau bergerigi dengan bagian pipih yang berukuran cukup panjang. Panjangnya bisa mencapai 30 cm lho! Kamu pasti akan langsung mengenalinya diantara jenis pisau dapur lainnya. Pisau ini tergolong aman, karena bagian mata pisau yang bergerigi dibuat tidak terlalu tajam tetapi mampu membelah roti yang bertekstur lembut. Dengan bread knife, Pins bisa memotong berbagai macam roti dengan rapi dan tentunya tidak hancur.

Pisau Serbaguna (Chef’s Knife)

(Pampered Chef)

Nah, sebenarnya apa fungsi pisau serbaguna ini? Chef’s knife atau pisau serbaguna atau juga disebut sebagai pisaunya para koki memiliki kegunaan yang dapat dikatakan komplit. Pisau ini mampu memotong, mencincang, membelah, dan mengiris dengan baik segala macam bahan makanan. Mulai dari daging, ayam, sayur-mayur, buah-buahan hingga memotong segala macam bentuk bumbu masakan. Inilah mengapa kepopulerannya dalam pekerjaan memasak, membuat pisau satu ini menjadi yang paling sering dimiliki oleh para pecinta dapur. 

Pisau Ukir (Paring Knife)

(Webstaurant Store)

Siapa diantara kamu yang senang menghias buah yang akan dikonsumsi? Nah, kamu harus memiliki paring knife atau biasa disebut dengan pisau ukir. Pisau ini berguna untuk menghias segala macam jenis makanan khususnya buah-buahan dan sayur-mayur. Dengan bantuan pisau ukir, makanan akan terlihat lebih menarik. Kegunaan pisau satu ini yang cenderung spesifik membuatnya jarang berada dalam dapur pada umumnya. Namun, bila Pins tertarik mempelajarinya, kini sudah banyak tutorial mudah yang dapat dilihat dalam membuat buah dan sayur di rumah semakin cantik dengan pisau ukir ini.

Pisau Pemisah (Boning Knife)

fungsi pisau
(Flint and Flame)

Kegunaan pisau boning knife menjadi sangat spesifik khususnya dalam profesi koki. Pisau pemisah ini sering digunakan para koki untuk memisahkan antara tulang dan daging dengan lebih mudah. Dengan mata pisau yang tajam, bentuk dari boning knife sedikit unik dengan bagian pipih yang melengkung dan runcing pada ujungnya. Berbeda dari pisau lainnya yang cenderung tebal, pisau pemisah ini tipis namun tidak perlu takut akan patah. Hal tersebut lah yang membuat para koki lebih cepat memisahkan tanpa khawatir akan membahayakan bagian tubuh khususnya tangan.

Pisau Kupas (Peeler)

fungsi pisau
(afcoltellerie)

Selanjutnya pisau kupas atau bisa juga disebut dengan peeler. Pisau satu ini sebenarnya cukup beragam bentuknya namun tetap mempunyai fungsi yang sama yaitu mengupas. Kegunaan pisau kupas mempermudah Pins dalam mengupas segala macam bentuk buah maupun sayur-mayur. Bentuknya pun unik dengan mata pisau tajam pada bagian tengah yang diapit oleh bagian pipih pisau. Selain itu sama seperti pisau lainnya yang memiliki gagang dan bagian ujung meruncing. Bagian ujung tersebut dapat mempermudah Pins mencongkel bagian buah yang sulit untuk dikupas.

Pisau Daging (Butcher Knife)

fungsi pisau
(Shutter Stock)

Bila melihat sekilas, Pasti Pins pun langsung mengenalinya. Pisau daging atau juga disebut butcher knife menjadi pisau yang paling ditakut para pemula karena bentuknya yang kokoh tebal dan juga lebar. Sering ditemui pada penjual daging di pasar tradisional, kegunaan pisau ini tentu memotong daging dengan mudah, mengiris ikan hingga mengancurkannya. For your information bagian pipih tebal dan rata tersebutah yang berfungsi untuk mengancurkan. Tidak heran pisau satu ini sering disebut sebagai pisau tukang daging. Bila kamu ingin memotong daging yang tebal pisau ini bisa hadir sebagai penyelamat.

Pisau Potong Keju (Cheese Knife)

fungsi pisau
(Rada Kitchen Store)

Ternyata tidak hanya daging yang memiliki pisau khusus, cheese knife atau biasa disebut sebagai pisau pemotong keju ini menjadi salah satu dari rangkaian jenis pisau yang menarik. Apa fungsi pisau satu ini sebenarnya? Pisau ini di desain dengan bagian tengah yang bolong, agar tekstur keju yang cenderung lengket tetap dapat terpotong dengan mudah tanpa merusak bentuknya. Bila Pins menggunakan pisau lain untuk memotong keju kemungkinan besar hasilnya tidak sebaik pisau khusus keju ini. Menarik sekali bukan?

Bagimana, apa Pins semakin pusing ingin mulai memasak di dapur? Jangan dulu dong! Penjelasan singkat di atas mengenai kegunaan pisau dapur beserta gambar dapat menjadi pelajaran mudah untuk kamu yang pemula. Mulai lah perlahan dan tetap waspada ya, agar tidak membahayakan tanganmu.

Baca Juga: 15 Cara Menata Dapur Sederhana Namun Tetap Terlihat Rapi


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel