BlogPemilik PropertiDesain HunianMurah! Ini Kisaran Harga Jasa Bangun Rumah Per Meter Beserta Tipsnya
0
0

Murah! Ini Kisaran Harga Jasa Bangun Rumah Per Meter Beserta Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 17, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
harga jasa bangun rumah per metertop-right-banner

Standar harga jasa bangun rumah per meter tentu akan berbeda-beda dan dipengaruhi oleh berbagai faktor Pins! Seperti desain rumah yang akan dibuat, waktu pelaksanaan pembangunan, dan dimana rumah tersebut akan dibangun. Beberapa hal tersebut tentu dapat mempengaruhi tingkat kesulitan pada saat proses pembangunan rumah. Harga material serta upah tenaga kerja juga akan menentukan mahal atau murahnya biaya membangun rumah tinggal per meter. Yuk, simak kisaran harga jasa bangun rumah per meter beserta tipsnya berikut ini!

Baca Juga:

Kisaran Harga Jasa Bangun Rumah Per Meter

Source : Industry Today

Di setiap tahunnya, harga jasa bangun rumah per meter dengan kualitas yang terbaik tentu akan berbeda-beda. Biasanya, standar harga jasa bangun rumah per meter adalah Rp. 3.000.000, sudah termasuk dengan material dan upah tenaga kerja. Berbeda dengan pembangunan yang dilakukan secara borongan, harganya akan jauh lebih murah yaitu sekitar Rp. 1.000.000.

Harga yang dipekirakan tersebut ditentukan berdasarkan berbagai faktor seperti kualitas material yang digunakan, tingkat kesulitan desain bangunan, lokasi pembangunan, waktu pelaksanaan, dan lain sebagainya. Namun, dalam menghitung biaya harga jasa Pins perlu memperhatikan apakah hendak menggunakan jasa tenaga borongan atau upah borongannya saja. Selain itu, mengetahui rumus luas bangunan juga penting agar kamu tidak ditipu oleh jasa kontraktor.

Jika hanya memborongkan tenaganya saja, maka Pins harus menyediakan bahan bangunan yang akan diminta oleh pemborong. Material tersebut harus tersedia untuk setiap saat agar dalam pelaksanaan pembangunan tidak ada tukang bangunan yang menganggur. Hal ini tentu dapat menyebabkan kerugian pada pihak pemborong yang sedang menjalankan proses pembangunan. Berikut adalah kisaran harga jasa bangun rumah per meter dengan menggunakan sistem borongan:

• Harga borongan upah tenaga dan Bahan bangunan +/- Rp 3.000.000

• Harga borong upah per m2 +/- Rp 500.000

Penyebab Harga Jasa Bangun Rumah Per Meter Murah

Source : Unsplash

Pins mungkin masih sedikit bingung, mengapa membangun rumah dengan jasa borongan per meter jauh lebih murah? Ternyata ada beberapa faktor yang membuat harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan metode lainnya, diantaranya:

  1. Menggunakan material bangunan dengan harga yang murah.
  2. Desain rumah lebih sederhana sehingga mudah untuk dibangun, serta tidak membutuhkan banyak waktu bagi tukang untuk melaksanakan pembangunan.
  3. Pemborong atau kontraktor yang profesional dalam melakukan pembangunan.
  4. Penggunaan metode kerja yang baik oleh pemborong.

Baca juga:

Tips Mendapatkan Harga Jasa Bangun Rumah Murah

Source : Unsplash

Membangun rumah menggunakan jasa kontraktor bisa menjadi pilihan terbaik, terutama untuk membangun hunian dengan kualitas yang terbaik. Pins bahkan tidak perlu terlalu detail untuk memperhartikan rumus luas bangunan, karena proses pembangunan sudah menggunakan jasa borongan. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan harga jasa bangun rumah murah dan berkualitas!

Meminta Rekomendasi Jasa Kontraktor dari Orang Terdekat

Pins bisa bertanya kepada tetangga, rekan, saudara atau siapa saja yang sudah terlebih dahulu pernah memakai jasa kontraktor. Atas informasi yang diberikan, nantinya Pins bisa memilih jasa kontraktor mana yang cocok untuk digunakan.

Melakukan Penawaran Harga Kepada Pemborong

Ketika akan memilih jasa kontraktor borongan, tentu Pins memiliki kesempatan untuk bernegosiasi tentang harga. Cara ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan harga jasa bangun rumah yang murah. Maka dari itu, Pins mungkin perlu mengetahui sedikit tentang rumus luas bangunan agar tidak tertipu oleh harga yang ditentukan pemborong.

Siapkan Desain Rumah dan RAB

Ketika akan membangun rumah Pins tentu sudah mengetahui desain hunian seperti apa yang diidamkan. Selain perlu memikirkan desain yang sesuai, kamu juga bisa sekaligus membuat rencana anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan

Langkah ini bisa disesuaikan berdasarkan denah rumah sementara yang telah Pins persiapkan. Dengan begitu, proses pembangunan akan lebih cepat, mudah, dan murah.

Memilih Material yang Murah Tetapi Berkualitas

Pemilihan material yang akan digunakan dalam pembangunan rumah tentu dapat menentukan harga yang dibutuhkan dalam RAB. Untuk itu, Pins perlu memilih dengan baik material apa yang akan digunakan pada bangunan dengan kualitas yang terbaik.

Memilih Lokasi Pembangunan

Setiap daerah tentu akan memiliki harga jasa bangun rumah per meter yang berbeda-beda. Untuk itu, Pins bisa menyesuaikan lokasi pembangunan dengan budget yang dimiliki agar tidak terjadi pembengkakan biaya.

Itulah beberapa kisaran harga jasa bangun rumah per meter untuk Pins yang sedang berencana membangun hunian impian. Tentunya, harga dari jasa tersebut akan ditentukan berdasarkan berbagai faktor tertentu, yang bisa Pins sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Featured Image Source: Homeplans.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download