15 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik dan Berkualitas (Low Watt)

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ May 9, 2022 ∙ 11 menit membaca

Kurang lengkap rasanya kalau peralatan di dapur belum komplit. Apalagi menjelang hari-hari raya seperti Lebaran dan Natal yang identik dengan kue-kue, ada yang kurang kalau tidak ada oven untuk memanggang kue buatan sendiri. Sekarang Anda mungkin sedang mencari oven listrik terbaik.

Tidak ada salahnya menghadiahi istri dengan oven listrik untuk membantu hobinya membuat kue tersalurkan. Terlebih lagi kalau kue buatan istri bisa dijual untuk menambah pemasukan keuangan rumah tangga. Tapi jangan sembarangan memilih oven listrik, pilih oven terbaik yang bisa bertahan lama.

Tips Memilih Oven Listrik Kualitas Bagus

Oven listrik terbaik tersedia dalam berbagai pilihan harga. Bukan berarti Anda perlu membeli yang paling mahal karena kualitasnya paling bagus. Tapi juga jangan memutuskan untuk membeli sembarang oven listrik dengan semboyan ‘yang penting bisa dipakai’.

Ada beberapa ‘peraturan’ yang perlu Anda pahami sebelum membeli oven listrik agar bisa mendapatkan oven listrik yang terbaik.

1. Cari Oven Listrik dengan Daya yang Rendah

Cari Oven Listrik dengan Daya yang Rendah
Cari Oven Listrik dengan Daya yang Rendah

Oven listrik membawa banyak sekali keunggulan dan sangat disukai oleh banyak orang. Saat memilih oven listrik, sebaiknya Anda utamakan oven dengan daya yang lebih rendah. Hal ini akan sangat membantu dalam mencegah mati listrik karena kekurangan daya.

Anda bisa menghemat pemakaian listrik di rumah dengan memilih oven listrik berkualitas yang daya wattnya lebih rendah dari oven lain.

2. Periksa Kapasitas Oven Listrik yang Anda Inginkan

Periksa Kapasitas Oven Listrik yang Anda Inginkan
Periksa Kapasitas Oven Listrik yang Anda Inginkan

Anda juga perlu memilih oven listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika oven akan digunakan sesekali saja dan untuk memasak makanan dalam jumlah kecil, pertimbangkan membeli oven listrik yang kapasitasnya tidak terlalu besar, misalnya sekitar 9 liter saja.

Tapi kalau Anda berencana menggunakan oven listrik terbaik untuk membuat berbagai jenis makanan dalam berbagai kesempatan, temukan oven listrik yang kapasitasnya lebih besar. Anda pun akan lebih leluasa dalam memanggang dan semakin menikmati kegiatan di dapur.

3. Perhatikan Bahan Pembuatan Oven Listrik

Perhatikan Bahan Pembuatan Oven Listrik
Perhatikan Bahan Pembuatan Oven Listrik

Oven listrik seharusnya bisa membantu Anda memanggang berbagai jenis masakan. Di luar sana, tersedia berbagai pilihan bahan atau material oven listrik yang bisa Anda pertimbangkan. Misalnya, ada oven listrik yang terbuat dari stainless steel. Bahan ini lebih awet dan sangat mudah dibersihkan.

Perhatikan juga bahan yang digunakan untuk rak pemanggang di dalam oven listrik. Bahan rak pemanggang yang terbaik adalah stainless steel. Selain tahan lama, bahan stainless steel juga aman dari korosi sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

4. Temukan Oven Listrik yang Mempunyai Banyak Fungsi

Temukan Oven Listrik yang Mempunyai Banyak Fungsi
Temukan Oven Listrik yang Mempunyai Banyak Fungsi

Salah satu ciri oven listrik benar-benar berkualitas adalah menghadirkan berbagai fungsi. Pastikan Anda membeli oven listrik yang  bisa digunakan untuk memanggang daging, ikan, kue, dan bahan lain yang Anda inginkan. Pastikan oven tersebut mampu membuat makanan matang merata.

Jangan lupa untuk mengecek fitur pemananya dan pastikan fitur tersebut berfungsi dengan maksimal. Fitur pemanas pada oven sangatlah penting. Periksa semua tombol dan timer, pastikan semua bisa bekerja dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Rekomendasi Oven Listrik Terbaik

Setelah memahami kriteria oven listrik yang baik, Anda tentu ingin mengetahui merk oven listrik apa saja yang sangat disukai oleh banyak orang. Di bawah ini adalah beberapa merk oven listrik yang sangat populer dan bisa Anda pertimbangkan untuk memperlengkapi dapur Anda:

1. Oven Listrik Oxone

Oven Listrik Oxone
Oven Listrik Oxone

Oxone menyediakan oven listrik bernama OX-858 2 in 1 oven dengan kapasitas sebesar 18 liter. Anda bisa menggunakan oven berukuran besar ini untuk memanggang kue karena oven listrik ini menyediakan pilihan api bawah dan atas. Pilihan pemakaian api tersebut bisa digunakan bersamaan.

Terdapat timer pada body oven listrik sehingga Anda tidak perlu menunggu masakan di depan oven. Oven listrik ini hadir dengan daya 800 watt dan menyediakan temperatur maksimal hingga 250 derajat Celcius.

Ukuran oven listrik Oxone adalah 44,5 cm × 33 cm × 34 cm. Harga yang ditawarkan untuk oven listrik Oxone ini di situs web resminya adalah Rp 685.000.

2. Oven Listrik Sharp

Oven Listrik Sharp
Oven Listrik Sharp

Sharp juga menawarkan oven listrik, yaitu Libre Premium Series EO-28LP(K). Oven ini lebih besar daripada oven Oxone dan mempunyai kapasitas hingga 28 liter. Terdapat elemen panas pada oven yang terbuat dari bahan stainless steel. Bahan tersebut mampu membuat panas tersebar secara merata.

Oven dari Sharp ini hadir dengan 3 tuas untuk mengatur panas, yaitu pemanas atas, pemanas bawah, serta keduanya. Daya yang dibutuhkan untuk oven ini adalah sebesar 1.500 watt. Untuk temperatur maksimalnya sama dengan oven Oxone, yaitu 250 derajat Celcius.

Oven listrik yang bisa digunakan untuk grill, bake, toast, dan convection ini dijual dengan kisaran harga antara Rp 789.000 sampai Rp 799.000.

3. Oven Listrik Kirin

Oven Listrik Kirin
Oven Listrik Kirin

Oven listrik terbagus bagi Anda yang membutuhkan oven berkapasitas kecil adalah Kirin KBO-90M. Kirin merancang oven ini dengan kapasitas hingga 9 liter dan memperlengkapinya dengan elemen atas dan bawah. Oven listrik low watt  ini hadir dengan timer otomatis serta berbagai aksesori oven.

Beberapa aksesori yang akan Anda dapatkan dengan membeli oven ini antara lain adalah Loyang atau baking tray, rak kawat, baki serbaguna, serta tusuk daging untuk memanggang atau rotisserie fork. Daya yang dibutuhkan untuk oven listrik ini hanyalah sebesar 600 watt saja.

Untuk mendapatkan oven listrik standar buatan Kirin ini, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 350.000 hingga Rp 365.000.

4. Oven Listrik Denpoo

Oven Listrik Denpoo
Oven Listrik Denpoo

Denpoo menawarkan oven listrik DEOS 820 dengan kapasitas besar yaitu mencapai 45 liter. Terdapat 4 mode pemanasan pada oven ini, yaitu heating off, heating upper, heating bottom side, heating upper sida, dan heating upper side and toaster.

Semua mode pemanasan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bahan yang digunakan untuk membuat oven listrik ini adalah stainless steel yang bisa menyebarkan panas secara merata.

Oven listrik ini membutuhkan daya sebesar 1.500 watt. Oven listrik Denpoo dijual seharga Rp 1.441.000, sebanding dengan besarnya kapasitas yang ditawarkannya.

5. Oven Listrik Maspion

Oven Listrik Maspion
Oven Listrik Maspion

Maspion menawarkan oven Toaster MOT-1801S dengan kapasitas 18 liter yang bisa Anda gunakan untuk memasak setiap hari. Pembelian oven merk ini akan memberi Anda aksesori oven listrik seperti loyang pemanggang, rak pemanggang, pegangan loyang, buku manual, serta kartu garansi.

Oven listrik ini berukuran 45 cm × 35 cm × 40 cm dan membutuhkan daya sebesar 850 watt. Terdapat pengaturan waktu hingga 60 menit yang dilengkapi dengan bell otomatis, untuk memberitahu Anda bahwa makanan sudah siap untuk dihidangkan. Anda bisa membeli oven listrik terbaik buatan Maspion dengan harga Rp 463.250 saja.

6. Oven Listrik Mito

Oven Listrik Mito
Oven Listrik Mito

Anda mungkin akan langsung teringat pada smartphone saat mendengar nama Mito. Tapi ternyata merk ini juga menyediakan berbagai perangkat elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, seperti oven listrik. Ada MO-666 dengan kapasitas besar hingga 19 liter. Oven ini mempunyai 4 elemen panas.

Keempat elemen panas tersebut terbuat dari stainless steel. Untuk pengaturan wattnya, oven Mito ini bergantung pada pengaturan api yang Anda gunakan. Jika Anda hanya menggunakan api bawah atau api atas saja, tergolong oven listrik watt kecil daya yang digunakan hanyalah 400 watt saja.

Sedangkan jika kedua pemanas digunakan bersama-sama, daya yang dibutuhkan mencapai 800 watt. Untuk membeli oven Mito, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 649.000.

7. Oven Listrik Electrolux

Oven Listrik Electrolux
Oven Listrik Electrolux

Jika Anda sedang mencari microwave oven, Anda bisa mempertimbangkan Microwave Table top 30L EMS3087X dari Electrolux. Oven berkapasitas 30 liter ini hadir dengan fitur yang menarik. Misalnya, terdapat fitur 4 in 1 yang bisa Anda gunakan untuk memasak berbagai makanan.

Ada fitur defrost yang memungkinkan Anda untuk membuat makanan laut dan daging beku langsung meleleh hanya dengan satu sentuhan. Ada juga fitur child lock yang memberikan keamanan memasak.

Fitur tersebut akan membantu mencegah pengaturan berubah ketika ada anak-anak di dapur. Daya yang dibutuhkan oleh oven listrik ini sebesar 1.200 watt, sedangkan harga yang ditawarkan adalah Rp 3.581.000.

8. Oven Listrik Modena

Oven Listrik Modena
Oven Listrik Modena

Modena menawarkan Magno BO-2733 yang merupakan oven listrik built in. Dalam setiap pembelian rekomendasi oven listrik yang satu ini, Anda akan mendapatkan oven dengan rak oven sebanyak 2 buah, handle tray, dan oven tray. Kapasitas oven ini sangat besar, yaitu 70 liter.

Ada 3 lapis pintu kaca yang ditambahkan ke oven ini, juga convection fan, tangential cooling fan, thermostat yang bisa disesuaikan, lampu oven, grill turnspit, dan pengatur waktu.

Daya yang dibutuhkan pun berbeda-beda, tergantung pada mode pemanasan yang Anda pilih. Untuk mendapatkan oven listrik yang canggih ini, Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp 10.450.000.

9. Oven Listrik Panasonic

Oven Listrik Panasonic
Oven Listrik Panasonic

Panasonic mempunyai microwave oven bernama NN-DS596 yang berkapasitas hingga 27 liter. Hadir dengan bentuk yang simpel serta sistem auto cooking, oven listrik ini akan mempermudah kegiatan Anda memasak di dapur. Ada beberapa fitur berguna yang Panasonic tambahkan ke oven ini.

Beberapa fitur yang dimiliki oven listrik ini adalah memanggang, mengukus, membakar, menghangatkan, serta mencairkan frozen food atau makanan beku. Oven ini juga dilengkapi dengan teknologi inverter.

Daya yang diperlukan juga berbeda-beda, tergantung mode yang sedang Anda jalankan. Harga oven listrik ini jauh lebih murah daripada oven listrik sebelumnya, yaitu Rp 6.399.000.

10. Oven Listrik LG

Oven Listrik LG
Oven Listrik LG

NeoChef Microwave Grill Inverter MH6565DIS yang mempunyai kapasitas 25 liter. Bagian dalamnya dilengkapi dengan EasyClean anti bakteri, sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Ada 4 fitur memasak dalam oven NeoChef ini yaitu fryer, microwave, warmer, serta yogurt maker.

Sebelum merilis NeoChef ini, LG sudah merilis pendahulunya. Tapi NeoChef ini tetaplah oven microwave terbaru yang lebih disukai karena modelnya yang jauh lebih ringkas serta mempunyai kapasitas yang lebih besar.

Oven listrik terbaik buatan LG ini bisa Anda dimiliki dengan harga lebih murah daripada oven listrik Panasonic, yaitu seharga Rp 2.599.000.

11. Oven Listrik Samsung

Oven Listrik Samsung
Oven Listrik Samsung

Sang penyedia kebutuhan elektronik yang terkenal, Samsung, juga menawarkan oven listrik. Oven MG30T5068CK Grill ini sudah dilengkapi crusty plate. Kapasitas yang dimilikinya sebesar 30 liter dan terdapat fitur bernama eco mode untuk mengurangi konsumsi energi.

Oven Samsung ini mempunyai triple distribution system unik yang akan mendistribusikan gelombang mikro 3 arah dan memastikan masakan Anda matang merata dengan sempurna.

Dibandingkan dengan oven lain, oven listrik Samsung ini lebih tahan goresan dan karat. Untuk memperoleh oven Samsung ini, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 2.199.000.

12. Oven Listrik Bosch

Oven Listrik Bosch
Oven Listrik Bosch

Jika Anda siap untuk mendapatkan oven listrik berkualitas dengan harga yang lebih tinggi, pertimbangkan Bosch CSG656RS2 8. Oven ini merupakan oven built in compact dengan fungsi steam dan terbuat dari stainless steel. Oven listrik yang satu ini mempunyai kapasitas 47 liter.

Anda bisa menggunakan oven listrik besar buatan Bosch tersebut untuk memanggang dengan menggunakan uap. Sistem uap tersebut akan membuat makanan Anda menjadi lebih renyah di bagian luar tapi tetap juicy di bagian dalamnya. Ada 14 mode pemanasan yang bisa Anda pilih untuk memasak.

Daya yang dibutuhkan untuk menggunakan oven listrik ini adalah sebesar 3.300 watt. Dapatkan oven listrik Bosch dengan harga Rp 34.100.000.

13. Oven Listrik Sekai

Oven Listrik Sekai
Oven Listrik Sekai

Oven listrik watt kecil berikutnya adalah Sekai OV 180 yang sangat cocok digunakan di rumah. Oven listrik ini mempunyai dinding dengan lapisan ganda yang akan meredam panas di bagian luar dari oven listrik. Anda pun tidak perlu khawatir mengajak anak memasak bersama di dapur.

Elemen panas yang tersedia adalah panas bawah, panas atas, serta panas atas dan bawah. Setiap heating element pada oven listrik ini membutuhkan daya sebesar 300 watt. Jika Anda menggunakan heating element secara bersamaan, daya listrik yang dibutuhkan akan menjadi 600 watt.

Oven berkapasitas 18 liter ini bisa dibeli secara online dari berbagai marketplace dengan kisaran harga Rp 437.000 hingga Rp 499.000.

14. Oven Listrik Black & Decker

Oven Listrik Black Decker
Oven Listrik Black Decker

Black & Decker menyediakan oven toaster bernama TRO1000-B1 yang hadir dengan desain sederhana dan minimalis. Warna putihnya yang indah akan membuat dapur rumah Anda tampak lebih modern dan stylish. Pintu kacanya membuat oven ini terlihat lebih elegan dan menjaga panas tetap di dalam.

Oven listrik ini memiliki kapasitas 9 liter saja tapi membutuhkan daya sebesar 800 watt untuk bekerja dengan optimal. Black & Decker memperlengkapi oven listrik ini dengan 4 kaki anti slip serta kenop pengatur temperatur dan waktu.

Produk oven dari Black & Decker ini juga tersedia di berbagai marketplace dengan kisaran harga Rp 250.000 hingga Rp 500.000 saja.

15. Oven Listrik Cosmos

Oven Listrik Cosmos
Oven Listrik Cosmos

Cosmos menyediakan CO-9919 R yang menawarkan kemudahan untuk memasak sarapan di pagi hari. Oven listrik ini menawarkan kapasitas sebesar 19 liter serta temperatur maksimum 250 derajat Celcius. Pilihan pemanas pada oven ini mempengaruhi besar kecilnya daya listrik yang digunakan.

Untuk mendapatkan produk oven dari Cosmos ini, Anda bisa membeli dari marketplace dengan kisaran harga Rp 550.000 hingga Rp 645.000.

Oven listrik terbaik adalah oven listrik yang mampu memenuhi kebutuhan memasak Anda. Pastikan Anda membeli oven listrik yang kapasitasnya serta fiturnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Jangan lupa untuk mengecek daya yang dibutuhkan agar tidak salah membeli oven. Pastikan daya yang digunakan oleh oven listrik tersebut tidak terlalu besar sehingga menyebabkan rumah Anda mati listrik.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia