BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Garasi Bawah Tanah yang Aman
0
0

10 Inspirasi Desain Garasi Bawah Tanah yang Aman

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
garasi-bawah-tanahtop-right-banner

Saat ini kendaraan bermotor merupakan barang yang telah menjadi kebutuhan primer banyak orang. Jarak tempuh yang jauh dan jumlah anggota keluarga yang banyak membuat kendaraan ini memiliki peran penting dalam bepergian. Kendaraan yang jumlahnya terus meningkat adalah mobil dan motor. Salah satu solusi yang akan Pinhome bahas adalah membuat desain garasi bawah tanah.

Tidak jarang, kebutuhan yang tinggi akan kendaraan membuat sebuah keluarga memiliki beberapa kendaraan. Hal ini bahkan telah menjadi hal yang lumrah di masyarakat. Sayangnya, tingginya jumlah kendaraan dan lahan yang semakin sedikit membuat pembangunan garasi kendaraan ini agak sulit. 

Sehingga banyak orang yang mulai membangun garasi bawah tanah sebagai alternatif solusi. Namun pembangunan garasi ini tidak mudah, karena banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Bagi Pins yang tertarik untuk membangun garasi mobil bawah tanah, ini dia 10 desain garasi bawah tanah yang tidak tengap.

Garasi di Bawah Rumah

Garasi Bawah Tanah
(Petrolicious)

Inspirasi garasi mobil bawah tanah yang pertama adalah garasi dibawah rumah. Pembangunan garasi yang satu ini dibangun penuh di bawah rumah. Pintu garasi bisa Pins bangun di sisi yang sama dengan bagian depan rumah. 

Namun, jika Pins menggunakan desain yang satu ini penting untuk membuat ventilasi udara yang cukup supaya kualitas udara di garasi tetap baik. Tidak hanya itu, Pins juga bisa memasang exhaust fan supaya udara dari luar bisa masuk ke dalam garasi.

Garasi dengan Lift Up Door

garasi bawah tanah
(Indiamart)

Garasi mobil bawah tanah yang ini memang memiliki teknologi yang cukup canggih. Penggunaan lift up door ini bisa membuat garasi bawah tanah Pins tidak terlihat jika dari luar. Model pintu garasi yang satu ini mungkin akan membuat Pins mengeluarkan biaya yang cukup besar. Namun pintu jenis ini bisa membuat keamanan garasi mobil Pins lebih terjaga.

Hidden Garage dengan Lift

(Pinterest)

Jika Pins memiliki luas lahan yang tidak terlalu besar, desain garasi rumah minimalis yang satu ini bisa menjadi pilihan Pins. Hidden garage dengan lift ini dibuat dengan desain yang sederhana yang akan membawa mobil naik atau turun ke garasi bawah tanah. 

Lift pada garasi ini merupakan pintu utama mobil keluar dan masuk ke garasi mobil. Jadi desain yang satu ini sangat cocok untuk Pins dengan lahan yang tidak terlalu luas untuk membangun jalur keluar garasi.

Baca juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah

Garasi di Bawah Taman

garasi bawah tanah
(Cob)

Model garasi yang satu ini memang memiliki desain yang sangat menyejukkan mata. Garasi mobil underground ini dibangun di bawah taman, sehingga di bagian atas garasi ditanami dengan pepohonan dan tanaman-tanaman. 

Tidak hanya tanaman, Pins juga bisa menambahkan hal lain seperti kursi taman atau ayunan pada taman meski di bagian bawah taman terdapat garasi. Jadi taman ini masih tetap bisa berfungsi sebagai taman yang sebenarnya.

Baca juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

Garasi di Halaman Belakang

(Dornob)

Jika halaman belakang rumah Pins cukup luas, Pins bisa memanfaatkannya sebagai garasi mobil bawah tanah lho! Pins bisa membangun jalan kecil sebagai jalur utama mobil untuk masuk ke dalam garasi. 

Tidak hanya itu, Pins juga bisa menggabungkan taman dengan pembuatan jalur ke garasi. Jadi Pins masih bisa membuat taman kecil di halaman belakang meskipun terdapat pintu garasi di halaman belakang rumah.

Baca juga: Begini Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Untuk Rumah

Garasi di Bawah Ruang Bersantai

garasi bawah tanah
(Sohu)

Desain garasi dibawah ruang bersantai ini juga bisa menjadi salah satu inspirasi Pins dalam membangun garasi mobil bawah tanah. Jika Pins memiliki ruang bersantai, Pins bisa membangun bagian bawah ruangan sebagai garasi.

Baca juga: 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis

Garasi dengan Pintu Lipat

(Pinterest)

Pintu lipat memang sudah sangat sering digunakan sebagai pintu garasi. Pintu ini sangat mudah dibuka dan ditutup dan cukup aman digunakan sebagai pintu garasi mobil. Tidak hanya itu, pintu lipat ini juga bisa dibuka dengan jarak yang disesuaikan dengan kebutuhan Pins.

Baca juga: 9 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Garasi di Bawah Teras

garasi bawah tanah
(Pinterest)

Inspirasi garasi mobil underground selanjutnya adalah garasi dibawah teras. Desain garasi yang satu ini sudah banyak diterapkan di rumah-rumah untuk menghemat ruang terutama pada desain rumah minimalis dengan lahan yang tidak terlalu luas. Tidak hanya itu, dengan letaknya yang berada di bawah teras membuat Pins juga lebih dekat untuk ke garasi.

Baca juga: Cara Menghitung Pondasi Batu Kali

Garasi dengan Lorong

(Pinterest)

Model garasi yang satu ini memang sangat tepat jika diterapkan pada rumah dengan luas yang cukup besar. Lorong garasi ini berfungsi sebagai jalan utama keluar masuknya mobil dari garasi mobil bawah tanah. Supaya lorong garasi ini semakin keren, Pins bisa menambahkan lampu LED supaya lorong ini tidak terlalu gelap saat malam.

Baca juga: Menghitung Ukuran Garasi Rumah Untuk Mobil Avanza Dan Innova

Garasi Bawah Tanah dengan Taman

garasi bawah tanah
(Orginzed Home)

Jika sebelumnya kita membahas garasi mobil underground yang terletak di bawah taman, berbeda dengan model garasi yang satu ini. Pada desain ini, garasi dibuat dengan taman di dalamnya. Taman kecil ini bisa dibuat di garasi dengan luas yang cukup besar. Dengan adanya taman di dalam garasi dapat membuat garasi terasa lebih sejuk dan natural.

Itulah daftar desain garasi bawah tanah yang bisa menjadi inspirasi Pins dalam membangun garasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download