BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Pintu Garasi Kayu yang Menarik
0
0

10 Desain Pintu Garasi Kayu yang Menarik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain pintu garasi kayu diperlukan dalam pemilihan ruangan yang cukup penting di setiap rumah, yaitu untuk menyimpan kendaraan di bagian dalam rumah agar lebih aman. Tak jarang banyak yang memilih desain pintu kayu garasi untuk rumahnya. Selain karena cukup terjangkau dan tidak berat, banyak pilihan model atau tipe yang cocok dengan selera masing-masing.

Gunakan Pinhome untuk menemukan rumah second di kota Bogor seperti The Icon Acropolis hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi yang dekat dengan Summarecon Bekasi dan lainnya. Pinhome juga menyediakan layanan Simulasi KPR untuk memahami mekanisme KPR.

Desain Pintu Garasi Kayu

Model desain garasi mobil harus diperhatikan secara seksama agar menimbulkan sisi dekorasi yang bagus dan cocok dengan tampilan depan rumahmu.  Seperti apa rekomendasinya? Yuk disimak beberapa pilihan untuk jadi referensi desain pintu garasi kayu untuk jadi inspirasi rumah Kamu!

1. Desain Pintu Garasi Kayu Dua Layer

Source : Tokopedia

Pintu garasi kayu dengan model dua layer ini sering jadi favorit pilihan pintu di rumah-rumah. Desain pintu kayu garasi menggunakan dua pintu geser yang digantung di bagian atas dengan rel.

Model ini juga disebut-sebut hemat tempat karena bermodelkan pintu geser untuk membukanya sehingga mudah dan ringkas dalam ruangan. Desain pintu kayu garasi ini juga terbilang inovasi baru. Kekurangannya, karena dua layer, pintu tidak bisa tertutup rapat karena ada cela di bagian perpotongan layernya.

2. Garasi Kayu Model Lipat

Source : Tokopedia

Desain pintu kayu garasi ini mungkin yang paling tua dan sering dilihat. Bentuknya seperti partisi ruangan di rumah-rumah orang tua zaman dulu. Cara menggunakannya adalah dengan menarik atau mendorongnya hingga ke ujung dinding.

Ketika dibuka, bagian kayu akan bertumpuk atau membentuk tumpukan kayu di ujungnya. Dan perhatikan ketika menarik dan menutupnya secara perlahan karena pintu model ini rentan engselnya dan waspada lekukan pemisah pintunya mengenai kaki jika ditarik terlalu keras.

Baca juga: 10 Warna Cat Pintu Kayu yang Bagus untuk Kesan Lebih Mewah

3. Kayu Kombinasi Kaca

Source : Kompas

Untuk menghindari tampilan monoton, pintu garasi kayu bisa dikombinasikan dengan kaca yang bisa berfungsi sebagai dekorasi, ventilasi cahaya dan meluaskan jarak pandang ke bagian dalam maupun bagian luar.

Memudahkan pula untuk melihat apa yang terjadi di dalam maupun luar garasi. Model yang bisa dipilih biasanya dengan kaca atau jendela di bagian tengah atas masing-masing pintu memanjang, atau dengan banyak kaca persegi panjang sehingga kayunya hanya sebagai rangka pinggir kaca-kaca tersebut.

4. Pintu Garasi Kayu Geser Letter L

Source : Bukalapak

Pintu garasi kayu model geser letter L atau melengkung ini juga sering jadi pilihan karena hemat tempat. Kamu hanya perlu menggeser pintunya yang biasanya memiliki rel sepanjang dinding samping garasi.

Namun tetap harus diperhatikan bagian relnya agar tidak mudah berkarat dan tidak sulit digeser. Rutin dibersihkan dan memberikan minyak khusus di sepanjang rel akan membantu pintu garasi tetap awet.

5. Desain Garasi Kayu Minimalis

Source : Kompas

Tipe pintu garasi kayu minimalis biasanya mengambil warna alami kayu yaitu coklat dan tidak banyak motif atau ornamen di pintunya sehingga terkesan simpel. Kabarnya, tipe pintu garasi minimalis ini cocok dipadukan dengan gaya rumah apapun. Apa desain satu ini yang akan kamu pilih?

Baca juga: Daftar Harga Kusen Pintu Terbaru dan Tips Memilihnya

6. Desain Kayu Dengan Ventilasi

desain pintu garasi kayu
Source : Pinterest

Pintu garasi kayu dengan ventilasi ini biasanya berbentuk seperti kaca nako. Hal ini menjadi penting karena memang dibutuhkan sirkulasi udara yang cukup baik karena bagian dalam garasi biasanya untuk menyimpan kendaraan yang panas setelah digunakan.

Dan tidak hanya untuk garasinya saja, sirkulasi udara yang baik bisa membuat ruangan di sebelah garasi juga tidak terlalu panas dan lebih segar. Model pintu lipat maupun geser juga cocok untuk tipe pintu kayu ventilasi ini.

7. Pintu Garasi Kayu Geser Atas

desain pintu garasi kayu
Source : Pinterest

Pintu garasi kayu geser atas biasa ditemukan di film-film Barat. Hal ini juga hemat tempat karena ketika dibuka akan melengkung atau naik lurus ke bagian atas. Namun harus berhati-hati ketika membuka dan menutupnya, jangan sampai ada orang di bawahnya yang bisa menyebabkannya terjepit. 

Inovasi terbarunya adalah pintu geser atas otomatis yang bisa dikendalikan jarak jauh dengan remote. Dampaknya lebih aman dan memiliki proses otomatis yang tidak menghentak ketika dibuka atau ditutup.

8. Pintu Kayu Klasik

desain pintu garasi kayu
Source : Pixabay/theredbeardagency

Klasik identik dengan spesial, jadi sebaiknya pilih model klasik yang tetap enak dipandang, termasuk pemilihan pintu garasi kayu. Model klasik biasanya menggunakan model dua pintu memiliki bukaan ke dalam maupun ke luar.

Agar tidak terlalu sepi, Kamu bisa memilih handle pintu yang unik sementara bagian pintu lainnya polos agar tetap menimbulkan kesan klasik yang elegan dan tidak berlebihan dan kurang sedap dipandang mata.

9. Pintu Garasi Kayu Warna Putih

desain pintu garasi kayu
Source : Pixabay/theredbeardagency

Warna putih nampaknya tidak pernah salah, apalagi jika menginginkan konsep minimalis yang simpel tapi tetap elegan. Soal model bisa dipilih sesuai selera, baik geser, lipat maupun desain pintu garasi kayu lainnya.

10. Bahan Kayu Motif Geometris

desain pintu garasi kayu
Source : Pixabay/stevepb

Pilihan model atau motif geometris pada pintu garasi kayu akan membuatnya lebih bervariasi dan tidak biasa. Warna putih yang simpel bisa dipilih sebagai penyeimbang corak geometri yang berulang.

Model pintunya juga biasanya beragam, ada yang digeser ke samping maupun digeser ke atas. Selain berfungsi sebagai pintu, bagian ini juga cantik dijadikan latar belakang berfoto yang Instagramable.

Bagaimana dengan beberapa rekomendasi desain pintu garasi kayu di atas, Pins? Semoga membantu mempercantik bagian depan rumahmu ya!

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download