BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Tips Desain Rumah Simpel untuk Pasangan Muda
0
0

8 Tips Desain Rumah Simpel untuk Pasangan Muda

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 13, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah simpel ala pasangan mudatop-right-banner

Desain rumah simpel untuk pasangan muda bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru saja memulai kehidupan baru dengan pasangan. Gaya desain rumah ramah lingkungan dan minimalis membuat rumahmu memerlukan biaya maintenance rendah dan tetap nyaman.

Tentunya, setelah tahu tips desain rumah untuk pasangan muda akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman dengan pasanganmu, senyaman rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi atau di sekitar Terminal Bekasi Kota menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Jadi, kamu tidak perlu menyiapkan budget yang besar untuk memiliki rumah impian bersama pasangan. Nah, bagaimana cara memanfaatkan hunian sederhanamu menjadi tempat tinggal dengan desain estetik dan nyaman? Simak selengkapnya di bawah, yuk!

Baca juga: Cicil Rumah vs Ngontrak: Mana yang Dipilih Pasangan?

Tips Desain Rumah untuk Pasangan Muda

Menciptakan ruang yang nyaman dan stylish bagi pasangan muda memerlukan perhatian khusus terhadap desain rumah. Mulai dari pilihan warna yang ceria hingga penataan ruang yang fungsional, berikut ini mengulas delapan tips desain rumah untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pasangan muda modern.

1. Gunakan Ruangan dengan Tema Terbuka

desain rumah simpel ala pasangan muda
Source : Beautiful Homes

Biasanya, desain rumah simpel ala pasangan seringkali mengaplikasikan konsep simpel dengan tema terbuka. Contohnya adalah desain rumah kotak minimalis yang saat ini kembali populer karena keunikannya.

Konsep ruangan dengan tema terbuka memungkinkan kamu memanfaatkan sebuah ruangan untuk lebih dari satu fungsi. Misalnya, ruangan pada foto di atas bisa kamu manfaatkan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Dengan tambahan sebuah TV plasma lengkap dengan sound system, maka lengkaplah fungsi ganda ruang tamu ini. Siapa pun yang datang akan merasa nyaman. Tidak hanya itu, ruangan tersebut juga bisa disulap menjadi ruang teh untuk bersantai.

Konsep terbuka juga banyak menguntungkan pemilik rumah karena dengan bukaan besar dimana-mana, otomatis cahaya yang masuk banyak. Dengan demikian, penggunaan lampu dan AC hanya untuk malam hari saja sehingga menjadi lebih hemat.

Baca juga: 6 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Atap Rata

2. Tidak Banyak Mengubah Ruang

desain rumah simpel ala pasangan muda
Source : Desain Cafe

Pada konsep rumah simple minimalis ini, biasanya pasangan muda tidak banyak mengubah ruang pada rumah yang dibeli. Hanya beberapa perubahan kecil saja yang dilakukan, yaitu mengganti cat, dan memfungsikan beberapa ruang dengan optimal.

Bagian lain yang dapat diubah yaitu mengusung konsep tembok unfinished untuk ruang keluarga dan tembok pemisah antara ruang makan, dan kamar tidur utama. Konsep ini dapat kamu ambil untuk menguatkan kesan simple dan minimalis.

Di tembok tersebut kamu dapat memasang tulisan ataupun lukisan untuk menghidupkan tembok unfinished tersebut dan memanfaatkannya sebagai galeri seni mini. Kamu juga bisa memasang foto pasangan dan keluarga sebagai pemanis ruangan.

Tidak hanya itu, hiasan ruang tamu lain seperti makrame atau hasil karya seni lain juga bisa kamu pasang di ruangan ini. Meski tidak melakukan banyak perubahan pada ruangan, dekorasi sederhana bisa membuat rumahmu terlihat lebih estetik.

Baca juga: 7 Perabot Kamar Tidur yang Wajib Ada di Apartemen Minimalis

3. Memilih Interior yang Tepat

interior simpel ala pasangan muda
Source : Interior Design Ideas

Memiliki rumah dengan lahan terbatas mungkin menjadi tantangan untuk penataan interior. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membuat desain rumah simpel ala pasangan muda yang nyaman. Kamu bisa mengatur tata letak perabotan agar dapat memanfaatkan ruangan dengan maksimal. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan dekorasi dan pemilihan warna ruangan. Apalagi, pemilihan corak lantai dan wallpaper juga turut mempengaruhi kesan luas dalam ruangan. 

Gunakan perabotan atau furrnitur rumah yang berwarna netral seperti warna kayu, abu abu, dan putih. Dengan demikian, ruangan jadi terlihat lebih lapang dan simpel. Kamu juga bisa meenambahkan karpet untuk memberi kesan hangat.

Warna putih adalah warrna yang aman untuk kamu pilih karena memberikan kesan luas, bersih, dan modern. Kamu juga bisa menerapkan konsep desain rumah minimalis ala Korea. Untuk tampilan lebih modern, kamu bisa menggunakan tema monokrom. Menarik, bukan?

Baca juga: 12 Ide Interior Desain Kantor Minimalis 1 Lantai

4. Gunakan Perabotan Multifungsi

desain rumah simpel ala pasangan muda
Source : Overstock

Furnitur multifungsi menjadi pilihan tepat untuk desain rumah simpel ala pasangan muda. Kamu bisa menghemat pengeluaran untuk furnitur lain yang kurang diperlukan atau jarang digunakan. Bahkan, bisa membantumu memaksimalkan fungsi ruangan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan kursi sofa yang dapat diubah menjadi kasur sederhana. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika ada teman atau keluarga yang akan menginap di rumah. Kamu juga tidak perlu membuat kamar baru khusus untuk tamu yang menginap.

Contoh lain misalnya adalah meja yang dapat dilipat ke dinding dan rak yang dapat dilipat menjadi meja tamu. Selain unik, multipurpose furniture seperti ini juga membantumu menghemat tempat penyimpanan perabotan.

Baca juga:

5. Rencanakan Rumah dengan 4 Ruangan

Source : Polarumah

Jika luas lahan yang kamu miliki terbatas, solusi tepat adalah memilih desain rumah minimalis yang terdiri dari empat ruangan utama. Ruangan tersebut meliputi dua kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi. Untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang, kamu dapat mempertimbangkan pembangunan garasi atau carport yang berdampingan dengan sebuah taman kecil di bagian depan rumah. 

Jika terdapat sisa lahan, ide cerdas adalah mengubahnya menjadi taman yang menyegarkan di bagian belakang rumah. Dengan demikian, desain rumah ini tidak hanya efisien dalam penggunaan lahan tetapi juga memberikan sentuhan estetika dan kenyamanan.

6. Desain Dapur Tanpa Menggunakan Sekat

Source : Pashouses

Tanpa mengurangi fungsi dapur, membiarkan ruangannya terbuka dapat menciptakan kesan lapang. Menggabungkan desain area dapur dengan ruang makan adalah pilihan yang bijaksana. Penting untuk memilih kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan.

Selain itu, pilihlah meja dan kursi makan dengan desain minimalis untuk memberikan kesan lapang dan terorganisir. Dengan demikian, ruangan ini akan terasa lebih luas daripada sebenarnya, menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.

7. Buat Taman Kecil di Dalam atau Teras Rumah

Source : Pashouses

Menambahkan tanaman segar di dalam lingkungan rumah dapat menciptakan keindahan alami yang menyegarkan. kamu dapat menempatkan berbagai jenis tanaman dalam pot di berbagai sudut ruangan. Jika memungkinkan, menciptakan sebuah taman kecil di dalam rumah dapat menjadi pilihan yang menarik. 

Keberadaan taman dalam rumah tidak hanya memberikan nuansa sejuk dan nyaman, tetapi juga dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan kolam kecil di tengahnya. Dengan demikian, suasana rumah akan menjadi lebih alami, hijau, dan memberikan kesan yang menenangkan bagi setiap penghuni rumah.

Baca juga:

8. Siapkan untuk Kamar Anak

Source : Rumah Apa

Walaupun kamu sedang merencanakan atau bahkan sudah membangun rumah sebelum memiliki anak, penting untuk tetap mempertimbangkan kebutuhan masa depan. Salah satu aspek yang perlu dipersiapkan adalah kamar khusus untuk anak-anak, meskipun belum memiliki buah hati. Dengan menyiapkan ruang ini, kamu dan pasangan akan lebih siap secara mental dan fisik untuk menyambut kehadiran anak-anak di masa depan. 

Desain kamar tidur anak tersebut secara gender-neutral, sehingga dapat digunakan dengan nyaman baik oleh anak perempuan maupun laki-laki. Dengan demikian, kamu dapat menghindari perubahan besar-besaran di kemudian hari dan memastikan kenyamanan serta kepraktisan ruangan untuk waktu yang akan datang.

Rumah bergaya simpel dan minimalis banyak menjadi pilihan pasangan muda. Konsep rumah yang terbuka mengarah ke eco-friendly dinilai sebagai pilihan yang dapat mencerminkan kehangatan cinta mereka. 

Biasanya konsep simpel ini banyak diaplikasikan pada rumah dengan desain yang minimalis, simpel, dengan halaman luas yang memungkinkan mereka mengadakan party, bersantai, hingga tempat bermain anak yang aman.

Untuk mengusung rumah berkesan simple ini kamu bisa menyediakan tanah seluas 700m2. Adapun luas bangunan sebesar 420m2 dan sisanya adalah sebagai taman untuk bermain anak dan melakukan kegiatan lain.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuat desain rumah simpel ala pasangan muda yang estetik dan nyaman. Semoga membantu ya Pins!

Baca juga:

Editor: Daisy

Featued image source: Homedit


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download