BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiCicil Rumah vs Ngontrak: Mana yang Dipilih Pasangan?
0
0

Cicil Rumah vs Ngontrak: Mana yang Dipilih Pasangan?

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ngontrak rumahtop-right-banner

Membeli rumah merupakan impian banyak orang. Namun, tidak sedikit orang yang memilih ngontrak rumah karena berbagai alasan, seperti keterbatasan biaya. Pilihan antara cicil atau mengontrak rumah memang tergantung pada banyak hal. 

Itu sebabnya, Pinhome mencoba merangkum apa saja alasan para pasangan muda memilih mencicil atau mengontrak rumah melalui pengisian kuisioner. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pilihan Hunian Terbaik Menurut Pasangan

Pada dasarnya setiap orang tentu memiliki alasan masing-masing ketika mereka memilih cicil atau ngontrak rumah. Bila dilihat dari sudut pandang orang yang sudah menikah, mereka lebih banyak memilih untuk mencicil rumah

Hal ini terlihat dari hasil pengisian kuisioner yang dibuat. Dari 66 responden, 46 dari mereka memilih mencicil rumah dengan beragam alasan. Sementara itu, 20 pasangan lainnya justru cenderung ngontrak rumah. 

Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa kebanyakan pasangan memilih untuk mencicil rumah. Hal ini terlepas dari apa pekerjaan yang mereka lakukan dan berapa usia pernikahan yang sudah dijalani. 

Guna mengetahui apa saja alasan para pasangan ini memilih hunian terbaik versi mereka, berikut kami sajikan datanya. 

Alasan Memilih Mencicil Rumah

Bila melihat dari grafik di atas, 17 dari 46 pasangan memilih mencicil rumah karena merasa aman memiliki aset rumah sendiri (25,8%)

Di sisi lain, 14 responden yang memilih cicilan rumah karena khawatir harga rumah dan tanah semakin naik (21,2%)

Namun, tidak sedikit pula yang ingin mencicil rumah sebagai investasi jangka panjang (19,7%). Sisanya, mereka merasa memiliki rumah bisa memenuhi kebutuhan keluarga (7,6%) dan satu orang merasa banyak penawaran bunga KPR yang rendah (1,5%)

Dari angka tersebut bisa kita lihat bahwa kebanyakan orang mencicil rumah karena merasa ini bisa menjadi aset di masa mendatang. 

Selain itu, tidak sedikit yang beranggapan rumah bisa dijual kembali atau jadi sumber pendapatan karena bisa disewakan. Maka dari itu, mayoritas responden memilih mencicil rumah dibandingkan mengontrak rumah

Alasan Memilih Ngontrak Rumah atau Apartemen

Walau kebanyakan memilih mencicil rumah, ternyata tidak sedikit yang ingin ngontrak rumah atau apartemen, lho. Hal ini terlihat dari 20 dari 66 pasangan yang memilih mengontrak (30,3%). 

Tentu saja pilihan ini dibuat karena berbagai alasan. Pertama, 12 responden memilih mengontrak karena belum memiliki dana yang cukup untuk mencicil rumah (18,2%)

Sementara itu, 8 pasangan merasa mengontrak rumah atau apartemen bisa lebih bebas menentukan lokasi, misalnya dekat dengan kantor (12,1%)

Bahkan, 2 responden lainnya menganggap ngontrak rumah lebih murah karena minim biaya perawatan, seperti renovasi (3%). Sisanya, 1 orang merasa mengontrak rumah menawarkan harga sewa yang bervariasi dan bisa disesuaikan kebutuhan. 

Temuan Unik

Survei menunjukkan 69,7% pasangan memilih mencicil rumah, sedangkan sisanya cenderung mengontrak, entah itu rumah atau apartemen. 

Jika melihat dari grafik alasan mengontrak, banyak orang mengontrak karena belum memiliki dana yang cukup untuk mencicil rumah. Artinya, ada kemungkinan mereka masih mengumpulkan uang untuk memenuhi persyaratan cicilan rumah

Kesimpulannya, kebanyakan pasangan memilih mencicil rumah meskipun mereka masih dalam tahap mengumpulkan dana. Pada saat mengumpulkan dana tersebut mayoritas responden memilih mengontrak terlebih dulu. 

Dari infografis di atas mungkin sudah tergambarnya mana yang lebih dipilih pasangan antara cicil dan ngontrak rumah. 

Metodologi

Tim konten Pinhome melakukan survei pilihan cicil rumah vs. ngontrak pada pasangan dengan rentang usia pernikahan dan pekerjaan yang beragam. 

Survei tersebut berisi tentang pilihan antara cicil atau mengontrak rumah berikut alasan mereka memilih hal tersebut. 

Setelah itu, hasil kuisioner dikumpulkan dan dilihat berapa presentase responden yang memilih cicil maupun kontrak beserta alasannya. Hal ini bertujuan melihat mana yang lebih banyak dipilih oleh pasangan saat ini.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download