7 Desain  Rumah Kaca Mewah dan Unik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 23 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain rumah kaca umumnya digunakan untuk kebun pribadi. Kini kaca juga dijadikan dominasi dalam konstruksi rumah.

Penataan kaca membuat hunian lebih lapang. Cahaya yang masuk dalam hunian akan maksimal. Berikut beberapa manfaat dan ide desain rumah kaca yang bisa Pins jadikan rujukan.

Mengenal Rumah Kaca

(Pixabay)

Desain rumah kaca bukan hal baru lagi. Konsep ini pernah diterapkan arsitek Philip Johnson. Desainnya dianggap sebagai arsitektur modern pertama yang cukup menggebrak.

Desain rumahnya berdiri atas tanah seluas 47 hektar di New Canaan, Connecticut. Denah lantainya terbuka dengan lapisan kaca dan rangka baja hitam. Panel kaca ini membuat penampakan baik dalam maupun luar rumah tampak jelas.

Hamparan rerumputan hijau menciptakan ruang yang nyaman dan asri. Bagian rumah yang tidak terlihat dari luar hanya area kamar mandi saja dan ditutupi oleh batu bata dengan bentuk silinder.

Dari desain tersebut kini berkembang banyak sekali model rumah kaca. Diantaranya bisa pula Pins simak dibawah ini!

Baca Juga : Kombinasi Warna Pink Untuk Cat Rumah, Yuk Simak!

Desain Rumah Kaca

Arsitektur rumah milik Philip membawa pengaruh besar atas penggunaan material kaca. Umumnya material ini hanya dipakai sebagai kebun pribadi. Kini beralih fungsi menjadi daya tarik utama dalam bangunan.

Moden dan Kontemporer

(Pexels)

Dalam desain kontemporer biasanya memakai warna-warna yang netral. Warna netral sendiri seperti putih, hitam maupun abu-abu. Warna seperti ini menciptakan ruangan yang luas.

Pemanfaatan material natural kerap jadi andalan seperti kayu, bebatuan alam bahkan besi dan beton. Material tersebut tidak mengalami proses finishing sehingga kesan alaminya sangat kentara.

Bagian dalam rumah minim sekat. Jika ditambahkan sekat dari tembok yang sifatnya permanen akan menimbulkan kesan sempit. Bagian lantainya cenderung polis sesuai dengan selera. 

Pemakaian jendela yang besar membuat cahaya masuk lebih maksimal. Selain perpaduan elemen garis yang bisa ditampilkan dari kaca memberikan tampilan lebih menarik.

Rumah Tepi Danau

(Pexels)

Pemilihan lokasi yang tak biasa sudah menjadi tampilan hunian unik. Misalnya saja dibangun di tepi pantai maupun danau. Jendela yang lebar biasa dipilih agar penghuni rumah bisa menikmati pemandangan yang tak biasa tersebut.

Desain rumah dua lantai cocok untuk area pinggiran danau. Pembangunan hunian tak perlu dalam ukuran besar. Cukup tonjolkan pemandangan terbuka dengan dinding kaca yang besar.

Pins bisa menempatkan pemandangan terbaik menghadap langsung ke arah danau. Misalnya saja untuk kamar tidur utama maupun ruang keluarga.

Baca Juga : 9 Ciri Desain Rumah Hemat Energi

Kombinasi Kayu dan Kaca

(Pexels)

Selanjutnya ada rumah yang dibangun dari kombinasi kaca dan kayu. Kesan hangat kental terasa dari bangunan ini. Arsitektur seperti ini sering ditemui di area countryside. 

Rumah kayu bisa didesain apapun dan dipadukan dengan berbagai materai mulai dari kaca hingga batu-batuan. Rumkah kayu memiliki nilai seni dan artistik karena memiliki warna alami.

Nuansa di dalam rumah lebih sejuk dan alami. Adanya pori-pori antar  kayu meningkatkan sirkulasi udara dalam rumah. Pins tidak perlu lagi menyalakan pendingin.

Ditunjang dengan jendela kaca yang mampu memaksimalkan cahaya. Energi listrik dari pemakaian lampu bisa dihemat.

Rumah Panggung Segitiga

(Pexels)

Rumah segitiga memiliki dua lereng simetris yang mirip dengan tenda. Bagian atap menjuntai pada ujung sisi kiri dan kanannya.

Desain atap seperti ini memiliki dua fungsi utama yakni sebagai dinding rumah dan atap. Kesan pertama yang terlihat dari desain triangular house ialah tidak luas.

Walaupun begitu bisa mendorong penghuninya lebih kreatif. Demi menambahkan kesan klasik penggunaan bahan metal sering dipakai.

Pins bisa menambahkan balkon di bagian teras maupun atas agar terlihat lebih chic. Desain atap seperti ini tak hanya bisa untuk satu lantai saja namun juga rumah tingkat.

Open Space

(Pexels)

Rumah open space mengedepankan kelapangan ruangan. Rumah seperti ini sering kali mempunyai halaman yang luas. Manfaat rumah open space adalah menghemat energi lebih banyak.

Pemilihan cat rumah condongnya netral sehingga pencahayaan lebih baik. Lingkungan tempat tinggal sehat dan menciptakan suasana rileks sehingga meningkatkan mood pemilik hunian. 

Desain seperti ini cocok untuk Pins yang suka gaya minimalis. Gunakan atap model pelana arah depan. Bagian dinding yang menghadap ke halaman hijau bisa dikombinasikan dengan kaca yang disekat metal geometris.

Rumah Ala Jepang

(Pexels)

Rumah ala Jepang menggunakan atap yang lebar dan landai. Tujuannya agar mampu melindungi pintu dan jendela dari air hujan.

Pemakaian kaca sebagai dinding berguna menangkap cahaya. Materialnya juga berfokus dari alam seperti bambu, kayu dan kebanyakan memiliki dekorasi berelemen air.

Misalnya saja adanya kolam ikan di bagian halaman rumah. Bagian koridor terletak di luar rumah seperti mirip teras kecil. Fungsinya sebagai penghubung antara area dalam rumah dan halaman.

Baca Juga : 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Futuristik Minimalis

(Pexels)

Konsep arsitektur futuristik memakai penggunaan atap yang tidak umum. Bagian dinding memakai material kaca. Kesan nyentrik kental terasa karena bangunan jarang ditemukan di tempat lain.

Model rumah masa depan juga mengedepankan ergonomis. Setiap penataan mampu membuat nyaman pergerakan penghuni rumah.

Desain rumah kaca mampu mengesankan berbagai gaya arsitektur. Bangunan bisa terkesan hangat maupun futuristik. Material ini cocok juga untuk hunian open space maupun tropis yang kental dengan alam.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia