BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Kaca Mewah dan Unik
0
0

10 Desain Rumah Kaca Mewah dan Unik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 12, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain digunakan untuk ruangan sebagai kebun pribadi, desain rumah kaca ternyata bisa dimanfaatkan sebagai hunian dan kantor. Pasalnya, desain ini memaksimalkan pencahayaan alami ruangan, nih. Bahkan, desain ini bisa kamu terapkan ketika ingin merenovasi rumah seken di kota Bandung atau rumah baru di Avoria Estate.

Untuk mengurangi cahaya yang masuk berlebihan biasanya dikombinasikan dengan bahan bangunan lainnya. Berikut beberapa manfaat dan ide desain rumah kaca yang bisa Pins jadikan rujukan.

Apa itu rumah kaca?

desain rumah kaca dengan dinding transparan di tengah taman
Pxhere

Desain rumah kaca bukan hal baru lagi di dunia arsitektur. Konsep ini pernah diterapkan arsitek oleh Philip Johnson. Desainnya dianggap sebagai arsitektur modern pertama yang cukup menggebrak.

Desain rumahnya berdiri atas tanah seluas 47 hektar di New Canaan, Connecticut. Denah lantainya terbuka dengan lapisan kaca dan rangka baja hitam. Panel kaca ini membuat penampakan baik dalam maupun luar rumah tampak jelas.

Hamparan rerumputan hijau menciptakan ruang yang nyaman dan asri. Bagian rumah yang tidak terlihat dari luar hanya area kamar mandi saja dan ditutupi oleh batu bata dengan bentuk silinder.

Dari desain tersebut kini berkembang banyak sekali model rumah kaca. Di antaranya bisa pula Pins simak di bawah ini!

Baca juga:

Desain Rumah Kaca

Arsitektur rumah milik Philip membawa pengaruh besar atas penggunaan material kaca. Umumnya material ini hanya dipakai sebagai kebun pribadi. Kini beralih fungsi menjadi daya tarik utama dalam bangunan.

1. Desain Rumah Modern Kontemporer

desain rumah kaca bertema modern dengan cat dinding hitam putih
Source : Pexels

Dalam desain kontemporer biasanya memakai warna-warna yang netral seperti putih, hitam maupun abu-abu. Warna seperti ini menciptakan ruangan yang terkesan luas.

Pemanfaatan material natural kerap jadi andalan seperti kayu, bebatuan alam bahkan besi dan beton. Material tersebut tidak mengalami proses finishing sehingga kesan alaminya sangat kentara.

Bagian dalam rumah minim sekat agar terasa tidak pengap. Jika ditambahkan sekat dari tembok yang sifatnya permanen akan menimbulkan kesan sempit. Bagian lantainya cenderung selalu di-polish sesuai dengan selera. 

Pemakaian jendela yang besar membuat cahaya matahari masuk lebih maksimal. Selain itu perpaduan elemen garis yang ditampilkan dari kaca memberikan tampilan lebih menarik.

2. Desain Cottage Tepi Danau

desain rumah kaca di depan danau
Source : Pexels

Pemilihan lokasi yang tak biasa sudah menjadi salah satu ciri hunian unik. Misalnya saja dibangun di tepi pantai maupun danau. Jendela yang lebar biasa dipilih agar penghuni rumah bisa menikmati pemandangan dari dalam rumah.

Desain rumah dua lantai cocok untuk area pinggiran danau. Pembangunan hunian tak perlu dalam ukuran besar namun cukup tonjolkan pemandangan terbuka dengan dinding kaca yang besar.

Pins bisa menempatkan dinding kaca menghadap langsung ke arah danau agar mendapatkan pemandangan terbaik. Area ini bisa difungsikan sebagai ruang tamu atau kamar tidur utama.

Baca juga:

3. Desain Cottage Klasik

desain rumah kaca kombinasi kayu di tengah hutan
Source : Pexels

Selanjutnya ada rumah yang dibangun dari kombinasi kaca dan kayu. Kesan hangat kental terasa dari bangunan ini. Arsitektur seperti ini sering ditemui di area countryside. 

Rumah klasik bisa didesain apapun dan dipadukan dengan berbagai materai mulai dari kaca hingga batu-batuan. Rumah kayu memiliki nilai seni dan artistik karena memiliki warna alami.

Nuansa di dalam rumah lebih sejuk dan alami karena adanya pori-pori antar kayu meningkatkan sirkulasi udara dalam rumah. Pins tidak perlu lagi menyalakan pendingin.

Ditunjang dengan jendela kaca yang mampu memaksimalkan cahaya. Energi listrik dari pemakaian lampu bisa dihemat semaksimal mungkin.

4. Desain Rumah Panggung

desain rumah kaca bahan metal
Source : Pexels

Rumah segitiga memiliki dua lereng simetris yang mirip dengan tenda. Bagian atap menjuntai pada ujung sisi kiri dan kanannya.

Desain atap seperti ini memiliki dua fungsi utama yakni sebagai dinding rumah dan atap. Kesan pertama yang terlihat dari desain triangular house ialah cukup sempit.

Walaupun begitu bisa mendorong penghuninya lebih kreatif. Pins bisa menambahkan balkon di bagian teras maupun atas agar terlihat lebih chic.

Demi menambahkan kesan klasik penggunaan bahan metal sering dipakai. Desain atap seperti ini tak hanya bisa untuk satu lantai saja namun juga rumah tingkat.

5. Desain Rumah Open Space

Source : Pexels

Rumah open space mengedepankan kelapangan ruangan. Rumah seperti ini sering kali mempunyai halaman yang luas. Manfaat rumah open space adalah menghemat energi lebih banyak.

Pemilihan cat rumah condongnya netral sehingga pencahayaan lebih baik. Lingkungan tempat tinggal sehat dan menciptakan suasana rileks sehingga meningkatkan mood pemilik hunian. 

Desain seperti ini cocok untuk Pins yang suka gaya minimalis dengan model atap pelana arah depan. Bagian dinding yang menghadap ke halaman hijau bisa dikombinasikan dengan kaca yang disekat metal geometris.

6. Desain Rumah Ala Jepang

penampakan desain rumah kaca gaya Jepang
Source : Pexels

Rumah ala Jepang menggunakan atap yang lebar dan landai. Tujuannya agar mampu melindungi pintu dan jendela dari air hujan.

Desain rumah kaca ini sebagai dinding yang berguna menangkap cahaya. Materialnya juga berfokus dari alam seperti bambu, kayu dan kebanyakan memiliki dekorasi berelemen air.

Misalnya saja adanya kolam ikan di bagian halaman rumah. Bagian koridor terletak di luar rumah seperti mirip teras kecil. Fungsinya sebagai penghubung antara area dalam rumah dan halaman.

Baca juga: 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

7. Desain Rumah Futuristik Minimalis

Source : Pexels

Konsep arsitektur futuristik memakai penggunaan atap yang tidak umum. Bagian dinding memakai material kaca. Kesan nyentrik kental terasa karena bangunan jarang ditemukan di tempat lain.

Model rumah masa depan juga mengedepankan ergonomis. Setiap penataan mampu membuat nyaman pergerakan penghuni rumah.

8. Desain rumah kaca serba putih

desain rumah kaca
Source : Dwell

Pins juga bisa menggunakan warna putih sebagai dominan cat rumah kaca minimalis. Pasalnya, warna cat ini menciptakan kesan elegan, terutama ketika dikombinasikan dengan perabotan.

Warna putih ini juga bisa kamu gabungkan dengan warna-warna cerah yang netral, misalnya beige atau abu-abu. Dengan begitu, pencahayaan ruangan bisa maksimal dan menciptakan ruangan sempit terasa lebih lega. Jangan lupa gunakan perabotan dengan warna yang lebih gelap agar rumah tidak terlihat monoton dan kesan minimalisnya tetap terlihat.

9. Desain rumah dengan dinding full kaca

Source : Arch Daily

Desain rumah dengan dinding full kaca adalah konsep arsitektur yang mengintegrasikan elemen dinding atau fasad yang sebagian besar terbuat dari material kaca. Ini menciptakan tampilan yang sangat terbuka dan transparan, memungkinkan cahaya alami yang berlimpah masuk ke dalam ruangan dan memberikan pandangan yang luas ke luar.

Dinding full kaca sering digunakan untuk menciptakan hubungan yang kuat antara interior dan lingkungan luar, menciptakan atmosfer yang terang, modern, dan terhubung dengan alam di sekitarnya. Namun, metode ini memerlukan pertimbangan khusus untuk privasi dan pengaturan suhu yang tepat.

10. Desain rumah kaca dengan dapur terbuka

desain rumah kaca
Source : Glazing Vision Europe

Suka dengan konsep dapur terbuka? Jika iya, Pins bisa memanfaatkan desain rumah kaca dan menggabungkan konsep ini untuk menciptakan ruangan yang lebih luas. Tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat desain rumah dengan dapur terbuka.

Pertama, kamu bisa menggunakan pintu geser berbahan kaca, atap, atau jendela kaca. Beberapa elemen ini setidaknya bisa membuat ruang terasa lebih lega.

Terlebih lagi, konsep dapur terbuka membuat kesan yang lebih friendly dengan kerabat atau teman dekat yang berkunjung ke rumah. Mereka bisa menikmati jamuan makan dengan sirkulasi udara yang baik, serta terasa lebih intim karena proses memasak bisa terlihat.

Desain rumah kaca mampu mengesankan berbagai gaya arsitektur. Bangunan bisa terkesan hangat maupun futuristik. Material ini cocok juga untuk hunian open space maupun tropis yang kental dengan alam. Nah, mana desain yang cocok untuk kamu, nih?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download