Plus Minus Penggunaan Atap Kaca Belakang Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 18 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Rumah modern sering menggunakan atap kaca belakang rumah. Apalagi jika dekat dengan kebun. Salah satu keunggulan dari atap jenis ini adalah maksimalnya cahaya yang masuk dalam ruangan.

Dari segi visual juga terkesan menarik dan aktratif. Bangunan skylight memakai kaca agar pemandangan langit bisa terlihat jelas. Adapun fungsi, kelebihan dan kekurangan dari atap kaca ini bisa Pins simak sebagai berikut :

Fungsi Atap Kaca Belakang Rumah

(Pexels)

Kaca sering dipakai sebagai atap di kawasan beriklim tropis. Penggunaan kaca melindungi bangunan dan memaksimalkan tampilan visual. Kesannya lebih bersih dan tetap stylish.

Jenis kaca yang tersedia ada dua jenis yakni kaca tempered dan akrilik. Pembuatan kaca tempered yakni dengan memanaskan kaca float dengan suhu hingga 700 derajat celcius.

Kekuatannya 3-5 kali lipat lebih kuat daripada kaca biasa. Apabila kaca pecah, pecahannya aman sebab tumpul serta potongannya kecil-kecil. Jenis kaca tempered ada beragam mulai dari tinted, clear, stopsol dan indofigure.

Harganya mulai dari Rp. 200.000-Rp. 500.000 per meter perseginya. Sementara kaca akrilik memiliki ciri khas tidak mengkerut atau berubah warna. Kacanya terbuat dari campuran polymethyl methacrylate yang mencair saat dipanaskan.

Dari campuran ini memproduksi benda transparan seperti kaca. Perbedaannya antara kaca dan akrilik ialah mudah dibentuk dan lebih ringan. Akrilik terdiri atas dua kategori yaitu akrilik cetakan dan ekstrusi.

Kaca akrilik ekstrusi lebih mudah tergores karena sifatnya yang lebih lembut. Sedangkan akrilik cetakan lebih unggul sehingga harganya lebih tinggi. 

Ketebalan kaca akrilik 3 mm dan 5 mm. Ada dua warna kaca akrilik yang tersedia di pasaran yakni bening dan putih.

Baca juga : Ide Desain Rumah Atap Dak 1 Lantai

Kelebihan Atap Kaca Belakang Rumah

(Pexels)

Halaman belakang rumah sering dijadikan tempat berkumpul teman atau keluarga. Dalam pemasangannya bisa menggunakan rangka baja yang ringan namun tetap kuat. Adapun keunggulan dari atap kaca untuk belakang rumah adalah :

Visibilitas Tinggi

Keunggulan dari kanopi kaca adalah memberikan sinar matahari yang cukup. Cahaya alami mampu masuk ke dalam rumah sehingga suhu terasa hangat. Bila ingin memelihara tanaman di dalam rumahpun mudah dilakukan.

Jalur cahaya alami ini selain baik untuk interior juga menghemat energi. Penggunaan listrik untuk penerangan dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Bagi yang memiliki penyakit claustrophobia atau takut gelap maka kaca-kaca besar sebagai atap dapat menjadi pilihan. Visibilitas ruangan tersebut akan menjadi lebih baik.

Ventilasi Udara

Selain mengalirkan cahaya, atap kaca dapat berfungsi sebagai ventilasi udara. Ada dua jenis atap kaca berdasarkan konstruksinya yaitu permanen dan bisa dibuka tutup. 

Atap yang bisa dibuka tutup dapat dijadikan jalur sirkulasi udara. Ukurannya umumnya dari kecil dan sedang saja. Sementara bukaannya bisa dibuka keatas ataupun digeser. 

Meningkatkan Keheningan Interior Hunian

Kaca mempunyai kemampuan untuk meredam suara. Apalagi saat hujan datang sehingga suasana hening mudah tercipta. Pins tidak perlu khawatir terganggu dari suara knalpot kendaraan yang berlalu lalang di depan rumah.

Memperluas Ruangan

Satu lagi keunggulan dari atap kaca adalah mampu memperluas ruangan. Kaca yang sifatnya transparan sehingga kesan ruangan lebih lapang. 

Jika ruangan memiliki lahan terbatas dan tidak bisa memasang jendela maka atap kaca dapat menjadi solusinya. Atap yang terang akan membuat ruangan terasa lebih lega.

Kuat

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa kaca nyatanya merupakan material yang kuat. Apalagi bila menggunakan kaca tempered yang anti gores dan pecah. Meskipun pecahpun tidak akan membahayakan sekitarnya sebab tidak tajam.

Ketika kacanya pecah langsung membentuk fragmen kecil-kecil. Dengan begitu material ini dapat diklaim lebih aman.

Baca juga : Atap Solarflat : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Atap Kaca Belakang Rumah

(Pexels)

Walaupun memberikan banyak manfaat dan keunggulan ternyata atap kaca memiliki kekurangan. Selain dari segi harga, berikut kekurangan atap kaca yang bisa Pins simak dibawah ini :

Konstruksi & Perawatan Rumit

Jika dibandingkan dengan material atap genteng maupun beton, kontruksi dan perawatan atap kaca lumayan rumit. Bagian atap yang transparan jika ada debu yang menempel akan mudah terlihat.

Apalagi saat musim hujan akan membuat bekas air yang mengering nampak jelas. Potensi kaca buram dan berjamurpun semakin tinggi.

Pemasangan atap kaca lebih lama karena konstruksi yang rumit. Perhitungan mulai dari ketebalan dan permukaan kacanya harus setepat mungkin. Alasannya agar mencegah resiko roboh.

Mudah Menaikan Suhu Ruangan

Kaca adalah bahan yang menghantarkan panas dengan baik. Jika sinar matahari begitu terik maka bisa dengan cepat meningkatkan suhu ruangan. 

Solusinya adalah buat atap kaca langsung menghadap ke arah sinar matahari pagi. Pins bisa pula menambahkan film coating pada kaca tersebut. 

Privasi Berkurang

Transparansi yang ditawarkan atap ini mampu mengurangi privasi penghuni rumah.  Terutama jika rumah dibangun di pusat kota dan di sekitar gedung yang lebih tinggi dari hunian.

Aktivitas di dalam rumah akan terlihat jelas dari gedung tersebut. Oleh karena itu sebaiknya atap kaca difungsikan untuk ruang publik saja. Misalnya halaman belakang, lorong ataupun ruang tamu.

Atap kaca belakang rumah memiliki visual yang menarik. Atap lebih hemat energi dan ramah lingkungan. Atapnya juga kuat namun perlu perawatan rutin.

Baca juga : 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia