BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Tips Desain Dapur Catering Ergonomis Agar Mudah Memasak
0
0

9 Tips Desain Dapur Catering Ergonomis Agar Mudah Memasak

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain dapur catering yang ergonomis dapat membantu mempercepat kegiatan memasak. Pengguna bisa nyaman dan aman memakai alat memasak. Selain itu makanan tetap terjaga kehigienisannya.

Dapur ergonomis menciptakan efisiensi area kerja. Desain dapur catering ergonomis memperhatikan luas ruangan, ventilasi bahkan kesesuaian furniture yang digunakan. Berikut beberapa tips desain dapur catering yang bisa Pins terapkan !

Bagi Layout Aktivitas

suami istri sedang desain dapur catering
Pexels

Mula-mula tetapkan layout dapur agar mudah mengukur kebutuhanmu. Pisahkan berdasarkan aktivitas penggunanya seperti di bawah ini : 

  • Area Memasak

Terdiri atas peralatan memasak yang Pins butuhkan yakni oven, kompor, rice cooker. Pastikan pula ada lokasi sumber daya guna peralatan elektronik

  • Area Persiapan

Area ini berguna menyiapkan makanan yang terdiri atas tempat penyimpanan peralatan kecil seperti talenan atau pisau.

  • Area Cuci

Kawasan ini terdiri atas kitchen sink dan perlengkapan bebersih lainnya. Ada pula rak pengering piring di sekitar sink.

  • Area Penyimpanan

Area ini terbagi atas dua macam yakni untuk peralatan makan dan penyimpanan makanan seperti bumbu dan makanan kering.

Seluas apapun dapur tersebut harus memiliki flow aktivitas area masak, persiapan dan cuci.  Posisinya berurutan dan bersebelahan karena sering digunakan.

Area penyimpanan dapat Pins letakan terpisah dari lemari dapur namun masih satu jangkauan saat memasak. Hindari meletakan area cuci persis di sebelah tempat memasak.

Baca juga :

Pisahkan Posisi Penyimpanan

Pexels

Ada pula yang memisah area dapur berdasarkan zoning yakni area primer, sekunder dan tersier. Area primer merupakan kawasan yang digunakan sehari-hari seperti memasak.

Ada pula area sekunder yang menunjang kawasan primer. Sementara area tersier untuk menyimpan peralatan yang jarang digunakan sehari-hari. Konsep seperti ini biasanya untuk bangunan dengan banyak ruang. 

Penghuni rumah bisa menyediakan dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor untuk memasak sementara dapur bersih hanya sebagai persiapan menyajikan makanan saja.

Tetapkan Ukuran Ideal

Pexels

Luas ruangan untuk dapur bila sempit maka furniture yang digunakan perlu dibatasi. Misalnya penggunaan lemari besar perlu dipertimbangkan kembali. Ukuran dapur yang sembarangan bisa membuat aktivitas memasak tidak nyaman.

Dapur dengan ukuran 3×3 meter bisa digunakan 2-3 orang sekaligus. Dapur bisa berbentuk L, U maupun straight disesuaikan dengan luas lahan. Bentuk dapur L membuat aktivitas memasak lebih efisien karena tidak perlu berbelok banyak.

Sementara dapur bentuk I khusus untuk luas ruangan yang sempit. Dapur bentuk U dikhususkan untuk satu ruangan sehingga ukuran dapurnya cukup besar. 

Cek Ketinggian Meja

desain dapur catering dengan cek ketinggian meja kerja
Pexels

Selanjutnya cek ketinggian meja yang memadai seperti tinggi meja dapur, wastafel maupun tinggi kompor sekitar 85-90 cm dari lantai. Tinggi ini bisa disesuaikan dengan tinggi badan penggunanya.

Lebar meja dapur sebaiknya minimal 60 cm dan panjang disesuaikan luas ruangan. Jarak ideal antara meja dapur dan kabinet atas ialah 50-60 cm. Jarak yang terlalu rendah bisa menyebabkan benturan dan sulit dalam menjangkau bumbu pada kabinet.

Dapur Dengan Rak Bukaan

Pexels

Desain dapur catering biasa didukung dengan rak bukaan. Fungsinya untuk meletakkan bumbu dapur yang sering digunakan. Manfaat lain dari rak bukaan adalah mengatur sirkulasi udara lebih baik.

Bumbu dapur aman dari serangan jamur serta memberikan penerangan alami. Pins bisa dengan jelas mengetahui bumbu atau peralatan memasak yang tersimpan sehingga mudah dalam pencariannya.

Baca juga :

Hadirkan Kitchen Island

kitchen island berwarna coklat untuk desain dapur catering
Pexels

Island merupakan kabinet tempat penyimpanan di dapur yang desainnya senada dengan interior ruangan. Biasanya didukung dengan kursi serta meja bar kecil.

Island membantu pengguna mendapatkan ruang kerja lebih untuk mempersiapkan kebutuhan memasak seperti meracik atau mengolah bahan. Island menambah ruang penyimpanan sehingga dapur terlihat rapi dan bersih.

Ketika sedang tidak memasak island berfungsi sebagai meja makan. Kabinet seperti ini paling pas untuk dapur sempit. Kabinetnya banyak sehingga cukup memuat semua barang.

Kitchen island ada yang beroda dan portabel agar pengguna bisa dengan mudah memindahkannya. Ada pula yang menyatu dengan tempat memasak hingga desain bertingkat.

Jarak Sirkulasi

desain dapur catering dengan jendela menghadap kitchen sink
Pexels

Perhatikan pula jarak sirkulasi dalam desain dapur catering. Ventilasi amat penting pada dapur agar saat memasak aroma bumbu tidak menyebar ke ruangan lainnya. Jarak sirkulasi sebaiknya dioptimalkan yakni sekitar 94 cm.

Bagi dapur apartemen bisa memanfaatkan cooker hood/exhaust fan agar dapur tidak bau ketika memasak. Sedangkan jarak bebas antara ruang bebas dan meja dapur yang berhadapan setidaknya 90 cm. 

Jarak ini bisa membuat Pins dapat leluasa berdiri, membungkuk bahkan jongkok ketika mengambil barang di kabinet bawah. Apabila jarak bebas dan sirkulasi dirangkap maka minimum 150 cm.

Penerangan & Pembuangan Limbah

Pexels

Penerangan dapat dioptimalkan dengan memakai jendela yang besar. Posisi jendela bisa tepat menghadap kitchen sink atau kompor. Sementara pembuangan limbah di dekat kompor. Sediakan dua jenis tempat sampah untuk organik dan anorganik.

Baca juga :

Material Lantai & Backsplash

desain dapur catering dengan lantai kayu dan backsplash keramik
Pexels

Pilih material lantai anti slip seperti batuan alam maupun kayu. Material ini jika terkena cairan mudah untuk dibersihkan. Selain itu bagian backsplash sebaiknya memakai keramik.

Desain dapur catering dengan backsplash keramik mudah untuk dibersihkan bila minyak atau bumbu dapur mengenainya. Bagaimana siap untuk membangun desain dapur catering milikmu dari sekarang ?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download