Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 2 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Biasanya letak dapur berada di dalam rumah. Apa jadinya bila letak dapur belakang rumah? Ternyata dapur terbuka ini sudah banyak diaplikasikan dalam interior  masa kini.

Kebanyakan digunakan pada rumah yang memiliki lahan terbatas. Keunggulan dari dapur belakang rumah ialah terjaminnya sirkulasi udara yang lebih baik. 

Dekorasi dapur terbuka yang letaknya di belakang rumah harus memperhatikan beberapa poin. Diantaranya bisa Pins simak sebagai berikut :

Simak Ketersediaan Lahan

(Pexels)

Mula-mula cek dulu ketersediaan lahan. Dapur di belakang rumah bisa pula memanfaatkan sudut ruangan maupun area dibawah tangga. Ruang memasak bisa dibuat semi outdoor yang menyatu dengan taman kering tanpa sekat.

Lahan untuk dapur ini bisa pula berbentuk memanjang. Ruanggan memanjang dengan lebar 2.8 meter saja dapat difungsikan menjadi tiga ruangan sekaligus.

Dapur, ruang makan dan taman sekaligus. Bagian taman tidak perlu ditutupi atap sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk ke area dapur.

Baca juga : 15 Model Meja Bar Cafe Sederhana untuk Dapur Rumah

Satukan Dapur Dengan Tempat Mencuci

(Shutterstock)

Apabila lahan berbentuk L bisa pula disatukan dengan tempat mencuci. Saat menyatukan dua tempat ini, Pins perlu mengetahui ukuran mesin cuci yang digunakan. 

Rata-rata ukuran mesin cuci membutuhkan 1 meter persegi. Lokasi mencuci pakaian tidak jauh dari tempat menggantung pakaian untuk dijemur. Bedakan area basah dan kering.

Area basah dapat diletakan mesin cuci dan dekat dengan kitchen sink. Tidak lupa bagian bawah mesin cuci diberi dudukan terlebih dulu. 

Pins bisa memberikan papan agak tinggi. Desain seperti ini sangat cocok untuk rumah tipe 21 maupun 36. 

Manfaatkan Elemen Kayu

(Pexels)

Desain dapur terbuka cenderung dipengaruhi material kayu. Bahan ini sangat sesuai dengan desain tropikal. 

Pakai kayu di lokasi yang menarik guna memperkuat visual dapur. Pins bisa memakai kabinet berbahan kayu. Kayu dengan finishing warna gelap memberikan kesan elegan.

Jika ingin ramah lingkungan dapat pula dipakai kayu daur ulang. Kesan vintage pada meja dan kursi akan terlihat jelas dari material kayu daur ulang ini. 

Padu padankan warna dan tekstur. Warna yang cerah mampu memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan. 

Pins dapat memakai warna alami kayu dikombinasikan dengan aksesoris pendukung. Misalnya saja penggunaan keset dari serabut kelapa atau bebatuan sintetis.

Gunakan Transisi Tegas

(Pxhere)

Untuk membedakan satu ruangan dengan ruangan lainnya berikan transisi tegas. Pins bisa memakai meja bar yang menyatu dengan dapur.

Meja bar ini dipakai sebagai tempat makan. Lengkapi dengan single chair tanpa pegangan lengan. Transisi juga dapat dibentuk dari perbedaan tinggi lantai.

Misalnya saja pada dapur dibuat lebih tinggi permukaan lantainya dibandingkan taman. Bagian taman dapat memakai rumput sintetis sedangkan area dapur menggunakan keramik. 

Baca juga : Tips Tata Ruang Dapur Basah Yang Wajib Diketahui

Pakai Dominasi Warna Hitam dan Putih

(Pexels)

Untuk membuat lahan sempit terasa lapang maka dominasikan warna hitam dan putih. Bagian dinding sebaiknya memakai cat warna putih.

Bagian furniture dapat dikombinasikan antara kayu dan stainless steel. Warna besi umumnya hitam sehingga menampilkan kesan elegan. 

Dapur dengan warna monokrom juga sangat estetik. Selain itu sangat nyambung dengan area teras belakang rumah.

Kebetulan warna peralatan memasak juga terbuat dari bahan logam. Peralatan dapat disimpan dalam kabinet maupun digantung. 

Jika Pins tidak terlalu menyukai warna putih bisa pula diganti warna cerah lainnya. Misalnya warna cream yang memadukan kuning dan putih.

Tambahkan Partisi Minimalis

(Pexels)

Apabila peralatan memasak ternyata lebih banyak sehingga tak bisa masuk dalam kabinet maka tambahkan partisi. Partisi ini dapat dibuat sebagai rak terbuka tanpa pintu.

Pins dapat pula memakai partisi sebagai rak gantung. Rak gantung ini dapat pula difungsikan sebagai sekat antara meja makan dan dapur.

Keunggulan dari rak gantung adalah tidak perlu menempel ke dinding. Rak dapur bisa dibuat open space ataupun memakai pintu geser sebagai penutup lemarinya.

Pakai Tirai Bambu dan Lampu Gantung

(Shutterstock)

Kelemahan dari dapur open space adalah sinar matahari yang terlalu banyak masuk. Dapur dengan cahaya yang optimal tentu mengurangi penggunaan lampu.

Hanya saja bila intensitasnya terlalu tinggi akan membuat kitchen set terasa panas. Untuk menanggulangi hal ini bisa menggunakan tirai bambu.

Tirai dapat dipasang menghadap langsung ke arah matahari. Pins dapat memakai tirai bambu yang visualnya tak kalah menarik. Tirai inipun bisa juga digunakan sebagai sekat.

Tidak lupa pakai lampung gantung sehingga interior terlihat lebih modern. Lampu gantung dapat diletakan di tengah ruangan atau tepat diatas meja makan.

Baca juga : 9 Pilihan Keramik Lantai Dapur Rumah Anti Licin

Sisipkan Tanaman 

(Shutterstock)

Jangan lupa tambakhkan tanaman. Jenis tanaman bisa berupa dalam pot maupun digantung.

Tanaman ini dapat membersihkan udara dari asap yang dihasilkan ketika memasak. Selain itu mampu menambah ruangan terlihat lebih asri.

Jika Pins cenderung pribadi yang malas merawat tanaman maka pilih yang jenisnya tidak perlu banyak perawatan. Misalnya sirih gading, lidah mertua maupun aloe vera.

Tanaman ini tidak butuh banyak cahaya matahari maupun disiram air setiap harinya. Jika ingin jenis tanaman yang berbunga pilih saja lavender yang mampu mencegah nyamuk masuk ataupun gardenia.

Bagaimana menarik bukan dekorasi dapur belakang rumah diatas ? sudah siap untuk melakukan make over mulai dari sekarang ?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia