BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat
0
0

Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ternyata konsep dapur terbuka sudah banyak diaplikasikan dalam interior hunian masa kini. Umumnya dapur belakang rumah menyatu dengan area cuci yang terhubung saluran air.

Keunggulan dari dapur belakang rumah tanpa sekat ini ialah terjaminnya sirkulasi udara yang lebih baik. Dekorasi dapur belakang rumah open space mampu memaksimalkan pemakaian lahan. Dalam membangun dapur belakang rumah tanpa sekat ini ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

Simak Ketersediaan Lahan

wanita membuatkan minum di dapur belakang rumah
Source : Pexels

Mula-mula cek dulu ketersediaan lahan untuk dapur belakang rumah dan ukur ruangan tersebut. Dapur belakang rumah bisa memanfaatkan sudut ruangan maupun area dibawah tangga. Ruang memasak bisa dibuat semi outdoor yang menyatu dengan taman kering tanpa sekat.

Lahan untuk dapur ini bisa pula didesain memanjang dengan lebar 2.8 meter. Dari luas tersebut dapat dibagi menjadi tiga ruangan sekaligus yakni dapur, ruang makan dan taman sekaligus. Bagian taman tidak perlu ditutupi atap sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk ke area dapur.

Baca juga:

Satukan Dapur Dengan Tempat Mencuci

dapur belakang rumah dekat tempat mencuci baju
Source : Shutterstock

Apabila lahan berbentuk L bisa disatukan dengan tempat mencuci di bagian sudut belokannya. Saat menyatukan dua tempat ini, Pins perlu mengetahui ukuran mesin cuci yang digunakan. 

Rata-rata ukuran mesin cuci membutuhkan 1 meter persegi. Lokasi mencuci pakaian sebaiknya tidak jauh dari tempat menggantung pakaian untuk dijemur. Bedakan area mencuci yang basah dan kering karena area basah dapat diletakan mesin cuci dan dekat dengan kitchen sink.

Tidak lupa bagian bawah mesin cuci diberi dudukan terlebih dulu dengan memberikan papan agak tinggi. Desain seperti ini sangat cocok untuk rumah tipe 21 maupun 36. 

Manfaatkan Elemen Kayu

dapur belakang rumah dekat meja makan
Source : Pexels

Desain dapur terbuka biasanya banyak menggunakan material kayu karena sangat sesuai dengan nuansa tropikal. Pakai kayu di lokasi yang menarik guna memperkuat visual dapur.

Pins bisa memakai kabinet berbahan kayu dengan finishing warna gelap memberikan kesan elegan. Jika ingin ramah lingkungan dapat pula menggunakan kayu daur ulang. Kesan vintage pada meja dan kursi akan terlihat jelas dari material kayu daur ulang ini. 

Padu padankan warna dan tekstur serta gunakan cat dinding cerah agar memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan. Pins dapat memakai warna alami kayu dikombinasikan dengan aksesoris pendukung. Misalnya saja penggunaan keset dari serabut kelapa atau bebatuan sintetis.

Gunakan Transisi Tegas

dapur belakang rumah dengan atap kayu
Source : Pxhere

Untuk membedakan satu ruangan dengan ruangan lainnya berikan transisi tegas. Pins bisa memakai meja bar yang menyatu dengan dapur sebagai pemisah antara dapur dan meja makan.

Lengkapi dengan single chair tanpa pegangan lengan. Sekat berupa meja bar ini bisa menjadi transisi ruangan dengan penambahan perbedaan tinggi lantai.

Area dapur dibuat lebih tinggi permukaan lantainya dibandingkan taman. Bagian taman dapat memakai rumput sintetis sedangkan area dapur menggunakan keramik. 

Baca juga: 

Pakai Dominasi Warna Hitam dan Putih

dapur belakang rumah dengan dinding putih
Source : Pexels

Untuk membuat lahan sempit terasa lebih lapang sebaiknya gunakan warna hitam dan putih. Bagian dinding dapat memakai cat warna putih sementara furniture dapur berwarna hitam.

Bagian furniture dapat dikombinasikan antara kayu dan stainless steel. Warna besi umumnya hitam sehingga menampilkan kesan elegan dan mewah. 

Dapur dengan warna monokrom juga sangat estetik apalagi jika mayoritas warna peralatan memasak juga terbuat dari bahan logam. Peralatan dapat disimpan dalam kabinet maupun digantung. 

Warna seperti ini sangat nyambung dengan area teras belakang rumah. Jika Pins tidak terlalu menyukai warna putih atau monokrom bisa pula diganti warna cerah lainnya seperti krem yang memadukan kuning dan putih.

Tambahkan Partisi Minimalis

Source : Pexels

Apabila peralatan memasak ternyata sangat banyak sehingga tak bisa masuk dalam kabinet maka tambahkan ambalan atau rak tambahan. Pins juga bisa menggantung peralatan memasak pada area backsplash.

Jika ternyata ambalan belum mampu memuat barang dapur tambahkan lemari gantung. Model lemari seperti ini bisa difungsikan sebagai sekat antara meja makan dan dapur.

Keunggulan dari lemari gantung adalah posisinya yang tidak perlu menempel ke dinding. Lemari dapur bisa dibuat open space ataupun memakai pintu geser sebagai penutup lemarinya.

Pakai Tirai Bambu dan Lampu Gantung

Source : Shutterstock

Kelemahan dari dapur open space adalah sinar matahari yang terlalu banyak masuk. Dapur dengan cahaya yang optimal tentu mengurangi penggunaan lampu.

Hanya saja bila intensitasnya terlalu tinggi akan membuat kitchen set terasa panas. Untuk menanggulangi hal ini bisa menggunakan tirai bambu.

Tirai dapat dipasang menghadap langsung ke arah matahari. Pins dapat memakai tirai bambu sebagai sekat yang memiliki desain visual menarik dan atraktif.

Tidak lupa pakai lampung gantung sehingga interior terlihat lebih modern. Lampu gantung dapat diletakan di tengah ruangan atau tepat diatas meja makan.

Baca juga: 

Sisipkan Tanaman

Source : Shutterstock

Jangan lupa tambahkan tanaman bisa berupa tanaman dalam pot maupun digantung. Tanaman ini dapat membersihkan udara dari asap yang dihasilkan ketika memasak dan mampu menambah ruangan terlihat lebih asri.

Jika Pins tergolong pribadi yang malas merawat tanaman maka pilih yang jenisnya tidak perlu banyak perawatan. Misalnya sirih gading, lidah mertua maupun aloe vera.

Tanaman ini tidak membutuh banyak cahaya matahari maupun disiram air setiap harinya. Sementara tanaman yang memiliki bunga ada lavender yang mampu mencegah nyamuk masuk ataupun gardenia.

Bagaimana menarik bukan dekorasi dapur belakang rumah diatas ? Apakah kini Pins sudah siap untuk melakukan make over mulai dari sekarang ?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download