BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah Jepang Minimalis yang Bisa Dijadikan Contoh
0
0

15 Desain Rumah Jepang Minimalis yang Bisa Dijadikan Contoh

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 30, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah jepang minimalistop-right-banner

Tidak hanya terkenal dengan kebudayaannya, Jepang juga terkenal dengan desain rumahnya yang bisa dibilang unik. Desain rumah Jepang minimalis juga dapat dibuat dengan memadukan tampilan modern yang apik dan tradisional.

Rumah minimalis jepang sangat cocok untuk digunakan pada rumah di Indonesia. Apalagi konsep rumah jepang saat ini sedang naik daun dan menjadi tren home decor.

Rancangan arsitektur rumah dari Negeri Sakura memang bisa dijadikan kiblat rumah minimalis yang kekinian. Bentuknya yang sederhana tetap terlihat menarik dengan interior fungsional yang dapat mengakomodasi kebutuhan setiap anggota keluarga.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Griya Parama atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Desain Rumah Jepang Minimalis

1. Module Grid House

Source : Pinterest

Desain rumah Jepang yang satu ini terlihat menarik jika dibandingkan dengan rumah yang ada di sekitarnya karena menggunakan sistem metrik tradisional.

Tidak hanya itu, rumah yang satu ini juga memakai material prefabricated yang mempunyai ukuran telah disesuaikan dengan modulnya. Sehingga membuat tampilan rumah terlihat lebih bermanfaat. Pada bagian atas terbuat dari material kaca, jadi kita dapat memanfaatkan pencahayaan secara maksimal.

2. Rumah di Midorigaoka

Source : Pinterest

Desain rumah kali ini terlihat lebih mencampur dengan bangunan yang ada pada sekitarnya. Tidak hanya tampilan yang terlihat sederhana adalah kunci utama dari desain kontemporer ini.

Dengan menggunakan material secara cermat, maka akan membuat rumah lebih terkesan nyaman untuk dihuni.

3. Rumah Concrete Box

desain rumah jepang minimalis
Source : Pinterest

Pada desain rumah ini terinspirasi dari seorang yang Bernama tadao andi yang didapat dari karya-karyanya. Dengan tampilan menggunakan perpaduan dari unsur tradisional dan juga modern, hal ini dapat dilihat dari bahan bahan yang dibuat dari kayu dan beton.

Terdapat desin pada bagian depannya kita dapat membuat taman dengan ditumbuhi berbagai perpohonan yang tampilan rumahnya menjadi lebih asri dan nyaman.

4. Rumah Slice of City

Source : Pinterest

Pada desain ini menunjukan dengan desain rumah Jepang minimalis dengan memaksimalkan cahaya dari matahari namun memiliki privasi yang sangat terjaga bagi yang tinggal. Dengan cara membangun tembok besar yang terbagi void vertical, sehingga cahaya yang menjadi ciri khas utamanya bisa diteruskan kedalam rumah.

5. Rumah Fusuma

desain rumah jepang minimalis
Source : Pinterest

Dengan bertipe papan kayu berkualitas tinggi dengan bahan bangunan utamanya. Proses dalam pembangunan dan perancangan desain rumah jepang minimasil dengan bergaya tempo dulu Dengan bercirikhas juga pintu geser digunakan sebagai bagian multifungsional untuk memisahkan ruangan yang dengan mudah untuk dibuka tutup.

Dinding rumah juga berlapis berupa kertas mintak tipis yang sering digunakan untuk menutupi fusuma untuk menjaga dari privasi pemiliknya dengan tanpa menutupi akses cahaya secara penuh. Kamu juga dapat memasang fasad roster untuk pencahayaan serta privasi rumahmu.

6. Silent House

desain rumah jepang minimalis
Source : Pinterest

Biaya untuk membangun rumah tentunya bisa dibilang cukup banyak dan dapat menghabiskan seluruh tabungan kamu. Bahkan membangun rumah dapat membuat kamu mengambil pinjaman jika dana yang kamu punya tidak mencukupi untuk membangun rumah.

Namun, menggunakan desain ini kamu dapat membangun rumah yang unik dengan budget yang lebih sedikit dibandingkan rumah pada umumnya.

Rumah ini dibangun tanpa menggunakan plester dan memberikan keunikan tersendiri untuk rumahmu nanti. Tentu rumah ini harus kamu lapisi dengan cat pelapis yang dapat membuatnya tahan akan cuaca.

7. Light Grain

Source : Pinterest

Desain light grain menampilkan rumah yang didesain khusus agar menyeimbangkan pencahayaan, ventilasi, dan privasi. Hal ini akan membuat cahay bisa masuk melalui dinding berlumbang dan jendela yang ada di bagian depan rumah.

Dinding rumah ini terbuat dari bahan metal, oleh karena itu selain dapat mengatur pencahayaan dan ventilasi juga dapat mempercantik tampilan bangunan secara keseluruhan.

8. Gandare House

Source : Pinterest

Ketika kamu pertama kali melihat desain rumah yang satu ini tentu saja dapat membuat kamu terpesona. Hal ini disebabkan Gandare house walaupun tidak selebar rumah disampingnya namu akan tetap terlihat mencolok dengan tampilan fasad yang menarik.

Walaupun tampilan luar dari rumah ini terlihat modern, akan tetapi pada bagian interiornya menggunakan material kayu yang menjadi ciri khas rumah Jepang.

Rumah ini juga mendapatkan pencahayaan yang alami, hal ini dapat membuat nyaman bagi yang menghuninya.

9. Desain Relation

Source : Pinterest

Desain yang satu ini memakai struktur beton pada bagian luarnya. Sedangkan untuk bagian interiornya rumah ini menggunakan desain mezzanine sehingga membuat ruangan ekstra di dalamnya.

Sehingga membuat rumah minimalis Jepang yang dapat memaksimalkan ruangan terbatas dan mengutamakan privasi bagi penghuninya.

10. Area Genkan

Source : Pinterest

Ciri khas dalam desain rumah Jepang  tidak mengenal tipe bangunan walaupun pada dalam apartemen mempunyai area genkan. Area genkan adalah area transisi diantara bagian dalam dengan bagian luar. Biasanya area genkan dipakai untuk menerima pengunjung serta sebagai tempat untuk berganti antara sepatu dengan sandar rumah yang dilepas sebelum kita menginjak lantai tatami.

Area genkan biasanya mirip foyer yang biasanya dilengkapi dengan rak atau cabinet dan disebut juga dengan getabako, hal ini berguna untuk menyimpan sepatu ataupun benda dekoratif lainnya.

11. Desain Sekihara

Source : Pinterest

Rumah ini biasanya di bangun dengan area yang seluas 130 meter persegi, mengutamakan kenyamanan dengan pengaturan kaca yang lebar di area atas, hal ini berguna untuk mendapatkan Cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Sehingga dapat mendapatkan sekaligus pemanas alami dalam ruangan rumah.

12. Near House

Source : Pinterest

Pada tampilan depan dari rumah, desain rumah ini seperti tidak mempunyai ventilasi sama sekali. Akan tetapi ketika kamu memasuki bagian dalam dari rumah unik ini, kamu bisa akan menginginkan tinggal di dalamnya.

Desain ini menggunakan konsep ‘gerbang’ depan rumah memberikan rumah ini kesan yang unik akan tetapi juga akan membuat kamu takjub ketika melihat bagian dalamnya.

13. Minami Aoyama

Source : Booking

Seperti tidak ada lahan sempit yang tidak dapat di bangun, rumah dengan luas bangunan 72 meter persegi ini di bangun tepat di pinggir persimpangan.

Rumah dengan desain yang kompak dengan sedikit sekat pada ruangan yang membuat pergerakan pada dalam ruangan menjadi lebih leluasa dan rumah terasa lebih lega.

14. Desain Kolam di dalam Ruangan

Source : Pinterest

Desain rumah Jepang unik kali ini dapat menciptakan atmosfer sejuk dalam ruangan. Air adalah simbol kedamaian dan kesejahteraan, menghasilkan oksigen yang bisa membuat udara di rumah terasa lebih segar.

Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika mempunyai kolam di dalam ruangan, hal ini bisa memberikan efek menenagkan bagi penghuni rumah Jepang yang satu ini.

15. Arsitektur Box Moriyama

Source : Pinterest

Ciri khas bangunan rumah modern bisa dilihat dari pemilihan atap yang biasanya menggunakan model flat roof. Tampilan ini membuat bangunan lebih elegan karena bagian ‘poni’ rumah yang biasanya tampak lebih mencolok dari penggunaan atap konvensional.

Itu dia beberapa desain rumah Jepang minimalis yang bisa kamu terapkan di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download