BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! Tips Desain Kamar Mandi Lansia. Dijamin 100% Aman!
0
0

Catat! Tips Desain Kamar Mandi Lansia. Dijamin 100% Aman!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain toilet untuk lansiatop-right-banner

Apakah perlu membuat desain toilet untuk lansia? Nah, hal seperti inilah yang seringkali Pins abaikan ketika merancang sebuah toilet. Orang tua yang telah lanjut usia seringkali mengalami kesulitan pada saat ke kamar mandi. Hal ini menyebabkan sering terjadinya permasalahan beberapa orang tua yang terjatuh dan terpeleset di toilet.

Pins harus mengantisipasi kejadian-kejadian tersebut yaitu dengan cara membuat desain toilet untuk lansia dikarenakan di usia yang sudah renta, tubuh orang tua sudah tidak sekuat dahulu kala. Komplikasi dan berbagai permasalahan dapat terjadi jika lansia sampai terjatuh. Simak beberapa tips berikut ini agar dapat menjadi acuan ketika ingin mendesain toilet!

Baca Juga: Tips Membangun Kamar Mandi Minimalis

Tips Mendesain Kamar Mandi Lansia

Pasang Pegangan (Handrail)

Source : grabdashbar

Pegangan ini akan membantu para lansia untuk berpegangan pada saat didalam toilet, sehingga mampu menghindari terjadinya kecelakaan atau terjatuh di dalam toilet. Pasanglah pegangan ini ke beberapa titik tempat yang sekiranya sering dilewati oleh para lansia, seperti disamping kloset dan dekat area mandi. Gunakanlah pegangan atau handrail yang terbuat dari stainless steel karena bahan ini tidak mudah berkarat.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi Nuansa Alam

Gunakan Keramik Bertekstur Kasar

Desain toilet untuk lansia
Source : Pixabay

Hindari keramik yang memiliki tekstur halus , karena keramik yang bertekstur halus akan licin apabila tersiram oleh air. jadi sebaiknya gunakan keramik memiliki motif atau bertekstur kasar sehingga tidak akan mudah licin pada saat kondisi keramik basah. Selain itu anda juga bisa menggunakan alas berbentuk karpet .

Hindari Lantai Yang Bertingkat

Pastikan seluruh permukaan lantai rata. Hindari membuat permukaan lantai dengan ketinggian berbeda ketika ingin memisahkan area basah dan area kering di dalam kamar mandi. Permukaan lantai kamar mandi yang rata akan memudahkan mereka saat berjalan. Selain itu, pengguna kursi roda pun tidak akan mengalami kesulitan.

Para lansia sering lupa,dan tidak begitu fokus memperhatikan jalan , sehingga  lantai yang memiliki tingkatan akan beresiko  kesandung dan akhirnya terjatuh.

Gunakan Kloset Duduk

Source : guardian

Untuk para lansia sangat cocok menggunakan kloset duduk. Hindari menggunakan kloset jongkok, karena apabila para lansia menggunakan kloset duduk  akan lebih mudah capek, pegal, dan nyeri hal ini dikarenakan otot otot kaki tidak mampu lagi menahan beban terlalu lama.

Para orang tua yang sudah lanjut usia akan lebih mudah merasakan capek, lelah, pegal, dan nyeri. Dengan pemasangan tempat duduk didalam toilet, kloset da[at dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat atau membersihkan tubuh sambil duduk.

Baca Juga: 8 Contoh Kamar Mandi Murah dan Sederhana

Gunakan Shower

Penggunaan shower akan lebih memudahkan para lansia  dari pada menggunakan bathtub, hal ini dikarenakan permukaan bathtub cenderung licin  sehingga kemungkinan besar akan mudah menyebabkan orang tua terjatuh dan terpeleset.

Perhatikan Penggunaan Cahaya Atau Lampu

Source : Unsplash

Terkadang, banyak lansia yang sudah mengalami penurunan fungsi mata sehingga tidak dapat melihat dengan jelas. Oleh karena itu lampu memiliki peran penting dalam pencahayaan di kamar mandi sebagai alat bantu penglihatan mereka. Jadi Pilihlah lampu sesuai dengan kenyamanan dan itensitas yang tepat agar tidak terlalu menyilaukan mata.

Pasang Penghangat Air

Pastikan pemanas air berfungsi sebagaimana mestinya. Perhatikan pula suhu air panas yang dihasilkan, yakni tidak boleh melebihi suhu 55-60 C. Suhu air yang terlalu panas bisa memanaskan seluruh permukaan lantai kamar mandi dan hal ini jelas sangat berbahaya.

Perhatikan Instalasi Listrik

Pemana air pada desain kamar mandi
Source : Unsplash

Pastikan instalasi listrik terpasang dengan benar. Dan pastikan instalasi listrik tidak ada yang berdekatan dengan sumber air.

Itulah beberapa cara desain toilet untuk lansia. Semoga artikel kali ini menjadi salah satu referensi untuk anda, dan tentunya semoga bermanfaat.

Baca Juga : 7 Desain Kamar Mandi Kecil Nuansa Alam


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download