7 Pilihan Wallpaper Kamar Tidur Mewah & Perawatannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 15 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Kamar tidur dapat didesain menarik dengan pemilihan wallpaper kamar tidur mewah. Wallpaper tidak hanya sebagai dekoratif namun melindungi dinding dari noda.

Apalagi bahan walppaper kini ada yang anti minyak dan mudah dibersihkan dari debu dan kotoran. Adapun cara perhitungan, pilihan wallpaper kamar tidur mewah dan perawatannya dapat disimak dibawah ini :

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper 

(Pxhere)

Kelebihan wallpaper dinding adalah mudah digonta-ganti sesuai kebutuhan. Wallpaper dijual dalam gulungan atau roll dengan beberapa pilihan ukuran. Ketahanannya dapat mencapai 3-8 tahun dan mampu menutupi keretakan dinding.

Untuk mengetahui kebutuhan wallpaper ada rumus yang digunakan. Pins dapat menghitung kebutuhan wallpaper dinding satu sisi dengan cara (panjang x tinggi) –  (luas jendela atau pintu). 

Sementara luas dinding satu ruangan dapat memakai rumus (keliling ruangan x tinggi ruangan) – (luas bidang jendela atau pintu). Rata-rata lebar rol wallpaper adalah 50-93 cm. Sedangkan panjangnya dijual dalam ukuran 5, 10 dan 17.5 meter.

Baca juga : Keunggulan Wallpaper Warna Putih Polos untuk Desain Rumah

Ide Pilihan Wallpaper Kamar Tidur Mewah

Pilihan wallpaper yang bisa Pins pilih juga sangat beragam. Kemewahan tidak harus didominasi warna-warna gelap. Pilihan wallpaper dengan warna cerah juga mampu mengesankan ruangan elegan.

Floral

(Pxhere)

Motif floral banyak ditemukan pada wallpaper dinding. Umumnya memakai visual bunga mawar yang eksotis. Selain itu ada pula gambar bunga yang masih kuncup.

Wallpaper dinding di atas mampu membuat ruangan terasa hangat. Apalagi kombinasi warna yang dipadukan lebih beragam dari putih, hijau, merah hingga toska. 

Pins dapat menyesuaikan motif wallpaper dengan perlengkapan tidur. Misalnya kesamaan motif pada sarung bantal maupun selimut.

Alam

(Pxhere)

Kemewahan dinding dapat terpancar dari pemakaian motif alam. Pins dapat memakai wallpaper tema bebatuan maupun kayu. Motif dinding juga sesuai dengan lantai yang memakai parket kayu.

Bila wallpaper dinding sudah memakai warna gelap maka furniture sebaiknya berwarna cerah. Gunakan warna kontras pada area plafon hingga lemari pakaian seperti putih.

Black & White

(Pxhere)

Apabila kamar tidur tak memiliki banyak perabotan dapat memilih wallpaper hitam putih seperti gambar diatas. Gunakan motif floral seamless agar ruangan terasa tidak monoton.

Kesan mewah kental terasa dari warna hitam yang elegan. Dipadukan dengan motif floral seamless berwarna putih yang sama dengan warna pintu.

Urban City

(Pxhere)

Tinggal di kota besar dapat memberikan inspirasi pada dekorasi dinding. Apalagi jika bosan dengan motif yang itu-itu saja. Pins dapat menggunakan motif urban city pada area meja kerja.

Gunakan warna abu-abu agar ruangan lebih lapang. Terlebih jika lantai sudah memakai karpet bermotif. Sedangkan furniture lebih baik didominasi warna polos agar tidak berlebihan.

Geometris

(Pxhere)

Motif geometris dikenal anti monoton. Kesan dinamisnya sangat terasa walaupun model rumahnya sederhana. Desain geometris ada yang memakai susun ubin keramik baik klasik maupun futuristik.

Permainan geometris tidak hanya mengandalkan satu bangun saja sebagai polanya. Adapula kombinasi beberapa pola yang berulang. Motif geometris selain disematkan di dinding dapat pula digunakan untuk karpet, lukisan maupun perlengkapan tidur. 

Lukisan Victorian

(Pxhere)

Pins dapat pula memakai lukisan gaya Victoria sebagai wallpaper dinding. Gunakan satu warna dan permainan gelap terang dalam menyusun lukisannya. Lukisan menggambarkan kehidupan bangsawan Victoria pada zamannya.

Pins dapat pula menyesuaikan motif dinding ini untuk selimut maupun sarung bantal. Lengkapi interior ruangan dengan lukisan dan furniture berbahan kayu.

Kubik

(Pxhere)

Terakhir ada motif kubik yang bisa dipilih untuk wallpaper kamar tidur. Pins dapat memadukan tiga warna sekaligus pada motif tersebut. 

Motif ini cocok untuk memperkaya dekorasi ruangan yang didominasi motif polos. Tambahkan lampu gantung agar ruangan terasa lebih modern. 

Baca juga : 7 Pilihan Wallpaper Dinding Dapur & Pemasangannya

Perawatan Wallpaper Dinding

(Pxhere)

Ketahanan wallpaper memang hingga tahunan. Hanya saja bila tidak dirawat dengan baik juga akan mudah robek dan rusak. Alhasil Pins perlu melakukan penggantian wallpaper.

Nah, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya menyimak cara perawatannya seperti dibawah ini!

Hati-Hati Saat Pemasangan

Berhati-hatilah dalam proses pemasangan wallpaper dinding. Pilih dinding yang tidak mudah lembab. Selain itu ratakan pengeleman wallpaper dinding dan jangan sampai atau gelembung yang tersisa.

Gelembung saat pengeleman ini dapat membuat wallpaper mudah disobek. Pins dapat menggunakan alat bantu berupa kuas untuk meratakan wallpaper dinding.

Selain itu rutin membersihkan wallpaper dari debu yang menempel. Pins bisa memakai kemoceng atau kain.

Wallpaper Bahan Kain

Wallpaper bahan kain sebaiknya dibersihkan dengan memakai vacuum cleaner. Pins dapat pula memakai sikat dalam membersihkannya. 

Sebelum disikat siapkan air hangat dicampur dengan sedikit sabun. Kotoran yang tersimpan di serat-serat kain pun bisa terangkat dengan mudah.

Wallpaper Anyaman Serat

Wallpaper anyaman cukup sulit perawatannya. Hal ini karena wallpaper memiliki celah kecil. Sebaiknya Pins memakai lap lembab ketika membersihkannya.

Baca juga : 15 Wallpaper Anime Keren Yang Bisa Kamu Download

Wallpaper Bahan Kertas

Bahan ini cukup populer namun perlu kehati-hatian tinggi. Kertas mudah sekali robek dan rusak. Saat membersihkannya dapat memakai sapu yang dibalut dengan kain. Pins dapat pula memanfaatkan lap kering untuk mengangkat debu.

Wallpaper kamar tidur mewah bisa berupa motif bunga, kubik, geometris maupun tema alam. Jangan lupa perhitungkan luas ruangan serta perawatan wallpaper agar bertahan lebih lama.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia