BlogPemilik PropertiIkuti Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar Berikut Ini!
0
0

Ikuti Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar Berikut Ini!

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Menggunakan Toilet Duduktop-right-banner

Ada dua jenis toilet yang biasa digunakan masyarakat, yaitu toilet jongkok dan toilet duduk. Namun kebanyakan masyarakat lebih nyaman menggunakan toilet jongkok karena beberapa hal. Padahal jika mengetahui cara menggunakan toilet duduk yang benar, penggunaan toilet ini tidak akan susah. 

Toilet duduk bisa menjadi pilihan buat rumah di Bekasi seperti Kota Harapan Indah atau Golden City Bekasi. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin beli rumah bekas di Jakarta Timur.

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah

Cara Menggunakan Toilet Duduk

Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : Pixabay

Saat ini toilet duduk tidak eksklusif seperti pada zaman dulu. Beberapa tahun lalu, toilet duduk hanya digunakan pada tempat-tempat mewah seperti hotel, bandara, mall, dan sebagainya. 

Hal ini turut membuat pengalaman masyarakat jadi kurang dalam menggunakan toilet duduk. Tak heran banyak orang yang tidak suka dan tidak nyaman dengan model toilet ini, termasuk khawatir jadi berantakan. 

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan toilet duduk kini sudah semakin meluas. Kloset duduk kini sudah mulai digunakan masyarakat untuk rumah-rumah mereka. Meskipun masih banyak orang yang enggan menggunakan kloset ini. 

Nah jika kamu menjadi bagian dari orang-orang yang tidak suka pakai kloset duduk, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai habis. Pasalnya, artikel ini akan membahas cara menggunakan toilet duduk secara lengkap. Berikut cara-caranya. 

Baca juga: Cara menghitung kebutuhan keramik toilet

1. Buka Tutup Kloset

Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : Pixabay

Saat memasuki toilet di mall, misalnya, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka penutup kloset. Seperti diketahui, kloset duduk berbeda dengan kloset jongkok karena mempunyai penutup yang bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. 

Setelah dibuka, kamu bisa membersihkan area dudukan terlebih dulu. Dalam hal ini, beberapa toilet biasanya menyediakan seat sanitizer, atau cairan pembersih dudukan toilet. Ambil beberapa tetes cairan pada tisu, lalu lap ke area dudukan agar steril dan bersih. 

2. Duduk di Kloset

Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : Pixabay

Setelah dudukan bersih, kamu bisa langsung mendudukinya. Namun, beberapa orang mungkin perlu “membungkus” area dudukan dengan tisu untuk menjamin kebersihan. Menutup area dudukan dengan tisu ini bisa menjadi solusi ketika tidak ada seat sanitizer

Pastikan kamu benar-benar mendudukinya dan tidak jongkok di atas. Biasanya kamu akan menemukan himbauan di toilet umum agar duduk dengan benar dan tidak jongkok, berdiri, atau posisi lain. Jongkok di atas kloset duduk berpotensi bahaya karena kloset bisa saja rubuh. 

Baca juga: Cara Mengatasi Toilet Mampet di Rumah

3. Bilas

Source : iStock

Ketika urusan sudah selesai, kamu bisa melakukan pembilasan layaknya buang air biasa. Namun di kloset duduk ini ada dua jenis alat untuk membilas, yaitu jet shower dan bidet. Kamu bisa melihat di area sebelah kanan kloset, jika ada selang dengan shower, maka pembilasan menggunakan jet shower.

Bilas dengan jet shower cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil jet shower di samping sebelah kanan. Lalu arahkan jet shower ke area yang ingin dibilas dan tekan jet shower secara perlahan hingga airnya keluar. Bilas area yang diinginkan hingga bersih. 

Jika tidak ada jet shower yang digantung di samping kloset. maka pembilasan harus menggunakan bidet. Ini adalah penyemprot air untuk membilas yang posisinya ada di bawah kloset. 

Untuk menggunakan ini, kamu perlu memutar keran yang ada di samping kanan toilet. Putar tuasnya secara perlahan hingga air menyemprot area yang ingin dibersihkan. Bilas hingga bersih. 

Baca juga: Apa Itu Drainase Rumah? Ini Fungsi, Cara Membuat, dan Jenisnya

4. Menyiram Kloset

Setelah itu, kamu bisa melakukan penyiraman kloset. Sama seperti proses membilas, penyiraman ini bisa dilakukan dengan beberapa tuas yang tergantung pada jenis dan tipe kloset. 

  • Menggunakan flush tunggal
Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : iStock

Kloset tipe ini meletakkan flush secara tunggal di area belakang kloset dan tombolnya hanya ada satu. Untuk menyiram, kamu hanya perlu menekan tombol tersebut hingga air keluar. 

  • Menggunakan flush ganda
Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : iStock

Biasanya lokasi tombol sama dengan flush tunggal, yaitu di bagian belakang kloset. Dinamakan flush ganda karena tombolnya ada dua dalam satu lingkaran, tapi ukurannya berbeda. Tombol yang lebih besar digunakan untuk menyiram kotoran yang banyak, sedangkan tombol kecil untuk menyiram kotoran ringan. 

  • Menggunakan flush dinding
Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : iStock

Selain dua jenis flush tersebut, tipe kloset yang lebih baru biasanya menggunakan flush dinding. Sesuai namanya, tombol untuk menyiram berada di dinding, tepatnya bagian atas kloset atau belakang pengguna saat duduk. 

Penggunaannya pun mudah, yaitu kamu hanya perlu menekan tombolnya hingga air keluar. Flush dinding juga ada yang tunggal dan ganda, dengan fungsi yang sama dengan model sebelumnya. 

  • Menggunakan flush tuas
Cara Menggunakan Toilet Duduk
Source : iStock

Selain berbentuk tombol, flush untuk menyiram kloset juga ada yang berbentuk tuas. Biasanya letaknya ada di sebelah kanan kloset. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu menarik tuas tersebut hingga air untuk menyiram kloset keluar. 

Sebagai catatan, tutup kloset dulu sebelum menyiram dengan menekan menyiram. Pasalnya, air yang keluar cukup deras dan menghasilkan droplet yang bisa mengenai pakaian atau kulit. Cipratan atau droplet dari penyiraman kloset ini membawa kuman dan bakteri. Sekian ulasan mengenai cara menggunakan toilet duduk yang benar. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Puri Tenjo dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download