BlogPemilik PropertiDesain HunianStep-by-Step Cara Memasang Wallpaper Kamar Mandi
0
0

Step-by-Step Cara Memasang Wallpaper Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara memasang wallpaper kamar manditop-right-banner

Wallpaper dinding menjadi salah satu dekorasi yang banyak diminati oleh pemilik rumah. Motifnya beragam dan bisa dipasang di semua ruangan, termasuk di area kamar mandi. Namun cara memasang wallpaper kamar mandi perlu diperhatikan dengan benar mengingat area ini cukup lembab dan sering basah.

Motif wallpaper yang digunakan di area kamar mandi bebas dipilih sesuai selera. Wallpaper atau wallsticker dengan motif alam biasanya cukup banyak disukai untuk area kamar mandi. Area kamar mandi tentu berbeda dengan ruangan lain yang cenderung kering. Oleh sebab itu, pemasangan wallpaper di kamar mandi perlu dilakukan dengan cara yang tepat  Sebelum memasang wallpaper, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut.

Menyiapkan Alat dan Bahan

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Memasang wallpaper dinding untuk kamar mandi tentu membutuhkan beberapa peralatan. Pins siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang wall sticker kamar mandi. Alat dan bahannya meliputi:

  • Wallpaper khusus untuk dinding kamar mandi
  • Lem wallpaper
  • Alas plastik
  • Meteran
  • Roller
  • Spons
  • Kape atau sekrap
  • Tangga
  • Alat tulis
  • Cutter
  • Amplas

Pastikan Wallpaper Dinding yang Dibeli Aman

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Pins bisa membeli wallpaper dinding di toko biasa maupun toko online. Pilihan model dan motif wallpaper cukup beragam, Pins bisa pilih yang sesuai selera atau kebutuhan. Namun pastikan Pins membeli wallpaper yang memang khusus untuk kamar mandi.

Wallpaper yang lebih tahan lembab lebih bagus karena memiliki daya tahan yang lebih baik untuk dipasang di kamar mandi. Selain itu, perhatikan juga untuk membeli wallpaper dinding yang aman untuk kesehatan. Pins sebaiknya pilih wallpaper yang tidak memiliki bau menyengat supaya lebih aman.

Baca Juga: 10 Inspirasi Warna Cat Kamar Mandi

Mengukur Luas Area Dinding Kamar Mandi

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Berikutnya adalah mengukur area dinding kamar mandi yang akan dipasangi wallpaper. Pins harus tahu berapa luas dindingnya sehingga bisa menentukan berapa banyak wallpaper dinding yang dibutuhkan.

Gunakan meteran untuk mengukur luas area dinding kamar mandi. Selanjutnya, Pins bisa mengukur wallpaper untuk kemudian digunting sesuai ukuran yang dibutuhkan. Ikuti pola gambar wallpaper agar pemotongannya rapi dan saat dipasang tetap bagus.

Pada dinding kamar mandi yang akan diberi wallpaper bisa diberi tanda terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar Pins lebih mudah saat memasang wallpaper dinding nantinya. Pins bisa mengikuti tanda yang dibuat untuk proses pengerjaan.

Pastikan Permukaan Dinding Rata

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Hal penting berikutnya yang perlu Pins perhatikan adalah kondisi permukaan dindingnya. Cara memasang wallpaper dinding kamar mandi yang benar adalah pada dinding yang rata. Ini penting agar wallpaper dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Apabila permukaan dindingnya ada yang tidak rata, maka sebaiknya perbaiki dulu dengan mengamplas atau menambalnya. Selain itu, pastikan juga kondisi dinding kamar mandi sudah bersih dari debu dan kotoran.

Jangan Menempel Wallpaper Di Dinding yang Lembab

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Wallpaper yang dipasang menggunakan lem ini tentu saja sangat anti air dan anti lembab. Oleh sebab itu, pastikan dinding yang akan dipasangi wallpaper adalah dinding yang kondisinya kering atau tidak lembap agar dapat menempel dengan baik.

Apabila dinding kamar mandi Pins cukup lembab, sebaiknya gunakan cat anti lembab terlebih dahulu untuk melapisi dinding tersebut. Cara memasang wallpaper dinding kamar mandi ini diperlukan agar wallpaper dapat menempel lebih baik dan tahan lama.

Tentukan Titik Awal Penempelan Wallpaper

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Perhatikan titik mana yang digunakan untuk awal pemasangan wallpaper dinding. Sebaiknya pilih area yang mudah dan rata tanpa penghalang. Setelah itu baru ke area yang lebih sulit seperti di belakang kloset atau dinding lain yang terhalang furnitur kamar mandi.

Jangan Menempel Wallpaper Hingga Bagian Paling Bawah Dinding

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Pemasangan wallpaper kamar mandi berbeda dengan wallpaper yang dipasang di kamar tidur atau ruangan lain. Pada ruangan yang kering, wallpaper dapat dipasang hingga menutup seluruh bagian dinding dari atas hingga bawah.

Namun untuk area dinding kamar mandi, Pins perlu menyisakan beberapa sentimeter. Jadi, pemasangan wallpaper dinding tidak sampai ke bagian lantai. Tujuannya untuk menghindari wallpaper terkena air yang bisa menyebabkan wallpaper cepat rusa.

Jangan Memasang Wallpaper Menutupi Wallpaper Lama

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Jika kamar mandi Pins sudah pernah menggunakan wallpaper dinding, pastikan wallpaper yang lama sudah dilepas dengan bersih. Jangan menimpa wallpaper lama dengan wallpaper yang baru. Wallpaper harus ditempel pada permukaan dinding bukan kertas wallpaper agar lebih awet dan tahan lama.

Pasang Wallpaper dengan Benar

cara memasang wallpaper kamar mandi
Source : Canva

Sudah paham bagaimana cara pemasangan wallpaper kamar mandi yang benar? Saat Pins mulai memasang wallpaper kamar mandi. Olesi seluruh bagian wallpaper dengan lem khusus wallpaper dinding.

Pasang secara perlahan dan pastikan tidak miring agar pemasangan berikutnya juga pas. Rekatkan wallpaper pada dinding dan pastikan tidak ada lem yang berlebihan atau lem yang mengering. Jika ada lem yang terlihat keluar pada sambungan wallpaper, Pins bisa membersihkannya dengan spons yang sudah dibasahi air.

Itulah cara memasang wallpaper kamar mandi yang benar untuk diperhatikan. Pastikan dipasang dengan rapi dan jangan pakai kamar mandi dulu ya sampai wallpaper dinding benar-benar mengering.  

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download