BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiWaspada! Ini 8 Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Rumah
0
0

Waspada! Ini 8 Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ciri-ciri penipuan jual beli rumahtop-right-banner

Membeli rumah baru atau rumah seken di bawah 1 Milyar, seperti di sekitar Taman Balai Kota Bandung atau perumahan Setiabudi Regency, adalah langkah besar. Pasalnya, ini memengaruhi masa depan finansial. Sayangnya, dalam proses jual beli rumah, ada saja ciri-ciri penipuan jual beli rumah yang terlihat.

Itu sebabnya, penting bagi kamu sebagai calon pembeli untuk meningkatkan kewaspadaan. Yuk, jelajahi beberapa tanda yang perlu Pins waspadai ketika berurusan dengan penjual properti untuk menghindari modus penipuan yang merugikan!

Ciri-ciri penipuan jual beli rumah

Mengenali ciri-ciri penipuan jual beli properti, terutama memahami daftar developer penipu, menjadi sangat penting. Hal ini setidaknya bisa membantu melindungi kamu dari kerugian finansial yang besar dan potensi masalah hukum yang serius. 

Dalam dunia properti yang beragam, mengetahui tanda-tanda penipuan properti membantu kamu menghindari transaksi yang meragukan. Ini juga bertujuan menjaga investasi tetap aman dan memastikan kamu membeli properti dari pihak yang sah dan terpercaya. 

Berikut ciri-ciri penjual properti bodong yang wajib kamu kenali!

Baca juga: Ini Cara Memilih Jasa Desain Rumah Terpercaya, Awas Tertipu!

1. Informasi tidak konsisten

Salah satu ciri penjual properti bodong yang patut kamu waspadai adalah memberikan informasi yang tidak konsisten. Ketidaksesuaian informasi yang diberikan bisa mengindikasikan ada sesuatu yang tidak benar. 

Sebagai contoh, jika penjual mengklaim properti yang disewakan atau rumah yang dijual punya tiga kamar tidur dalam iklan online, sementara faktanya hanya dua, perlu dicurigai. Selain itu, ini bisa mengarah ke penipuan harga rumah, fasilitas, atau kondisi properti. 

2. Penjual enggan bertemu atau melibatkan pihak ketiga

Ciri-ciri penipuan jual beli rumah lainnya adalah penjua enggan bertemu atau melibatkan pihak ketiga. Misalnya, penjual menolak untuk mengatur pertemuan langsung di properti yang dijual. 

Kamu juga bisa curiga ketika mereka menolak bekerja sama dengan konsultan atau pengacara yang berperan sebagai perantara netral. Pasalnya, hal ini bisa menciptakan situasi di mana penjual berkesempatan untuk menyembunyikan informasi yang merugikan kamu. 

Baca juga: Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama

3. Pembayaran hanya melalui metode tertentu

Jika penjual rumah atau agen properti mendesak kamu untuk membayar lewat metode tertentu yang tidak lazim, seperti uang tunai, kamu patut curiga. Ini bisa terlihat ketika seorang penjual menekankan bahwa pembayaran harus dilakukan dalam bentuk uang tunai atau tidak lewat transaksi perbankan.

Hal ini bisa menciptakan ketidakjelasan dan risiko bagi pembeli. Penekanan pada metode pembayaran yang tidak sah bisa menyebabkan kehilangan jejak transaksi dan lebih sulit untuk dilacak jika terjadi masalah.  

4. Tidak mau memperlihatkan referensi atau bukti kepemilikan

Ciri-ciri penipuan jual beli rumah lainnya adalah saat penjual atau agen properti menolak untuk memberikan referensi atau bukti kepemilikan properti

Sebagai contoh, jika penjual enggan menunjukkan dokumen kepemilikan properti, seperti sertifikat tanah atau akta jual beli, kamu patut curiga. Sebagai pembeli, kamu harus berhati-hati karena bukti kepemilikan adalah faktor penting untuk memverifikasi keaslian dan legalitasn properti. 

5. Kredibilitas atau perizinan meragukan

keuntungan menggunakan agen properti

Ketika seorang penjual atau developer properti terlihat memiliki catatan kredibilitas yang buruk, ini bisa menjadi peringatan serius. Hal ini misalnya terlihat ketika seorang developer terkena sebagai developer penipu dan terlibat dalam penipuan properti sebelumnya. 

Kamub juga perlu waspada ketika penjual tidak dapat menunjukkan izin resmi untuk menjual properti tersebut. Dalam situasi semacam ini, penting untuk Pins berhati-hati dan melakukan penelitian lebih mendalam. 

Baca juga: 7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!

6. Tidak responsif

Pihak penjual atau agen properti yang tidak responsif juga bisa menjadi ciri-ciri penipuan jual beli rumah. Contohnya, jika kamu mencoba menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi tambahan, tetapi tidak kunjung merespons, tentu kamu jadi ragu. 

Situasi ini bisa menciptakan ketidaktransparan dalam proses jual beli rumah. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko bahwa kamu tidak akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau kerepotan saat menghadapi masalah. 

7. Testimoni tidak jelas

Pins juga perlu waspada ketika ada testimoni yang tidak jelas saat mencari tahu tentang penjual properti. Testimoni palsu ini sering digunakan untuk menciptakan citra palsu atau positif tentang penjual atau developer properti yang tidak dapat dipercaya. 

Contohnya, seorang penjual properti mungkin menampilkan review pembeli rumah sebelumnya yang merasa puas. Faktanya, testimoni itu tidak pernah ada karena kamu tidak memverifikasi hal tersebut. Dengan begitu, mereka bisa menciptakan ilusi bahwa penjual bisa dipercaya. 

Membeli rumah atau properti adalah investasi besar, dan Pins harus melakukannya dengan hati-hati. Ciri-ciri penipuan jual beli rumah di atas harus selalu menjadi perhatian kamu. 

Jika merasa ada sesuatu yang tidak benar atau meragukan, lebih baik untuk mundur dibandingkan menjadi korban penipuan. 

Baca juga: 8 Tips Memilih Jasa Bangun Rumah Yang Terpercaya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download