BlogPemilik PropertiFinansialHati-hati! Ini 5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama
0
0

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 19, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tips memilih rumahtop-right-banner

Buat orang seusia kita, mampu beli rumah adalah satu pencapaian yang luar biasa. Jadi makin pede di kantor, di tongkrongan, di depan calon mertua. Simak terlebih dahulu kesalahan saat membeli rumah pertama yang sering terjadi. Jangan mentang-mentang udah bisa beli rumah terus Pins jadi terburu-buru. 

Pinhome — Siapa sih yang tidak ingin punya rumah di usia muda? Rasanya nikmat untuk punya space sendiri buat mulai merancang masa depan. Tapi Pins, sebagai newbie di dunia jual-beli properti, kita wajib tetap ekstra teliti dalam mempersiapkan diri sebelum membeli rumah. Supaya gak terjebak salah satu (atau bahkan semua) kesalahan berikut ini.

Baca juga:

5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama yang Sering Terjadi

Untuk meminimalisir kerugian dan memperkuat kesiapan saat akan membeli rumah. Simak, 5 kesalahan saat membeli rumah pertama yang sering terjadi berikut ini:

1. Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama, Lupa Dengan Lingkungannya

Hayo, Pins, diingat lagi apa pertimbangan utama yang perlu diperhatikan saat membeli rumah? Yup, lokasi! Lokasi ini gak cuma letak geografis properti. Melainkan termasuk hal-hal yang kelihatannya sepele. Misalnya, apakah lingkungannya rawan banjir, apakah dekat dengan fasilitas umum dan kegiatan.

Termasuk akses kendaraan ke rumah, dan masih banyak lagi. Apalagi kalau ini adalah rumah pertama, akan ada kemungkinan Pins akan menjualnya kembali jika membutuhkan space yang lebih besar. Jika ini terjadi, akan ada proses appraisal dan faktor penentu utamanya adalah lokasi. 

Baca juga:

2. Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama, Tidak Mencari Informasi Perbandingan

kesalahan saat membeli rumah pertama

Untuk kita yang masih berada di awal-awal masa produktif, harga masih jadi faktor kunci keputusan membeli rumah. Makanya, kita harus sabar mencari best deal. Gak ada salahnya untuk mencoba membandingkan harga di tempat lain supaya ada uang lebih yang bisa dialokasikan untuk kepentingan lain. Selain itu, kumpulkan informasi tentang program-program KPR dari beberapa bank. Pilih yang paling menguntungkan dan sesuaikan dengan kemampuan keuanganmu!

Baca juga:

3. Lupa Mengecek Kondisi Keuangan 

Ngomongin masalah KPR, banyak orang lupa kalau ada beberapa biaya ekstra yang dibebankan kepada pembeli. Biaya ini bukan termasuk uang muka, lho. Misalnya biaya provisi, biaya notaris, biaya angsuran pertama, asuransi, dan sebagainya. Kalau dipukul rata, rumus menghitung biaya tambahan ini bisa mencapai 5% dari harga rumah yang akan dibeli!

Baca juga:

Selain itu, jangan lupa untuk cek kondisi keuanganmu! Peraturan dari Bank Indonesia mengatakan bahwa besarnya cicilan KPR tidak boleh lebih dari 30% penghasilan. Jadi, pastikan Pins memiliki income yang cukup untuk membayar cicilan. Oh ya, pastikan juga skor kredit Pins bersih, ya! Ini akan dijadikan screening awal untuk persetujuan KPR.

4. Tidak Mempersiapkan Kelengkapan Dokumen Dengan Baik

kesalahan saat membeli rumah pertama

Walaupun nampak sepele, ternyata urusan dokumen bisa jadi panjang, lho! Di sini peribahasa “sedia payung sebelum hujan” benar-benar relevan. Jangan menunggu saat benar-benar dibutuhkan baru Pins mulai melengkapi dokumen.

Kalau bisa, mulailah mengumpulkan surat-surat tersebut saat kontak awal dengan developer. Jadi, saat sudah diperlukan, kita sudah siap dan tinggal melenggang santai ke proses selanjutnya.

Baca Juga: Biaya yang Sering Muncul Selama Angsuran KPR

5. Tidak Berkomunikasi Dengan Tenaga Ahli

Untuk rumah pertama, penting untuk keep in touch dengan orang yang sudah berpengalaman di dunia properti. Pastikan juga orang yang kita hubungi benar-benar terpercaya sehingga bisa memberikan pandangan yang obyektif untuk membantu kita mengambil keputusan.

Baca juga:

Lewat Pinhome, Pins dapat berkonsultasi dengan agen terlatih dan terpercaya yang bisa mendampingi kita dari kontak awal hingga penandatanganan akad kredit. Selain itu, Pins juga bisa berhubungan dengan pihak ketiga, seperti notaris, bank, bahkan kontraktor dengan mudah lewat satu aplikasi saja! Beli rumah jadi mudah, cepat, dan transparan.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download