Pinhome

Tips Properti

Tips Memilih Jasa Bangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Menggunakan bantuan jasa bangun rumah bagi sebagian orang dirasa tidak perlu. Banyak orang yang menganggap bahwa menggunakan jasa para arsitek, kotraktor dan sebagainya harus menambah budget untuk membangun rumah. Kalau kita yakin kita bisa melalukan mulai dari desain rumah, mencari bahan sampai dengan mengawasi pengerjaan rumah sih tidak apa. Namun di kebanyakan situasi yang terjadi malah harus merogoh kocek lagi untuk menutupi biaya membangun rumah yang tidak sesuai dengan prediksi.

Oleh karena itu, di sinilah dibutuhkan jasa bangun rumah untuk mempermudah rencana-rencana kita dalam membangun rumah tinggal. Mulai dari tahap awal agar sesuai dengan estimasi biaya yang ada sampai ke tahap pengerjaan rumah. Tentu kita juga tidak boleh sembarang memakai jasa bangun rumah, kita harus memerhatikan jasa yang kita pakai apakah akan sesuai dengan ekspektasi kita nantinya.

Pilih Kontraktor atau Jasa Bangun Rumah Borongan?

Umumnya untuk merealisasikan pembangunan rumah kita, ada dua pilihan yang disuguhkan – jasa kontraktor atau jasa borongan? Setiap pilihan punya kelebihan dan kekurangan tersendiri, mari kita bahas satu-satu.

Jika kita memilih untuk menggunakan jasa bangun rumah borongan itu artinya kita harus mencari mandor yang bisa melaksanakan seluruh pekerjaan mulai dari perencanaan pembangunan rumah / persiapan, membangun struktur dan arsitektur serta pengawasan pekerjaan. Biasanya, mandor kita gaji berdasarkan tenaganya saja. Sementara bahan bangunan bisa Anda siapkan sendiri.

Bagaimana cara menemukan mandor dan tukang-tukang yang dapat dipercaya untuk membangun rumah kita? Kita bisa mendapatkan jasa bangun rumah borongan melalui referensi dari kerabat atau teman-teman kita. Mengapa harus seperti itu? Ya, kita tidak boleh hhanya percaya dari foto-foto yang mereka buat sebagai portofolio, tetapi sebaiknya sediakan waktu untuk mengecek lokasi yang pernah mereka bangun apakah memang benar adanya.

Bagaimana dengan sistem pembayaran mandor dan tukang-tukang tersebut? Ada dua yaitu sistem kontrak dan harian. Saran yang paling memungkinkan dalam hal pembayaran adalah dengan tidak menerapkan sistem seluruh kontrak sekaligus. Mengapa? Ini dilakukan demi menjaga terjadinya masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari bahkan tak bisa dihindari. Beberapa hal yang harus kita antisipasi adalah sebagai berikut:

  • Problem komunikasi antar-tukang.
  • Ada pertengkaran yang terjadi antar-tukang dan ini sering terjadi
  • Pembayaran tidak lancar dari mandor ke tukang, bahkan dia melarikan diri.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal yang menimbulkan masalah seperti itu, kita harus menyediakan waktu luang untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Tips Memilih Jasa Bangun Rumah

  • Ketika kita menggunakan jasa bangun rumah dari mandor dan tukang-tukangnya itu artinya kita siap menjadi kontraktor bagi pembangunan rumah kita sendiri.
  • Kita tetap harus melakukan pengawasan secara rutin apakah dalam hal pengerjaan sampai pembelian material barang bangunan.
  • Pilihlah mandor yang sudah berpengalaman dan memiliki hasil pekerjaan yang baik. Kita bisa memilih mandor yang bisa membaca gambar kerja kita.
  • Perencanaan harus benar-benar matang. Khususnya pada tahap pembesian dan pengecoran, kita harus lebih serius lagi untuk mengawasi kalau bisa ditemani oleh arsitek agar bisa diperhatikan.
  • Sebaiknya untuk membeli barang banngunan, pilih saja toko bangunan yang sudah kita kenal untuk menghindarinya ada tindakan korupsi antara si mandor dan pemilik toko.
  • Ketika kita memilih satu orang mandor namun dia sedang ada proyek sebaiknya tunggu saja sampai pekerjaannya selesai dan tanyakan kepada orang yang menggunakan jasanya tersebut apakah hasil pekerjaannya bagus dan hemat?

Sementara jika kita menggunakan jasa kontraktor yang berkredibilitas, hal-hal tidak mengenakkan seperti itu bisa diminimalisir. Namun, ya tentu kita harus mengeluarkan uang lebih 🙂

Tags :

Bagikan Artikel