Pinhome

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×8

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya mengenai biaya rumah 7×8. Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara menghitung biaya bangun rumah 7×8 yang dindingnya memakai bahan bangunan hebel atau bata putih. 

Sebelumnya, karena data rumah di sini hanya berupa ukuran dan material dinding saja, maka tidak memungkinkan untuk dihitung secara rinci berupa rencana anggaran biaya bangunan (RAB).

Dengan begitu, disini kami akan menghitung dengan menggunakan sistem m2 saja, sekaligus agar lebih mudah, serta cepat untuk menjawabnya.

Baca juga: Biaya Bangun Rumah Per Meter Per Segi

Biaya Rumah 7×8

biaya rumah 7x8
(Realestate.com.au)

Menghitung Luas Rumah 7×8

Pertama kita cari dulu luasan rumahnya, karena bangunan berbentuk persegi panjang maka luasnya bisa dihitung dengan rumus panjang x lebar, jadi dengan ukuran rumah tersebut maka luasnya adalah 7×8 = 56m2.

Baca Juga: Cara Menghemat Listrik Rumah

Biaya Bangun Rumah 7×8 per m2 

Untuk bangunan rumah tinggal kulitas standar yang menggunakan dinding bata hebel, lantai keramik, plafond gypsum rata-rata biaya per meter persegi sekitar Rp.3.000.000.

Harga tersebut sudah termasuk ongkos material dan upah tenaga kerja sampai rumah 100%. Jadi, harganya bisa kurang atau lebih menyesuaikan kondisi bangunan, waktu pelaksanaan, lokasi pembangunan, serta hal-hal lainya.

Baca juga: Membangun Rumah Dengan Biaya 50 Juta

Kebutuhan Bata Hebel

Untuk mengetahui berapa jumlah hebel yang diperlukan, maka kita perlu tahu bagaimana bentuk ruanganya, dan berapa ketinggian rumah.

Dari situ bisa dihitung total volume luas dinding dalam m2, selanjutkan dikalikan kebutuhan hebel ukuran 7,5cm x 20cm x 60cm per m2 yang jumlahnya +/- 8bh.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan Seng Galvalum

Menghitung Biaya Rumah 7×8

  • Biaya bangun rumah = luas rumah x harga per m2
  • Biaya bangun rumah = 56m2 x Rp.3.000.000,- = Rp.168.000.000,- terbilang (seratus enam puluh delapan juta rupiah).

Jadi sekarang kita sudah tahu berapa perkiraan budget yang diperlukan untuk mewujudkan pembangunan rumah tersebut sampai jadi komplit siap ditempati,.

Perlu diingat, harga tersebut tidak termasuk furnitur atau perabot didalamnya. Demikianlah ulasan kami tentang biaya rumah 7×8, semoga bisa memberikan gambaran yang sesuai dengan pertanyaan dan kebutuhanmu. 

Baca juga: 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti perumahan Citra Harmoni di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel