Pinhome

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah yang nyaman dan aman rasanya belum cukup apabila tidak disertai dengan adanya unsur hemat, terutama jika dilihat dari segi penggunaan energi listrik yang seringkali harus membayar tagihan bulanan dalam jumlah besar apabila tidak dilakukan antisipasi dengan baik, ada banyak cara untuk menghemat listrik di rumah, dari mulai membuat desain rumah hemat energi sampai membiasakan budaya yang dapat memperkecil prosentase penggunaan listrik, untuk lebih rincinya mari kita coba gali hal-hal yang mungkin dilakukan sebagai upaya penghematan listrik di rumah idaman kita 🙂

Cara menghemat listrik di rumah

  1. Menggunakan lampu hemat energi, hindari menggunakan lampu bohlam yang nyalanya kuning, karena lebih boros dalam pemakaian listrik.
  2. Mengoptimalkan ventilasi pintu dan jendela, desain rumah diatur sedemikian rupa agar saat siang hari tidak perlu menggunakan lampu untuk menerangi ruangan. Jika pada dinding rumah tidak memungkinkan untuk dipasang jendela karena mungkin berbatasan langsung dengan tanah tetangga maka bisa membuat ventilasi pada atap berupa genteng transparan atau sepoi-sepoi.
  3. Matikan lampu yang tidak terpakai, pastikan sakelar dalam posisi off setiap kali meninggalkan ruangan.
  4. Matikan semua lampu saat tidur dimalam hari, menurut penelitian para dokter, tubuh akan lebih beristirahat dengan maksimal apabila ruangan dalam kondisi gelap.
  5. Hindari menyetrika baju dalam jumlah sedikit tapi sering, pertimbangkan untuk mengumpulkanya dahulu lalu menyetrikanya dalam jumlah banyak. Karena daya listrik angkatan awal untuk memanaskan setrika cukup tinggi.
  6. Menggunakan energi alternatif selain listrik, bisa memakai lampu pijar, biogas, energi matahari atau lilin untuk penerangan.
  7. Lebih mementingkan lampu yang berfungsi untuk penerangan dari pada sekedar untuk hiasan.
  8. Menggunakan bak penampungan air, pompa yang otomatis menyala saat keran dibuka memang lebih praktis namun membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

Dengan menghemat listrik di rumah maka kita bisa mendapatkan keuntungan dari selisih biaya tagihan yang seharusnya dibayar, selain itu kita juga turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar dari ancaman bahaya pemanasan global. Upaya-upaya lainya perlu dipikirkan lebih lanjut untuk mengurangi penggunaan listrik di rumah 🙂

Tags :

Bagikan Artikel