Pinhome

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Rumah yang nyaman dan aman tentu tidak akan cukup tanpa disertai dengan unsur menghemat, terutama dari segi pemakaian energi listrik. Bila tidak menerapkan cara menghemat listrik di rumah dengan baik, tentu tagihan listrik bisa membengkak. 

Alhasil, kamu harus mengeluarkan uang yang sebenarnya bisa untuk keperluan lain. Untungnya, ada banyak cara untuk menghemat listrik, mulai dari membuat desain rumah hemat energi hingga kebiasaan yang tepat.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak ulasan di bawah ini, yuk!

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Guna menghindari tagihan listrik yang membludak, coba terapkan cara menghemat listrik di rumah berikut ini!

Menggunakan Listrik Seperlunya

Salah satu cara menghemat listrik yang paling tepat adalah menggunakan listrik seperlunya. Pertama, selalu pastikan memakai alat elektronik seperlunya saja untuk mengurangi pembengkakan tagihan listrik.

Sebagai contoh, hindari menyetrika baju dalam jumlah sedikit tapi sering, pertimbangkan untuk mengumpulkanya dahulu lalu menyetrikanya dalam jumlah banyak. Pasalnya, daya listrik angkatan awal untuk memanaskan setrika cukup tinggi.

Selain itu, Televisi menjadi alat elektronik yang seringkali dinyalakan setiap waktu. Bahkan saat tidak ada orang yang menontonnya pun TV akan dibiarkan dalam kondisi yang tetap menyala.

Mencabut Kabel Elektronik Setelah Dipakai

Kebiasaan buruk banyak orang adalah membiarkan kabel menempel pada saklar padahal sudah tidak digunakan, misalnya saja kabel charge handphone.

Jika handphone sudah terisi penuh, banyak orang yang hanya mencabut kabel charge dari handphonenya saja tanpa mematikan saklar kembali.

Inilah yang membuat tagihan listrik mengalami pembengkakan. Nyatanya, membiarkan kabel menempel dalam kondisi tidak terpakai ini juga dapat merusak kabel tersebut. Maka dari itu, segera cabut kabel dari saklar setelah dipakai, ya.

Memilih Elektronik Low Watt

Cara menghemat listrik di rumah yang paling mudah adalah memilih barang-barang elektronik dengan label low watt. Ini bertujuan menghemat pemakaian listrik elektronik yang sering digunakan, seperti kulkas dan AC.

Sebagai contoh, AC low watt cenderung sangat membantu dalam menghemat listrik. Pasalnya, AC low watt memiliki daya listrik yang stabil dan lebih rendah sejak barang ini dinyalakan.

Jika kamu hanya membutuhkan pendingin ruangan selama 2 atau 3 jam dan tidak setiap hari menyala, AC low watt bisa jadi pilihan yang tepat.

Memakai Lampu Hemat Energi

Selain mematikan lampu, Pins bisa menggunakan lampu hemat energi. Berkat teknologi saat ini, ada lampu hemat energi yang bisa menekan daya konsumsi listrik. Hindari menggunakan lampu bohlam yang nyalanya kuning karena lebih boros dalam pemakaian listrik.

Mengatur Udara dan Pencahayaan Ruangan

Menghemat listrik ternyata tidak selamanya harus berurusan dengan barang elektronik. Kamu juga bisa mengoptimalkan ventilasi pintu dan jendela. Ini bisa dilakukan dengan mengatur desain rumah sedemikian rupa agar siang hari tidak perlu memakai lampu agar ruangan terang.

Jika dinding rumah tidak memungkinkan dipasang jendela karena berbatasan langsung dengan tetangga, coba buat ventilasi pada atap. Ventilasi ini bisa terbuat dari genteng transparan untuk memancarkan sinar matahari dari luar.

Memakai Energi Alternatif Selain Listrik

Alih-alih memakai listrik terus menerus, kamu bisa mencari alternatif selain listrik, seperti:

  • Lampu pijar
  • Biogas
  • Energi matahari
  • Lilin untuk penerangan

Membatasi Pemakaian AC

Suasana yang panas terkadang membuat banyak orang ingin berlama-lama berada di ruangan ber-ac. Namun, seringkali AC tersebut lupa dimatikan saat tidak ada orang didalam ruangan. Maka dari itu, pastikan untuk mematikan AC jika sudah tidak dipakai.

Hal ini dapat menghemat penggunaan listrik di rumah Anda. Selain itu, kamu juga bisa membuat ruangan sejuk tanpa AC.

Hemat Air

Cara menghemat listrik di rumah ternyata berkaitan erat dengan memakai air seperlunya. Pasalnya, hal ini mungkin sangat terasa ketika kamu menggunakan pompa air listrik di rumah.

Untuk itu, cobalah menggunakan bak penampungan air agar kamu bisa memakai air tanpa perlu menyalakan keran. Pompa yang otomatis menyala saat keran dibuka memang praktis. Namun, kebiasaan ini tentu memerlukan daya listrik yang lebih banyak.

Rutin Membersihkan Freezer

Tidak hanya mencegah kemunculan kotoran dan bau tidak sedap, rutin membersihkan kulkas dan freezer bisa membantu menghemat listrik. Ini karena penumpukan debu dan kotoran bisa menyumbat saluran pembuangan dan udara.

Akibatnya, mesin kulkas akan bekerja lebih keras dan memakan daya listrik yang lebih banyak daripada biasanya. Selain boros listrik, kulkas lebih rentan rusak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dengan menghemat listrik di rumah, kita bisa mendapatkan keuntungan dari selisih biaya tagihan yang seharusnya dibayar. Selain itu, kita turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar dari ancaman bahaya pemanasan global.

Upaya-upaya lainya perlu dipikirkan lebih lanjut untuk mengurangi penggunaan listrik di rumah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia