BlogPemilik Properti10 Penyebab Korsleting Listrik yang Sering Terjadi di Rumah
0
0

10 Penyebab Korsleting Listrik yang Sering Terjadi di Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Des 3, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab korsleting listriktop-right-banner

Penyebab korsleting listrik merupakan masalah umum yang dapat terjadi di rumah, dan seringkali dapat menimbulkan risiko kebakaran dan merugikan peralatan elektronik. Untuk menjaga keamanan rumah Pins, penting untuk memahami penyebab umum korsleting listrik. 

Nah, kalau tau apa penyebab korsleting listrik, kini Pins bisa mewujudkannya lewat KPR rumah di Pinhome yang praktis dan mudah. berbagai fasilitas dalam hunian-hunian tersebut bisa Anda nikmati.

Lewat Pinhome, Pins bisa wujudkan hunian nyaman dan cantik seperti Bali Resort Tangerang dan rumah di Tangerang Selatan lainnya! Tidak melulu rumah baru, Pins juga bisa cari jenis hunian second seperti rumah second di Kec Depok.

Dalam ulasan ini yang akan membahas 10 penyebab korsleting listrik yang sering terjadi di rumah dan bagaimana mencegahnya. Yuk, simak ulasan ini Selengkapnya Pins

Baca juga: Daftar Harga Microwave Hemat Listrik yang Super Awet

10 Penyebab Korsleting Listrik yang Sering Terjadi di Rumah

Source : Adobe Stock

Berikut adalah berbagai penyebab korsleting listrik yang di rumah. Yuk, simak ulasan ini selengkapnya mengenai apa penyebab korsleting listrik yang terjadi di rumah.

1. Instalasi Listrik yang Buruk

Source : Shutterstock

Instalasi listrik yang buruk dapat menjadi penyebab korsleting listrik utama korsleting listrik. Pastikan bahwa pemasangan kabel, stop kontak, dan sakelar dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Hindari penggunaan kabel yang sudah tua dan ganti secara berkala untuk menghindari korosi dan kerusakan.

2. Penggunaan Alat Elektronik yang Berlebihan

Source : iStock

Terlalu banyak alat elektronik yang terhubung ke satu sirkuit dapat penyebab korsleting listrik beban listrik berlebih. Ini dapat mengakibatkan panas berlebih dan korsleting. Pastikan untuk mendistribusikan beban listrik dengan seimbang dan hindari penggunaan strip listrik yang berlebihan.

Baca juga: 8 Daftar AC 1/2 PK Terbaik Hemat Listrik

3. Kabel yang Terpasang Tidak Benar

Source : The Spuce

Pemasangan kabel yang tidak benar, seperti penggunaan kabel yang tidak sesuai atau tidak memadai, dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Pastikan semua kabel terpasang dengan benar sesuai standar keselamatan listrik.

4. Peralatan Elektronik Rusak

Source : iStock

Peralatan elektronik yang rusak atau dalam kondisi buruk dapat menyebabkan korsleting listrik. Periksa secara berkala semua peralatan elektronik di rumah Pins dan ganti yang rusak atau terlihat tidak aman.

5. Kurangnya Perawatan Terhadap Instalasi Listrik

Source : Shutterstock

Kurangnya perawatan terhadap instalasi listrik dapat menyebabkan kabel-kabel mengalami kerusakan seiring waktu. Lakukan pemeriksaan berkala dan perawatan oleh profesional untuk memastikan semua komponen tetap berfungsi dengan baik.

6. Cuaca Ekstrem

Source : Pexels

Cuaca ekstrem seperti petir dan badai dapat menyebabkan lonjakan listrik yang dapat merusak peralatan dan menyebabkan korsleting. Gunakan peralatan pelindung lonjakan listrik (surge protector) untuk melindungi perangkat Pins.

7. Korsleting pada Stop Kontak

Source : Depositphotos

Stop kontak yang aus atau rusak dapat menjadi penyebab serius korsleting listrik di rumah. Kondisi ini sering kali terabaikan, namun dapat menyebabkan bahaya besar. Stop kontak yang aus dapat menyebabkan korsleting karena koneksi yang tidak baik antara kabel dan stop kontak. 

Selain itu, keausan bisa mengakibatkan panas berlebih, yang pada akhirnya dapat merusak kabel TV dan menyebabkan korsleting. Untuk mencegah risiko ini, lakukan pemeriksaan rutin terhadap semua stop kontak di rumah Pins. 

Pastikan tidak ada kabel yang terjepit atau terinjak, dan perhatikan apakah ada tanda-tanda aus atau kerusakan. Gantilah stop kontak yang rusak segera untuk menghindari potensi korsleting listrik.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Listrik Konslet di Rumah

8. Penggunaan Kabel Pemanas

Source : Dreamstime

Penggunaan kabel pemanas yang tidak sesuai atau rusak juga dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Kabel pemanas yang tidak memenuhi standar atau yang sudah mengalami kerusakan dapat menghasilkan panas berlebih, meningkatkan risiko korsleting.

Pastikan Pins selalu menggunakan kabel pemanas yang sesuai dengan perangkat dan kebutuhan energi. Periksa secara berkala keadaan kabel pemanas dan pastikan tidak ada kerusakan fisik. Gantilah kabel yang rusak atau tidak sesuai segera untuk menjaga listrik di keamanan rumah Pins.

9. Kabel Terjepit atau Terinjak

Source : iStock

Kabel yang terjepit atau terinjak dapat menyebabkan kerusakan pada isolasi kabel dan mengakibatkan korsleting. Hindari meletakkan kabel di tempat-tempat yang rawan terinjak atau terjepit, terutama di area dengan lalu lintas manusia atau kendaraan.

Pastikan kabel-kabel diletakkan dengan aman dan diatur sedemikian rupa sehingga tidak mudah terinjak atau terjepit. Gunakan pelindung kabel atau duct tape untuk melindungi kabel dari risiko fisik yang dapat menyebabkan kerusakan.

10. Penggunaan Saklar dan Stop Kontak yang Bermasalah

Source : Unsplash

Saklar dan stop kontak yang longgar atau rusak dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Ketika saklar listrik atau stop kontak tidak terpasang dengan baik, dapat terjadi percikan api atau panas berlebih yang menyebabkan korsleting.

Selalu periksa kondisi saklar dan stop kontak di rumah Pins secara berkala. Ganti atau perbaiki yang longgar atau rusak dengan segera untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang berpotensi berbahaya. Keamanan listrik di rumah dimulai dari perawatan yang baik terhadap saklar dan stop kontak.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah pencegahan di atas, Pins dapat mengurangi risiko korsleting listrik di rumah Pins. Keamanan listrik merupakan faktor penting dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan rumah tangga Pins.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ananta Homes Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download