BlogPemilik PropertiFinansialBerikut Ini Syarat Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Rumah
0
0

Berikut Ini Syarat Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Dipublikasikan oleh Muhamad Raihan dan Diperbarui oleh Muhamad Raihan

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
syarat pengajuan kpr britop-right-banner

Membutuhkan uang dalam waktu cepat? Untuk modal usaha, menikah dan lainnya? Sekarang sudah banyak cara untuk mendapatkan pinjaman dana yang cepat seperti pinjaman online (pinjol), selain pinjol, pihak bank juga bisa memberikan pinjaman dengan cara pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah

Salah satu bank yang dapat meminjamkan dana ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), untuk Pins yang ingin membuka usaha dan investasi lainnya sangat cocok untuk meminjam disini dengan catatan jaminan yang harus Pins serahkan cukup tinggi yaitu sertifikat rumah atau tanah.

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat tanah atau rumah yuk simak artikel ini.

Baca juga : Mengapa Sebuah Rumah Membutuhkan Aliran Listrik? Ini 6 Fungsinya

Syarat Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Rumah atau Tanah

Bank BRI menyediakan banyak pilihan jaminan untuk bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan yang kamu inginkan.

Biasanya jika Pins ingin meminjam uang dengan nominal yang cukup besar, kamu harus memenuhi persyaratan yang berlaku agar pihak bank menyetujui pengajuan kamu.

Salah satu persyaratan peminjaman disini adalah sertifikat tanah atau rumah, selanjutnya pihak bank akan melakukan survei dan BI Checking.

Setelah melakukan survey dan BI Checking, untuk memastikan agar jaminan sertifikat rumah atau tanah kamu bukan bagian dari sengketa, . hal ini berguna agar pencairan dana kredit lebih cepat dengan proses yang aman.

Lantas apa saja sih persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengajukan pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah? Berikut ini persyaratannya:

–          Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

–          Fotokopi kartu keluarga (KK)

–          NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

–          Fotokopi buku tabungan BRI

–          Pas foto pasangan suami istri (bagi yang sudah menikah)

–          SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan)

–          Mengisi formulir permohonan pinjaman BRI

–          Tidak mengalami Riwayat masalah kredit

–          Memiliki usaha yang minimal sudah berjalan selama 1 tahun

–          Melampirkan surat izin usaha

Baca juga : Kenali Perbedaan Listrik Pascabayardan Prabayar, Jangan Salah Pilih!

Sebelum kamu mengajukan pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah ada baiknya pertimbangkan baik baik sebelum menggadaikan sertifikat rumah atau tanah milikmu, karena banyak resiko besar didalamnya.

Dari pada kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti terlilit hutang hingga rumah atau tanah milikmu melayang untuk melunasi pinjaman kamu, ada baiknya perhatikan hal hal berikut ini.

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Melakukan Peminjaman

Pertimbangkan baik-baik Alasan untuk Meminjam

Cobalah untuk pertimbangkan dengan matang sebelum kamu melakukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah milikmu.

Terlebih lagi jaminannya adalah sertifikat rumah atau tanah milikmu karena resiko terburuknya saat kamu tidak bisa mengembalikan pinjaman atau gagal bayar rumah atau tanah yang kamu jaminan akan disita oleh pihak bank.

Baca juga : Panduan Pemasangan Instalasi Listrik di Rumah yang Wajib Diketahui

Pahami Kondisi Finansial

Hitung dengan teliti kondisi finansial yang kamu miliki sebelum melakukan peminjaman, jika dana bulanan yang kamu miliki mampu menutupi cicilan yang akan kamu pinjam maka tidak masalah untuk mengajukan pinjaman.

Menghitung Rasio Hutang

Setelah mempertimbangkan alasan untuk meminjam dan sudah memahami kondisi finansial kamu sekarang, Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan perhitungan rasio hutang yang harus kamu bayar selanjutnya.

Pahami Persyaratan Pengajuan

Setelah memahami kondisi finansial, mengetahui rasio hutang yang harus dibayar dan sudah mempertimbangkan alasan dengan baik, pastikan kamu memahami persyaratan pengajuan yang harus dilengkapi.

Agar kamu tidak merasa keberatan setelah pengajuan yang kamu ajukan disepakati dan diterima.

Setelah mempertimbangkan hal hal diatas dan sudah bertekad untuk melakukan peminjaman, berikut ini cara mengajukan pinjaman bank BRI:

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Rumah atau Tanah

cara gadai sertifikat rumah di pegadaian
Source : Shutterstock

Setelah melengkapi persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya kamu bisa mengikuti Langkah-langkah ini untuk mengajukan pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah:

Membawa dan Melengkapi Dokumen Persyaratan

Sebelum datang ke cabang Bank BRI terdekat pastikan kamu telah membawa dan melengkapi dokumen persyaratan untuk melakukan permohonan, periksa Kembali persyaratan dokumen persyaratan agar proses peminjaman kamu tidak terhambat.

Mengisi Formulir Pengajuan

Setelah tiba di cabang bank BRI terdekat segera mengambil nomor antrian di petugas cs, sembari menunggu biasanya petugas cs akan meminta kamu untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman yang ingin kamu ajukan.

Pengajuan Akan Diproses

Setelah melengkapi dokumen persyaratan dan mengisi formulir pengajuan kamu, pihak bank akan mempertimbangkan untuk menyetujui pinjaman kamu.

Jika kamu memenuhi kriteria dan syarat yang telah diberikan, pihak bank BRI akan menyetujui kredit yang diajukan.

Pinjaman Disetujui dan Dicairkan

Setelah pinjaman disetujui kamu tinggal menandatangani kontrak dengan pihak bank BRI. Setelah menandatangani kontrak, pihak bank BRI akan mencairkan dana yang kamu ajukan sesuai nominal yang telah disepakati ke rekening kamu.

Untuk sementara SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) akan ditahan untuk dijadikan jaminan oleh pihak bank BRI.

Nah itulah pembahasan mengenai pinjaman Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah, semoga bermanfaat. Ikuti terus Pinhome untuk mendapatkan informasi seputar properti dan gaya hidup lainnya.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Griya Sukamekar Permai dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download