Pinhome

Tips Properti

Berbagai Jenis Lampu Hias Ruang Tamu dengan Harga Terjangkau

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 9 June 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Lampu hias ruang tamu selain sebagai penerangan pada ruang tamu juga memiliki fungsi estetik, lho. Ruang tamu yang sebelumnya terlihat monoton akan terlihat lebih indah karena aspek estetika lampu. Untuk Pins yang baru saja punya rumah baru atau ingin membuat ruang tamu Pins  lebih menarik, lampu hias lah jawabannya. Tidak perlu bingung, kali ini Pinhome akan membahas mengenai jenis lampu, tips memilih, cara merawat, sampai harga lampu tersebut. Simak bareng-bareng, ya!

Jenis-Jenis Lampu Hias Untuk Ruang Tamu

Ruang tamu adalah ruangan paling penting di dalam rumah. Mengapa? Ruangan inilah yang menjadi “wajah” dari sebuah rumah. Tidak heran, desain ruang tamu yang unik dan menarik adalah impian orang-orang.

Salah satu hal yang bisa Pins lakukan pada ruang tamu adalah dengan menata pencahayaan ruang tamu. Jangan hanya gunakan lampu biasa saja, tetapi pakailah lampu hias ruang tamu minimalis. Kurang lebih, ada 4 jenis lampu hias yang bisa Pins gunakan . Apa saja? Berikut jenis-jenis lampu tersebut.

Lampu Meja

(Pinterest)

Lampu meja adalah lampu hias yang diletakkan di meja ruang tamu. Lampu ini sangat cocok digunakan untuk ruang tamu yang mempunyai meja sebagai pajangan. Jika ruang tamu Pins memiliki desain minimalis, maka Pins akan lebih mudah memilih lampu meja ini sebab semua model kap lampu meja ini akan sangat cocok dengan ruangan yang minimalis.

Lampu Gantung

(Pinterest)

Lampu gantung ini adalah tipe yang sangat sering dipilih oleh pemilik rumah. Menggunakan lampu gantung dinilai akan membuat tatanan furniture ruang tamu menjadi lebih rapi dan efisien. Keefisienan tersebut hadir karena lampu ini tidak diletakkan di bawah seperti lampu meja, lampu gantung ini akan digantung di langit-langit. Lampu gantung sebaiknya dipasang di tengah ruang tamu dan jangan lupa pertimbangkan tinggi plafon.

Lampu Lantai

(Pinterest)

Selain kedua jenis lampu tadi, ada juga lampu lantai yang berfungsi menambah pencahayaan sudut ruang tamu. Lampu lantai ini mampu mempercantik ruang tamu dengan efektif. Banyak model tiang dan juga kap lampu yang estetik di pasaran. Jadi, Pins tinggal sesuaikan saja dengan gaya ruangan yang akan dihias oleh lampu ini.

Chandelier

(Pinterest)

Lampu ini termasuk jenis lampu gantung yang biasanya digunakan di rumah-rumah yang ruang tamunya luas. Untuk ruang tamunya minimalis,  gunakan chandelier yang tidak terlalu besar. Hal ini berguna agar ruang tamu tidak terlihat sempit. Kehadiran chandelier ini akan membuat ruang tamu yang biasa saja terlihat lebih mewah dan elegan.

Tips Memilih Lampu Hias Ruang Tamu

(Pinterest)

Lampu hias memang bagus sekali digunakan di setiap ruangan dalam rumah apalagi di ruang tamu. Namun, Pins harus hati-hati lho saat memilih jenis lampunya, sebab tidak semua jenis lampu hias itu akan cocok digunakan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Pins akan memilih lampu pemanis ruang tamu ini. Pertama, sesuaikan dulu jenis lampu dengan gaya ruang tamunya. Kedua, lihat harga lampu hias ruang tamu. Harga lampu yang mahal tidak selalu berarti bagus. Terkadang, ada banyak lampu dengan harga murah di luar sana dengan model yang unik dan yang paling penting adalah cocok dengan ruang tamu Pins.

Cara Merawat Lampu Hias Di Ruang Tamu

Lampu hias harus dirawat dengan baik, sebab lampu ini fungsinya tidak seperti lampu jenis lainnya. Lampu yang biasa mungkin jika dibiarkan saja tidak masalah, karena fungsinya hanya sebagai penerang ruangan saja. Di lain hal, lampu hias akan mempengaruhi keindahan ruang tamu. Jangan khawatir. Perawatan lampu ini sebenarnya mudah, lho.

Kalau mau lampu hias mu tahan lama, maka Pins harus sering membersihkan lampu hias tersebut. Untuk lampu yang tidak dipasang di plafon, membersihkannya cukup memakai lap atau tisu di bagian kap dan tiang lampunya saja. Jika lampunya itu lampu gantung, bersihkan satu bulan sekali saja, karena untuk mengelap lampu ini tergolong agak susah.

Berapa Harga Lampu Hias Ruang Tamu?

Ada banyak masyarakat yang tertarik menggunakan lampu hias khususnya di living room. Akan tetapi, banyak juga yang merasa takut memakai lampu ini karena takut harganya mahal. Sebenarnya untuk harga lampu ini tidak terlalu mahal. Semua itu tergantung dari jenis dan bahan dan juga hiasan yang ada di lampu tersebut.

Untuk lampu yang modelnya sederhana, seperti lampu lantai, harganya kisaran Rp 100.000,-. Sedangkan, untuk lampu dengan model mewah seperti chandelier itu akan berbeda harganya. Untuk harga termurahnya bisa sampai jutaan, kalau modelnya agak rumit dan unik akan lebih mahal lagi harganya.

Selesai deh pembahasan Pinhome mengenai dunia lampu. Gimana? Sudah tahu mau beli lampu seperti apa? Semoga membantu kamu, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. 

Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen Velishya

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel