BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Modern dan Simple
0
0

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 29, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Masih saja bingung, menata desain ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu modern kini sudah banyak tersedia. Kamu hanya perlu menentukan desain yang kamu inginkan dan pastinya sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki ya!

Perpaduan warna hingga aksesoris di dalamnya menentukan tampilan ruang tamu secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan tema utama agar ruang tamu selaras dan pastinya nyaman untuk ditempati bersama keluarga. Ke-10 model ruang tamu sudah Pinhome rangkum dalam ulasan terlampir. Dijamin kekinian, modern dan tentunya simpel. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Teras Tertutup untuk Ruang Tamu

1. Ruang Tamu Monokrom

Source : Kumparan

Melirik desain ruang tamu modern bertema monokrom memang tak lekang oleh waktu. Warna yang digunakan natural dan tentunya tetap terlihat adem. Putih, hitam dan abu-abu menjadi warna cat ruang tamu utama dalam penerapan desain monokrom. 

Kamu bisa bermain mulai dari pewarnaan dinding abu-abu dengan warna lantai putih. Selanjutnya penuhi ruangan dengan perabot hitam putih yang unik. Hasilnya pasti minimalis dan pastinya tetap luas dan nyaman.

Baca juga: 15 Hiasan Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

2. Ruang Tamu All White

Source : Freepik/kjpargeter

Tampilan all white atau disebut desain ruangan serba putih, cocok untuk kamu yang senang dengan ruangan yang terang. Pantulan cahaya matahari akan jauh terlihat bersinar apalagi dengan tambahan desain jendela dinding yang dibuat cukup besar. Namun Pins, kamu tidak perlu khawatir sinar matahari akan mempengaruhi suhu ruangan. 

Kamu bisa menggunakan jenis kaca anti ultraviolet untuk meredam panas dengan tambahan model gorden cantik yang minimalis. Baik warna lantai, perabot hingga dinding pun bisa kamu buat berwarna putih semua. Untuk kesan tidak monoton, kamu bisa menambahkan tanaman ataupun warna aksesoris seperti karpet maupun lukisan dinding dengan warna yang berbeda.

3. Ruang Tamu dengan Langit-langit Tinggi

Source : Shutterstock

Model ruang tamu modern selanjutnya pasti menjadi impian kalian semua, nih! Siapa yang tidak menginginkan model plafon ruang tamu yang tinggi? Desain rumah seperti ini, mampu menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap dingin dan pastinya membuat ruangan jauh terlihat terang. Ruang tamu dengan langit-langit yang tinggi pun membuat pertukaran udara jauh lebih sehat. 

Cocok untuk kamu yang senang dengan rumah tanpa AC dan lebih mengutamakan udara segar yang alami. Namun tidak lupa untuk tetap memperhatikan jenis jendela yang digunakan dan ventilasi udara yang cukup ya!

Baca juga: 8 Model Ventilasi Rumah, Bikin Udara Lebih Segar

4. Ruang Tamu Jepang Modern

Source : Pinterest

Nah, untuk menyiasati hunian yang berada di lahan yang sempit, kamu bisa menggunakan model ruang tamu ala Jepang. Desain ruang tamu Jepang modern tetap mempertahankan material kayu yang mendominan ruangan dan juga tampilan lesehan sebagai alternatif. Lihat saja contoh ruang tamu pada desain rumah Jepang mungil di atas. 

Pemilik sengaja menggunakan lahan yang ada secara maksimal sebagai tempat menjamu sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Tampilannya tetap modern dan pastinya nyaman bukan? Bila rumah kamu sempit, hindari pemakaian aksesoris berlebih pada ruangan ya. Hal tersebut akan menampilkan ruangan yang justru terlihat sesak.

Baca juga: 10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik

5. Ruang Tamu Klasik Modern

Source : Pinterest

Bagi kamu yang senang dengan tampilan mewah, model ruang tamu modern jenis klasik bisa kamu gunakan. Ciri khas bahan marmer, baik pada lantai maupun perabot ini akan menambah keindahan tersendiri. Untuk membuatnya terlihat klasik, kamu bisa tambahkan lampu gantung jenis kristal dan beberapa dekorasi ruang tamu seperti wallpaper dinding.

Usahakan untuk memakai warna-warna modern, seperti putih dan abu-abu sebagai warna dasar. Hal inilah yang akan menciptakan kesan modern klasik yang kental.

6. Ruang Tamu dengan Aksen Kayu

ruang tamu modern
Source : Freepik/vanitjan

Keluarga millennials yang kini cukup sulit menemukan rumah dengan lahan yang luas, banyak mengedepankan desain tampilan kayu pada rumah mereka. Material kayu dinilai menambah kehangatan dan juga tampilan modern yang tak pernah ketinggalan zaman. Untuk warna yang kekinian, material kayu biasanya dibuat dengan pewarnaan kayu yang terang.

Ruang tamu dengan aksen kayu bisa kamu switch sesuai dengan selera tampilan akhirnya. Apakah terkesan klasik ataupun kesan modern yang lebih kental. Hal ini biasanya dipengaruhi dengan warna kayu, perabot dan aksesoris yang digunakan. Untuk kesan simpel dan modern, cobalah memakai perabot sederhana tanpa aksesoris berlebih ya!

7. Ruang Tamu Industrial

ruang tamu modern
Source : Freepik/jcomp

Tema industrial memang kini sedang wara-wiri pada desain interior bangunan. Tidak hanya bangunan komersil saja, perumahan pun mulai banyak yang menggunakan desain awal industrial yang simpel. Model ruang tamu dengan tema industrial juga bisa kamu adaptasi, Pins!

Lantai semen ekspos bisa kamu gunakan pada ruangan dengan permainan perabot yang juga simpel. Pada tema ruangan industrial, kreativitas penghuni diuji. Kamu bisa membuat tempat duduk menggunakan barang bekas pakai, hingga lampu artistik yang cenderung unik. Di ruangan ini, kamu tidak perlu takut bereksplorasi ya!

Baca juga: Perlu Tahu! 9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman

8. Ruang Tamu Dinding Kaca

ruang tamu modern
Source : Shutterstock

Tidak kalah lagi dengan tampilan modern yang pastinya kamu suka! Ruang tamu dinding kaca pun kini sudah ramai menjadi desain menarik pada perumahan minimalis. Pins juga bisa menggunakan kaca sebagai sekat ruang tamu minimalis di rumah!

Dinding kaca akan menambah pencahayaan maksimal pada ruangan tanpa adanya permainan warna yang rumit. Ruang tamu dengan desain dinding kaca pun akan menambah kehangatan tersendiri saat kumpul keluarga. Bagaimana, Pins tertarik mengadaptasinya?

9. Ruang Tamu dengan Tanaman

ruang tamu modern
Source : Kompas

Untuk ruang tamu dengan koleksi tanaman hidup, menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang senang dengan perawatan tanaman dan tampilan kesan penghijauan di dalam rumah. Namun, usahakan untuk memilih jenis tanaman yang mampu bertahan pada suhu di dalam ruangan agar tidak mudah layu. Contohnya seperti tanaman Lidah Mertua, Peace Lily, maupun Sirih Gading. 

Untuk ruangan ini, kamu bisa menggunakan warna monokrom hingga tampilan natural yang banyak menggunakan warna hijau. Seketika ruangan pasti akan terlihat adem dan asri.

Baca juga: 15 Desain Ruang Tamu Jawa Kuno Penuh Makna

10. Ruang Tamu Box Container

ruang tamu modern
Source : Pinterest

Terakhir adalah desain ruang tamu yang cukup simpel dan tak terlepas dari kesan industrial, Pins! Ruang tamu box kontainer ini memang tergolong menjadi salah satu desain yang unik dan tidak biasa. Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan hal menarik dan cenderung ekstrem.

Ruang tamu memanjang dengan bahan kontainer ini bisa kamu padupadankan dengan material kayu maupun barang-barang dengan warna yang cerah. Namun usahakan untuk mendapatkan material kontainer terbaik agar bertahan lama dan tidak mudah rusak ya. Hal tersebut dikarenakan, kontainer akan menjadi kerangka utama pada desain ruang tamu.

Itulah beberapa model desain ruang tamu modern yang simpel dan pastinya tidak membosankan. Ingat kembali untuk menentukan tema awal pada ruangan agar selaras dengan perabot dan warna pada ruangan ya! Kira-kira kamu senang dengan model yang mana?

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mustika Village Sukamulya dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download