10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 August 2022 ∙ 6 menit membaca

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu modern kini sudah banyak tersedia. Kamu hanya perlu menentukan desain yang kamu inginkan dan pastinya sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki ya!

Perpaduan warna hingga aksesoris di dalamnya menentukan tampilan ruang tamu secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan tema utama agar ruang tamu selaras dan pastinya nyaman untuk ditempati bersama keluarga. Ke-10 model ruang tamu sudah Pinhome rangkum dalam ulasan terlampir. Dijamin kekinian, modern dan tentunya simpel. 

Ruang Tamu Monokrom

(Kumparan)

Melirik desain ruang tamu modern bertema monokrom memang tak lekang oleh waktu. Warna yang digunakan natural dan tentunya tetap terlihat adem. Putih, hitam dan abu-abu menjadi warna utama dalam penerapan desain ruang tamu tema monokrom. 

Kamu bisa bermain mulai dari pewarnaan dinding abu-abu dengan warna lantai putih. Selanjutnya penuhi ruangan dengan perabot hitam putih yang unik. Hasilnya pasti minimalis dan pastinya tetap luas dan nyaman.

Baca Juga: 15 Hiasan Ruang Tamu Minimalis yang Simpel

Ruang Tamu All White

(Freepik/kjpargeter)

Tampilan all white atau disebut desain ruangan serba putih, cocok untuk kamu yang senang dengan ruangan yang terang. Pantulan cahaya matahari akan jauh terlihat bersinar apalagi dengan tambahan desain jendela dinding yang dibuat cukup besar. Namun Pins, kamu tidak perlu khawatir sinar matahari akan mempengaruhi suhu ruangan. 

Kamu bisa menggunakan jenis kaca anti ultraviolet untuk meredam panas dengan tambahan tirai cantik yang minimalis. Baik warna lantai, perabot hingga dinding pun bisa kamu buat berwarna putih semua. Untuk kesan tidak monoton, kamu bisa menambahkan tanaman ataupun warna aksesoris seperti karpet maupun lukisan dinding dengan warna yang berbeda.

Ruang Tamu dengan Langit-langit Tinggi

(Shutterstock)

Model ruang tamu modern selanjutnya pasti menjadi impian kalian semua, nih! Siapa yang tidak menginginkan desain langit-langit yang tinggi? Desain rumah seperti ini, mampu menjaga sirkulasi udara di dalam rumah tetap dingin dan pastinya membuat ruangan jauh terlihat terang. Ruang tamu dengan langit-langit yang tinggi pun membuat pertukaran udara jauh lebih sehat. 

Cocok untuk kamu yang senang dengan rumah tanpa AC dan lebih mengutamakan udara segar yang alami. Namun tidak lupa untuk tetap memperhatikan jenis jendela yang digunakan dan ventilasi udara yang cukup ya!

Ruang Tamu Jepang Modern

(Pinterest)

Nah, untuk menyiasati hunian yang berada di lahan yang sempit, kamu bisa menggunakan model ruang tamu ala Jepang. Desain ruang tamu Jepang modern tetap mempertahankan material kayu yang mendominan ruangan dan juga tampilan lesehan sebagai alternatif. Lihat saja pada contoh ruang tamu pada rumah mungil di atas. 

Pemilik sengaja menggunakan lahan yang ada secara maksimal sebagai tempat menjamu sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Tampilannya tetap modern dan pastinya nyaman bukan? Bila rumah kamu sempit, hindari pemakaian aksesoris berlebih pada ruangan ya. Hal tersebut akan menampilkan ruangan yang justru terlihat sesak.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Tamu Ala Jepang, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Ruang Tamu Klasik Modern

(Pinterest)

Bagi kamu yang senang dengan tampilan mewah, model ruang tamu modern jenis klasik bisa kamu gunakan. Ciri khas bahan marmer, baik pada lantai maupun perabot ini akan menambah keindahan tersendiri. Untuk membuatnya terlihat klasik, kamu bisa tambahkan lampu gantung jenis kristal dan beberapa ukiran khas pada wallpaper dinding.

Usahakan untuk memakai warna-warna modern, seperti putih dan abu-abu sebagai warna dasar. Hal inilah yang akan menciptakan kesan modern klasik yang kental.

Ruang Tamu dengan Aksen Kayu

ruang tamu modern
(Freepik/vanitjan)

Keluarga millennials yang kini cukup sulit menemukan rumah dengan lahan yang luas, banyak mengedepankan desain tampilan kayu pada rumah mereka. Material kayu dinilai menambah kehangatan dan juga tampilan modern yang tak pernah ketinggalan zaman. Untuk warna yang kekinian, material kayu biasanya dibuat dengan pewarnaan kayu yang terang.

Ruang tamu dengan aksen kayu bisa kamu switch sesuai dengan selera tampilan akhirnya. Apakah terkesan klasik ataupun kesan modern yang lebih kental. Hal ini biasanya dipengaruhi dengan warna kayu, perabot dan aksesoris yang digunakan. Untuk kesan simpel dan modern, cobalah memakai perabot sederhana tanpa aksesoris berlebih ya!

Ruang Tamu Industrial

ruang tamu modern
(Freepik/jcomp)

Tema industrial memang kini sedang wara-wiri pada desain interior bangunan. Tidak hanya bangunan komersil saja, perumahan pun mulai banyak yang menggunakan desain awal industrial yang simpel. Model ruang tamu dengan tema industrial juga bisa kamu adaptasi, Pins!

Lantai semen ekspos bisa kamu gunakan pada ruangan dengan permainan perabot yang juga simpel. Pada tema ruangan industrial, kreativitas penghuni diuji. Kamu bisa membuat tempat duduk menggunakan barang bekas pakai, hingga lampu artistik yang cenderung unik. Di ruangan ini, kamu tidak perlu takut bereksplorasi ya!

Ruang Tamu Dinding Kaca

ruang tamu modern
(Shutterstock)

Tidak kalah lagi dengan tampilan modern yang pastinya kamu suka! Ruang tamu dinding kaca pun kini sudah ramai menjadi desain menarik pada perumahan minimalis, Pins! Dinding kaca akan menambah pencahayaan maksimal pada ruangan tanpa adanya permainan warna yang rumit. Ruang tamu dengan desain dinding kaca pun akan menambah kehangatan tersendiri saat kumpul keluarga. Bagaimana, Pins tertarik mengadaptasinya?

Ruang Tamu dengan Tanaman

ruang tamu modern
(Kompas)

Untuk ruang tamu dengan koleksi tanaman hidup, menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang senang dengan perawatan tanaman dan tampilan kesan penghijauan di dalam rumah. Namun, usahakan untuk memilih jenis tanaman yang mampu bertahan pada suhu di dalam ruangan agar tidak mudah layu. Contohnya seperti tanaman Lidah Mertua, Peace Lily, maupun Sirih Gading. 

Untuk ruangan ini, kamu bisa menggunakan warna monokrom hingga tampilan natural yang banyak menggunakan warna hijau. Seketika ruangan pasti akan terlihat adem dan asri.

Ruang Tamu Box Container

ruang tamu modern
(Pinterest)

Terakhir adalah desain ruang tamu yang cukup simpel dan tak terlepas dari kesan industrial, Pins! Ruang tamu box kontainer ini memang tergolong menjadi salah satu desain yang unik dan tidak biasa. Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan hal menarik dan cenderung ekstrem.

Ruang tamu memanjang dengan bahan kontainer ini bisa kamu padupadankan dengan material kayu maupun barang-barang dengan warna yang cerah. Namun usahakan untuk mendapatkan material kontainer terbaik agar bertahan lama dan tidak mudah rusak ya. Hal tersebut dikarenakan, kontainer akan menjadi kerangka utama pada desain ruang tamu.

Itulah beberapa model desain ruang tamu modern yang simpel dan pastinya tidak membosankan. Ingat kembali untuk menentukan tema awal pada ruangan agar selaras dengan perabot dan warna pada ruangan ya! Kira-kira kamu senang dengan model yang mana?

Featured Image Source: Freepik/vanitjan

Baca Juga: Model Desain Ruang Keluarga yang Bisa Diaplikasikan di Rumah Baru


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Banyak perusahaan saat ini menyediakan dapur kantor untuk karyawan. Dapur ini lebih sering disebut

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia