Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Beli Rumah DP 0%, Beneran Gak Sih? Ini Faktanya!

Finansial

Beli Rumah DP 0%, Beneran Gak Sih? Ini Faktanya!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Biasanya nih, problemnya milenial dalam membeli rumah adalah kelamaan nabung buat DP! Kabar baiknya, Bank Indonesia sekarang sudah memberi izin bank untuk mengeluarkan KPR dengan DP 0%. Tapi, sebelum Pins ke bank, pelajari dulu fakta-faktanya!

Pinhome — Uang muka atau down payment yang biasanya disingkat DP adalah sebagian harga rumah yang harus kita bayarkan di awal. DP ini juga sering menjadi tanda keseriusan kita untuk membeli sebuah properti dan untuk menjalin komitmen KPR dengan bank. Selama ini, peraturan Bank Indonesia mengatakan bahwa besaran DP untuk pengajuak KPR minimal sebesar 15% dari total harga properti. Jadi, jika Pins membeli properti dengan harga 1 milyar, maka DP yang harus dibayar di awal minimal adalah 150 juta.

Tapi itu dulu, Pins! Sekarang, dalam rangka menjaga momentum pertumbuhan ekonomi masyarakat, Bank Indonesia melonggarkan ketentuan ini. Pihak bank kini berhak mengatur sendiri besaran DP sesuai dengan analisa dan kebijakan manajemen resiko masing-masing. Jadi secara aturan, pihak bank bisa saja mengeluarkan KPR dengan DP 0%. Namun pada kenyataannya, ada beberapa fakta yang harus dipahami sebelum Pins melangkah ke bank.

1. DP 0% hanya berlaku untuk kepemilikan properti pertama

Yes, Pins! Kelonggaran peraturan ini hanya berlaku kalau kita belum memiliki properti sama sekali sebelumnya. Sedangkan untuk kepemilikan properti kedua dan ketiga, Pins tetap diwajibkan untuk membayar DP senilai 10 – 20% tergantung kebijakan bank yang dipilih.

Baca juga Tips Beli Rumah Pertama Bagi Para Millenials

2. DP 0% berarti jumlah cicilan akan meningkat

Perlu diingat, Pins, tujuan diberlakukannya kelonggaran peraturan ini adalah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Dengan DP 0%, masyarakat diharapkan untuk dapat memiliki properti sendiri; bukan untuk membuat harga properti menjadi turun. Sehingga jangan kaget jika harga rumah idaman kita lebih tinggi ketika kita memilih DP 0%. Misalnya, sebuah properti ditawarkan dengan harga 250 juta dengan DP 30% dapat menjadi 275 juta jika dibeli dengan DP 0%. Imbasnya, cicilan per bulan kita selama tenor akan menjadi lebih tinggi!

3. Belum ada bank yang benar-benar menyanggupi DP 0%

Seperti yang disebutkan di awal tadi, Pins, Bank Indonesia hanya memberikan kelonggaran peraturan. Namun, pengaplikasian DP 0% ini sepenuhnya merupakan keputusan pihak bank. Bahkan, Juda Agung, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia, menghargai keputusan pihak perbankan. “Itu bagian risk management bank, tidak apa,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.

4. Developer juga menawarkan program DP 0%

Jika Pins mau, sebenarnya pihak developer atau pengembang juga memiliki program DP 0%. Tapi berbeda dengan yang dikeluarkan oleh bank, di sini konsepnya Pins “menabung” DP selama 1 – 3 tahun kepada developer sampai terkumpul jumlah yang diinginkan, baru Pins berhubungan dengan bank untuk mengajukan KPR. Tapi Pins perlu ekstra teliti dalam membaca kesepatannya, ya! Ada developer yang menetapkan peraturan tabungan DP 0% ini tidak dapat ditarik kembali. Jadi misalnya ternyata pengajuan KPR Pins ditolak oleh bank, uang yang sudah diberikan ke pengembang akan hangus!

Baca juga: Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang DP 0% yang harus Pins ketahui. Ternyata tak seindah yang dibayangkan, ya! Tapi tenang saja, Pins, biasanya DP 0% ini akan muncul di event-event tertentu atau melalui partnership bank dengan developer atau agen. Yang paling penting adalah Pins jangan terbuai dengan fleksibilitas uang mukanya. Tetap teliti dan pahami baik-baik kesepakatan dan ketentuannya.

Sudah siap beli rumah tapi masih punya banyak pertanyaan? Pinhome solusinya! Kalau cari properti di Pinhome, Pins bakal bisa ngobrol banyak dengan konsultan yang berpengalaman dan terpercaya. Selain itu, Pins juga bakal ditemani dari kontak awal, pilih-pilih properti terbaik, hingga proses penandatanganan akad kredit. Kerennya lagi, semuanya bisa diatur langsung dari smartphone. Beli rumah jadi cepat dan mudah!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel